4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

Selasa 06-08-2024,10:54 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Mungkin   kamu pernah menjumpai merek kulkas terbaikmu tidak dingin mesk i kompresor nya  terasa panas saat  diraba . Tapi jangan salah, karena   walau pun kompresor adalah  komponen yang utama pada kulkas, tetapi  kerja sistem pendingin kulkas juga didukung beberapa komponen yang lainnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa meskipun ketika diraba kompresor merek kulkas terbaikmu terasa panas, itu bukan berarti kulkas sudah dapat  ber fungsi  dengan normal.

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

Karena kerusakan yang terjadi pada komponen  kulkas yang  lain  juga bisa  b mengakibatkan   merek kulkas terbaik yang tidak bisa dingin meski kompresor bisa  bekerja secara  normal.

Kamu harus meng enali penyebab  dari   merek kulkas  terbaik   yang tidak dingin tapi kompresor nya  panas . Kit a bisa periksa satu persatu komponen -komponen  yang dicurigai jadi penyebab  kulkas tidak dingin tetapi  kompresor nya  masih berfungsi dengan normal.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

1 . Pipa kapiler mampet

Pipa kapiler yang mampet bisa mengakibatkan  aliran pada gas freon yang ada di dalam pipa jadi terhambat, sehingga  membuat  sirkulasi freon tidak bisa terjadi.

Hal tersebut mengakibatkan suhu dalam freezer kulkas jadi tidak dingin meski kompresor masih d a pat  hidup secara  normal.

Mampetnya p ipa   kapiler  dapat disebabkan oleh  kotoran atau terbentuk nya kerak  di dalam pipa yang se makin lama akan makin menumpuk sehingga akan menghalangi aliran gas freon  kulkas .

Untuk mengatasi masalah ini, pipa harus kamu bersihkan dengan  menggunakan  cairan khusus yang bisa  melarutkan kotoran yang membuat pipa tersumbat .

2 . Gas freon bocor

Kebocoran yang terjadi pada gas freon merek kulkas terbaik  di sepanjang pipa kapiler pendingin merek kulkas  terbaik , baik itu di kondenser atau pun  di  evaporator.

Kebocoran pada freon ini biasanya terjadi karena ter kena tusuk an   dari logam yang tajam ketika kamu sedang  berusaha membersihkan kulkas.

Akibat dari kebocora n  pipa kapiler  ini membuat  pendinginan pada kulkas tidak dapat  berjalan secara  maksimal. Apabil a freon sampai habis akibat dari kebocoran tersebut maka bisa  men yebabkan kulkas kamu tidak bisa dingin sama sekali.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Di Belakang Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

3 . Gas freon habis

Gas freon atau refrigerant sifatnya   gampang  sekali untuk menyerap panas dan me miliki  titik didih yang rendah. Sehingga cocok di pakai di  sistem pendingin pada kulkas atau pun AC.

Ketika  kulkas  telah  kehabisan freon, maka tidak akan ada lagi zat yang bisa  menyerap panas yang ada di dalam evaporator.

Hal ini mengakibatkan  suhu dalam kulkas tidak akan   jadi dingin meski kompresor kulkas secara terus menerus bekerja dan jadi panas.

4 . Kompresor mengalami masalah

Biasanya hal ini penyebabnya yaitu  karena kerusakan yang terjadi di  bagian mekanisme pompa   dalam kompresor.   Kompresor merek kulkas terbaik pada dasarnya yaitu sebuah pompa listrik yang fungsinya  untuk menghisap dan mengalirkan gas freon di pipa kapiler pendingin.

Di dalam kompresor, ada  kumparan yang memutar rotor dan  terdiri dari mekanis pompa, seperti piston  dan klep .

Jika komponen mekanis pompa kompresor mengalami masalah, maka akan membuat fungsi kompresor untuk menghisap dan mengalir kan  gas freon jadi tidak bisa bekerja meski rotor kumparan masih dapat berputar.

Se luruh  komponen kompresor pada kulkas keberadaannya ada  di dalam tabung yang dirancang permanen, sehingga tidak bisa  dibuka secara  mudah.

Untuk membuka nya  dan melihat di bagian - bagian dari kompresor kamu pelru  membelah tabung kompresor tersebut dengan memakai  gerinda.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Akibat kompresor merek kulkas terbaikmu terlalu panas  :

Apabila kamu  terlalu lama membiarkan kompresor kulkas nyala  meski   suhu kulkas sedang tidak dingin, maka yang akan terjadi yaitu peningkatan suhu  pada  kompresor.

Pada u mumnya peningkatan suhu kompresor yang panas tersebut  tidak akan membuat  kompresor rusak karena ada komponen overload protector.

Overload protektor tersebut akan melindungi kompresor dari terjadinya kerusakan akibat  dari  over heating atau panas yang berlebih an  dengan cara memutus aliran listrik yang menuju pada  kompresor saat  suhu kompresor sudah mencapai pada derajat panas tertentu.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin tapi kompresor kulkasnya panas. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :