Jangan Sepelekan, Ketahui Tanda Berikut Jika Freon Merek AC Terbaik Sudah Habis

Minggu 04-08-2024,20:51 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Apakah kamu pernah merasakan merek AC terbaik yang ada di dalam ruangan menjadi panas? Jika iya, kamu perlu waspada karena kemungkinan ini bisa menjadi tanda freon di dalam mesin AC sudah mulai habis.

Freon sendiri umumnya digunakan dalam peralatan elektronik yang berfungsi untuk memberikan udara yang dingin di dalam ruangan. Termasuk juga pada merek AC terbaik.

Selain bisa mengurangi kenyamanan di dalam ruangan, freon yang habis tapi dibiarkan begitu saja juga bisa membuat merek AC terbaik menjadi cepat rusak.

Untuk itu, kamu harus mengetahui dan memperhatikan bagiamana tanda-tanda freon merek AC terbaik yang sudah habis. Apa saja? Simak berikut ini.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Outdoor Mati, Simak Penyebabnya Dan Bahayanya Jika Ditaruh Dalam Ruangan

1. Suhu Ruangan Tidak Terasa Dingin

Semestinya pendingin ruangan bisa bekerja untuk membuat ruangan nyaman dengan hawa dingin.

Tetapi, kamu harus berhati-hati jika ruangan yang kamu gunakan AC mulai tidak terasa dingin, meski sudah dinyalakan seharian.

Jika kondisinya begitu, sebaiknya kamu segera memanggil teknisi berpengalaman untuk mengganti freon, karena kemungkinan freon AC kamu sudah habis.

Jika kamu memaksa AC terus bekerja dan menyala terus seharian, hal itu justru bisa membuat kondisi AC semakin parah.

2. Lampu Indikator Berkedip

Salah satu tanda lain dari freon merek AC terbaik yang habis adalah lampu indikator berkedip. Indikator lampu timer sendiri umumnya ada di setiap unit AC indoor.

Nah, biasanya lampu indikator ini berkedip untuk memberikan tanda bahwa ada masalah pada komponen bagian dalam pendingin ruangan, seperti tekanan freon yang habis ataupun masalah kompresor AC.

3. AC Mengeluarkan Hawa Panas

Ketika freon AC kondisinya sudah habis, maka AC bisa mengeluarkan udara panas. Hal ini bisa terjadi karena AC sudah tidak bisa menyerap udara panas yang ada secara maksimal dan mengubah menjadi udara dingin pada ruangan.

Kategori :