Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Rabu 07-08-2024,08:10 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Perlu kamu ketahui  bahwa merek mesin cuci terbaik juga perlu dibersihkan .  Mungkin kamu ada pikiran, alat pembersih kenapa harus  dibersihkan  juga , padahal  sabun yang digunakan untuk mencuci baju di dalam mesin cuci juga  sudah membersihkannya.

Hal itu karena bisa  berisiko jadi sarang jamur yang bisa membahayakan bagi kesehatan.   Pastikan kamu ketahui dan pahami dalam penggunaan merek mesin cuci terbaik dengan baik dan benar .

Hal ini dilakukan supaya merek mesin cuci terbaik kamu bisa tetap awet dan tidak gampang kotor. Setiap jenis mesin cuci memiliki cara pembersihan yang berbeda.

Berikut panduan dan saran untuk menjaga merek mesin cuci terbaik kamu agar kondisinya selalu prima dan tidak akan mengakibatkan alergi.

BACA JUGA : 4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Cara m embersihkan merek m esin c uci terbaik Top Load  ( bukaan atas ) :

-   P rogram pencucian mulai kamu dijalankan dengan sedikit air yang panas. Pastikan mesin cuci kamu sudah  dikosongkan.

-  Ulangi lagi program pencucian dengan air panas. Jika telah terisi air dan mesin cuci mulai berputar, tambah   750 ml cuka putih yang dicampur  dengan  60 gram bubuk soda kue.

-   L arutan tersebut   biarkan ter aduk dalam mesin cuci  selama 30 detik, kemudian kamu matikan. Diamkan  dalam waktu setengah jam sampai satu jam.

-   Sesudah dinding tabung terendam, nyalakan lagi dan biarkan program pencuciannya berjalan sampai tuntas.

-  Matikan dan bersihkan sisa air yan ada di bagian dalam  mesin cuci   menggunakan kain yang sudah direndam di dalam campuran air panas dan cuka dengan komposisi 1:1 . Pastikan sudah dibersihkan secara kesleuruhan , termasuk pada bagian pinggiran dan langit-langit tabung  mesin cuci .

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Listrik Langsung Jeglek Saat Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan, Ini Penyebabnya

Cara m embersihkan m esin p engering pada merek me sin c uci terbaik 2   t abung atau s emi o tomatis  :

Cara m embersihkan tabung utama di mesin cuci model 2  tabung   sama halnya dengan mesin cuci tipe top loader. Berikut cara membersihkan tabung pengering baju   :

-  Noda yang berwarna akibat dari pakaian  yang  luntur yang nempel di permukaan tabung pada umumnya bisa dibersihkan dengan memakai obat pembersih  yang  berkualitas dan kain lap. Untuk membersihkan noda yang sedikit  membandel, setelah kamu coba  untuk  membersihkannya, nyalakan  program pengering dalam waktu 15 menit dengan tabungnya  yang   di isi dengan beberapa lembar kain lap atau pun  handuk. Jangan lupa kamu mem baca petunjuk penggunaan produk pembersih.

-  Pastikan bahwa seluruh ventilasi di mesin pengering tidak ada yang mengalami tersumbat.

-  Pastikan penyaring serat juga kamu bersihkan minimal s atu bulan sekali. Bilas di bagian bawah air keran untuk mengeluarkan kotoran nya , kemudian angini  hingga kering sebelum dipasang lagi .

- Mesin penyedot debu juga bisa membantu kamu membersihkan serat-serat yang menempel di penyaring dan bagian  yang  lain di mesin.

BACA JUGA : Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Cara m embersihkan  merek   m esin c uci terbaik Front Loading  ( bukaan depan )   :

-  Setelah mesin cuci kosong , jalankan program pencucian dengan air  yang  panas. Proses ini bertujuan membersihkan  sisa dari  deterjen yang menumpuk pada drum.

-  Untuk menghilangkan bau nya,  tuang 2 cangkir cuka putih ke laci deterjen kemudian jalankan program pencucian.

-   Jika mesin cuci  ka mu mempunyai laci deterjen, kamu bisa me lepas nya  dan rendam   dalam wastafel atau pun  ember. Apabila kondisinya  sangat kotor, rendam lah di  dalam campuran air panas dengan  karbol secukupnya. Pastikan  i kuti petunjuk penggunaan di produk karbol.

-  S embari menunggu laci deterjen yang direndam, basuh kain  dengan  air  yang  panas untuk mengelap semua bagian pintunya. U ntuk membersihkan lapisan kerak sabun dan kotoran di bawahnya , t arik pinggiran karet penyegel pintu dengan perlahan .

-  Bersihkan saluran yang menghubungkan laci deterjen denga n tabung.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

-   Pakai sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau bekas untuk membersihkan sisa residu sabun di bagian laci deterjen yang direndam  tadi .

-  Bilas, kemudian  keringkan, dan pasang kembali laci deterjen nya .

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan benar. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :