Cara Memperbaiki Merek AC Terbaik Panasonic Nyala Sebentar Lalu Mati

Selasa 06-08-2024,10:41 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC Terbaik Panasonic adalah AC  yang banyak di pakai masyarakat untuk  di dalam  rumah, hotel, atau gedung  lainnya.   Seiring dengan  p enggunaan  A C Panasonic yang lama di pakai,  ada kalanya AC dengan merk Panasonic ini mengalami sebuah kerusakan .

Kerusakan tersebut salah satunya yaitu   ketika merek AC terbaik  Panasonic k eadaannya  menyala tapi selang beberapa menit tiba - tiba saja mati sendiri, dan  ketika AC Panasonic telah  mati tidak nyala lagi.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

Kerusakan  tersebut  bisa dikatakan AC  seperti ada di dalam  mode setingan timer otomatis, namun apabila  dilihat pada setingan d i  remote merek  AC  terbaik Panasonic mode timernya sedang dalam kondisi off.   Jadi ketika kondisi  AC Panasonic kamu tiba-tiba mati dan jika  kita nyalakan  lagi AC  akan hidup tapi kemudian   jarak beberapa menit akan mati lagi .

Apabila  kita perhatikan kerusakan yang terjadi pada merek AC terbaik  Panasonic yang nyala sebentar lalu  mati sendiri ,  pada bagian lampu indicator indoor AC berkedip  - kedip   warna merah   yang seakan  - akan   menunjukkan tanda bahwa  adanya  masalah  kerusakan di bagian AC  Panasonic tersebut.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Outdoor Mati, Simak Penyebabnya Dan Bahayanya Jika Ditaruh Dalam Ruangan

Berikut hal yang menjadi penyebab kerusakan AC  Panasonic yang nyala hanya sebentar kemudian  mati  :

-  Kerusakan komponen thermistor

-  Eror pada  modul pcb indoor AC  Panasonic

-  Kerusakan pada kapasitor kompresor yang ada  di outdoor AC

-  Bagian outdor AC  Panasonic belum bekerja atau belum nyala

-  Ada kebocoran pada freon di outdoor AC

-    AC  Panasonic nyala di  mode pengaturan  timer

BACA JUGA : 6 Cara Mudah Membersihkan Filter Merek AC Terbaik, Bisa Dilakukan Sendiri

Berikut c ara memperbaiki Merek AC terbaik  Panasonic yang hidup sebentar lalu mati  :

Saat  mendapat kan sebuah  problem kerusakan pada AC  Panasonic kamu yang kondisinya nyala  sebentar lalu mati  secara  terus menerus seperti demikian , langsung saja kamu  ambil   remote AC tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apakah AC  terebut sedang dalam  mode setingan timer atau tidak.   Setelah kamu cek  ternyata AC kamu  tidak sedang dalam mode timer, berarti memang AC   kamu terdapat bagian yang terjadi  kerusakan.

Coba kamu b ongkar pada bagian indoor AC  terlebih dahulu sambil kamu b ersihkan kotoran yang terdapat di bagian indoor AC . Cek  bagian modul pcb dari indoor, apakah terdapat  rangkaian komponen yang terdapat di  jalur pcb modul gorong atau  short. Ketika dicek dengan  menggunakan multitester dan dicek juga bentuk fisik dari komponen modul pcb indoor AC Panasonic masih te ampak normal.

Lanjut kan pada  pe meriksaan di bagian outdoor AC  yaitu di  bagian rangkaian kompresor AC . Kamu periksa  bagian kapasitor kompresor outdoor AC , overload kompresor, jalur kabel kompresor dan k eadaan dari  pipa freon apakah terjadi kebocoran atau tidak di  pipa jalur freon yang menuju ke indoor AC .

Setelah di amati secara fisik pada  jalur rangkaian kompresor AC  di temukan sebuah  kondisi kapasitornya yang sudah lemah yang   ditandai bentuk fisik telah  melendung dan retak.

BACA JUGA : Berikut Fungsi Dan Manfaat Triple Air Flow Merek AC Terbaik

Ukuran kapasitor kompresor AC outdoor Panasonic yaitu  25uf 450v, L angsung saja  kamu  ganti komponen kapasitor kompresor AC  Panasonic yang baru dengan nilai ukurannya di samakan dengan bawaan AC  tersebut.

Setelah di lakukan penggantian pada komponen kapasitor, unit outdoor AC  Panasonic coba kamu   hidupkan  langsung tanpa kamu hubungkan dengan indoor. Alhasil kompresor AC  Panasonic kamu bisa berfungsi kembali dengan  normal .

Kemudian coba kamu hidupkan AC kamu  dari remote untuk me nyalakan  indoor AC nya, alhasil AC  Panasonic kamu me nyala secara normal, hembusan angin dingin juga sudah mulai terasa.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kmaul kaukan untuk memperbaiki merek AC terbaik Panasonic yang nyala sebentar lalu mati begitu saja. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :