Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

Minggu 04-08-2024,11:11 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pada saat merek kulkas terbaikmu mengalami   mati, tentu kamu harus cari cara untuk memperbaiki kulkas yang mati total tersebut dengan se segera  mungkin .

Semakin cepat penanganan  yang dilakukan, maka akan semakin besar juga peluang merek kulkas  terbaik  untuk diperbaiki.  Terjadinya k erusakan pada kulkas s ehingga  mati total sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

Merek k ulkas terbaik mati total tersebut bisa juga karena  hal  yang  sepele hingga  hal yang lumayan  serius.   Dalam u saha untuk menyalakan kembali kulkas yang mati  milik kamu , tentu caranya sesuai dengan penyebabnya.

Dengan demikian , cara  untuk penyelesaian masalah pada merek kulkas terbaikmu yang mati ini bisa dilakukan dengan terarah dan sesuai dengan keadaan kulkas  kamu .

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Berikut cara memperbaiki kulkas yang mari total beserta penyebabnya :

1. Ganti Colokan Steker Listrik

Ketika kondisi kulkas kamu mati total, mungkin   penyebabnya karena  hal sepele seperti steker listrik yang digunakan  mengalami kerusakan .   Untuk melihat keadaan kerusakan steker, kamu bisa lihat lampu dalam kulkas. S ebenarnya lampu kulkas ini selain menjadi penerang juga  sebagai  penanda k eadaan aliran arus listrik.

Oleh karena itu ,   ketika  kulkas dicolokkan  pada  steker, maka lampu bisa menyala saat  pintu kulkas di buka. Apabila   ada masalah di  colokan atau steker tersebut, lampu tidak akan menyala karena tidak terdapat  arus listrik.

Kerusakan yang ringan ini masih bisa diperbaiki sendiri, tapi ketika  kerusakan   terlalu parah, kamu bisa mengganti  colokan atau kabel yang baru .

BACA JUGA : Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

2. Periksa Tabung Kompresor

Tabung kompresor  juga bisa menjadi penyebab  kulkas tiba-tiba mati total , hal itu dikarenakan   ada komponen pada kompresor yang mengalami kerusakan.

Adanya  kompresor ini tentu menjadi bagian penting pada kulkas , hal ini karena dikalim sebagai jantung pacu operasional kulkas agar bisa  beroperasi secara  normal.

Kompresor biasanya berada di  belakang kulkas dan bentuknya   mirip  tabung gas. Melakukan pengecekan pada kompresor harus   hati-hati dan pakai sarung tangan  yang   berbahan karet .

Caranya dengan menyentuh  tabung kompresor tersebut. Apabila  tidak terasa  getaran di  tabung, itu berarti  tabung kompresor ber masalah atau mati.

C ara memperbaiki nya dengan  menyerahkannya ke  tukang servis  merek  kulkas terbaik yang profesional. Hal itu karena memp erbai kompresor tergolong sangat rumit dan  perlu  bantuan alat-alat yang khusus.

BACA JUGA : Andal dan Optimal Menjaga Makanan, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Toshiba

3. Pasang Kapasitor Tambahan

Tujuan d ilakukan nya hal ini   supaya putaran motor terbalik d a pat  dipicu.  Jika kapasitor  sudah ditambah ,  kemudian  alirkan listrik dalam 1 - 2 detik.

Jika  motor sudah  berhasil untuk berputar kembali , maka dapat dikembalikan lagi rangkaiannya seperti awalnya .

Apabila  sudah, maka kompresor  bisa kamu  coba nyalakan lagi. Jika masih belum juga berhasil, maka kompresor harus diganti supaya  kulkas bisa  dinyalakan lagi  seperti semula.

4. Pakai Tegangan Listrik Lebih Besar

Agar  tabung kompresor yang terdapat  di kulkas  bisa dijalankan , spesifikasi dari tegangan yang di pakai  tentu berbeda. Misal  ada  kompresor kulkas yang mengalami mati total butuh  tegangan listrik norma 220 Volt.

Untuk menghidupkannya lagi , kamu bisa coba  alirkan tegangan listrik 450 Volt beberapa saat untuk memancing kompresor agar dapat  bergerak  lagi .

Ketika  masalah merek kulkas terbaik mati ada di tegangan listriknya, maka cara itu  harusnya ampuh untuk  membuat kompresor nyala.

Tetapi apabila  setelah cara  tersebut dilakukan tapi tidak ada pergerakan, maka bisa  dikatakan bahwa kompresor telah  rusak.  Cara yang bisa kamu lakukan satu-satunya yaitu   diganti dengan yang baru.

BACA JUGA : Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

5. Cek Kinerja Overload

Jika  yang menyebabkan mesin kulkas mati  bukan kompresor yang rusak , maka kamu bisa periksa komponen yang lainnya bernama overload protector. Komponen ini   fungsinya untuk  mengontrol arus listrik yang masuk dalam  tabung kompresor.

Ketika  suhu tabung kompresor sedang overheat, maka overload bisa memutuskan arus listrik. Tujuan nya supaya  memberikan kompresor waktu untuk istirahat se bentar.

Saat suhu kompresor telah men urun,  maka  overload protector akan kembali lagi untuk mengalirkan arus  pada  kompresor. Untuk me meriksa kinerja overload protector, coba kamu dengarkan bunyi “Tik” di  interval selama beberapa detik.

Jika  tidak terdengar ,  bisa jadi overload protector sudah rusak . Kamu bisa menggantinya yang baru.

6. Periksa Komponen Relay

Letak komponen ini biasanya ada dekat  dengan kompresor  terdapat di  bawah kulkas.  Ketika kompresor sedang menjalankan tugas nya, maka r elay akan bekerja  memutus  aliran listrik saat tegangan nya sudah  melebihi kapasitas kompresor.  Ada beberapa hal yang harus   kamu perhatikan  saat akan mengecek riley .

Ketika ingin memeriksa riley, pastikan kamu telah  melepas colokan kulkas  dan juga gunakan sarung tangan yang mem iliki  bahan dasarnya karet.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Freezer VS Chiller, Mana Paling Dibutuhkan Pelaku Bisnis F&B

Pe meriksaan  riley bisa dilakukan dengan  bantuan obeng sebagai alat untuk men cungkil relay. Kemudian  coba goyang bagian relay yang ada di dekat telinga dan kamu dengarkan apakah terdapat suara.

Jika  memang terdengar ada suara, kamu dapat lakukan penggantian riley. Setelah itu, pasang riley yang baru ke kulkas yang mati total tersebut . Apabila  setelah dinyalakan terdengar ada bunyi desis, maka itu berarti  kulkas sudah dapat  digunakan lagi   secara  normal.

Apabila semua cara sudah dilakukan tapi memang belum berhasil, maka langsung saja p anggil tukang servis alat elektronik yang profesional.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki merek kulkas terbaik yang tiba-tiba mati total. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :