Cara Mudah Memperbaiki Remote Merek AC Terbaik Tidak Berfungsi

Selasa 06-08-2024,10:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pada saat kamu melakukan  pembelian  merek  AC  terbaik  tentunya akan di lengkapi  dengan remote untuk mengoperasikan AC tersebut. Jadi semua  control yang terdapat di  AC dapat  dikontrol dengan me makai  remote AC.

Namun ter kadang untuk remote merek AC terbaik mengalami sebuah kendala atau permasalahan pada remote AC yang tida k   dapat berfungsi. Meskipun s emua tombol yang terdapat  di bagian remote AC sudah ditekan-tekan juga tetapi tetap sama saja tidak ada sebuah per u bahan, alias remote AC sudah tidak berfungsi lagi.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

Untuk keadaan kerusakan pada remote AC yang tidak berfungsi ini biasanya disebabkan oleh banyak fa k tor. Diantaranya yaitu akibat dari remote merek AC terbaik sering terjatuh di lantai, remote AC kotor, remote AC tidak pernah  diganti  baterai, sehingga  baterai habis dan membuat  remote AC jadi tidak berfungsi.

Kerusakan  yang terjadi di  remote AC dapat  diperbaiki dengan beberapa cara. Penjelasan lengkapnya ada  di bawah ini penyebab kerusakan remote merek AC terbaik yang tidak berfungsi beserta cara mengatasinya.

Penyebab kerusakan remote AC yang tidak berfungsi :

-  Baterai remote dalam keadaan sudah  habis

-  Remote AC k eadannya sudah  kotor

-  Konektor baterai telah berkarat

-  Jalur pcb pada remote AC ada yang sudah putus

-  Remote AC sering terbentur  atau jatuh

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Air Merek AC Terbaik

Berikut cara memperbaiki remote merek AC terbaik yang tidak berfungsi  :

1.  Cek kondisi baterai remote AC

Langkah pertama ketika remote AC tidak berfungsi  ketika tombol nya ditekan -tekan , kemungkinan  kerusakan  tersebut   asalnya dari baterai remote AC yang sudah habis. Jadi dapat   mengganti baterai remote AC dengan baterai yang baru.

Hal ini karena  untuk remote AC atau juga pada  remote alat yang lain nya kemungkinan besar jarang di ganti  baterainya. Kalau memang pe nggunaan  remote AC yang sudah sangat  lama, maka kamu langsung saja mengganti  baterai remote AC tersebut .

2.  Cek konektor penghubung baterai

Selain mengecek di bagian baterai remote AC, periksa juga keadaan  penghubung baterai yang biasanya bentuknya seperti per untuk menghubungkan antara kutub positif d engan kutub  negatif baterai.

Bisa juga konektor penghubung pada baterai remote AC kondisinya   semua sudah berkarat, kemungkinan besar h penyebab dari hal ini yaitu karena  remote AC yang masa pakainya sudah terlalu lama   atau remote AC pada tempat meletakkan baterai kondisinya lembab sehingga mengakibatkan konektor baterai tersebut k arat an .

Solusi  untuk masalah ini dengan cara  ganti konektor baterai yang berbentuk seperti per tersebut dengan yang baru.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

3.  Cek jalur PCB remote AC

Untuk memastikan apakah  ada  kerusakan pada  bagian alur PCB, kamu bisa membongkarnya bongkar terlebih dahulu kasing dari remote merek AC  terbaikmu . Setelah sudah dibongkar  kasing remote nya,  langsung bersihkan jalur PCB yang ada debu ataupun kotoran terutama pada seluruh  jalur tombol pada remote AC.

Setelah  sudah membersihkan jalur PCB dari remote AC, coba tes  remote AC tersebut . Jika  memang sudah dapat  berfungsi kembali  remote AC nya . Dapat  dipastikan jika kerusakan asalnya memang dari jalur PCB remote AC yang sudah kotor.

Apabila   remote ACnya memang belum dapat  berfungsi, cek  se luruh  alur PCB tersebut, bisa jadi kerusakan itu asalnya di salah satu dari jalur PCB remote AC yang telah putus. Telusuri jalur PC pada remote AC  yang putus tersebut, kemudian segera kamu sambung m dengan memakai  solder  supaya  remote dapat  digunakan lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki remote merek AC terbaik yang tidak bisa berfungsi dengan seharusnya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :