Cara Mengganti Segel Pintu Merek Kulkas Terbaik

Minggu 04-08-2024,09:44 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek k ulkas terbaik yang bocor karena segel pintu kulkas rusak akan membuat  energi  boros , membuat biaya tagihan listrik jadi tinggi , dan membebani kulkas sehingga mengurangi masa p a kai nya.

Hal ini juga akan membuat minuman dan m akanan yang disimpan di dalamnya bisa  lebih  cepat untuk basi. Sehingga diperlukan untuk m engganti karet penyegel pintu merek kulkas terbaik atau biasa disebut dengan gasket.

Namun,  proses  penggantian segel pintu merek kulkas terbaik ini  sangat sederhana.  Sehingga hal ini dengan mudah kamu lakukan sendiri tanpa perlu bantuan dari teknisi ahli.

Penggantian gasket pintu merek kulkas terbaik ini harus segera dilakukan jika kam ingin kulkas kamu bisa kembali berfungsi mendinginkan makanan dan minuman dengan baik.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Bau Dan Kotor Sumber Penyakit, Begini Tips Mudah Membersihkannya

Berikut cara mengganti segel pintu kulkas :

1.  Lepas gasket  yang  lama dari pintu kulkas  kamu . Genggam pada bagian bawah sisi di dalam pintu  kulkas , kemudian  tarik gasket  tersebut  keluar. Di baliknya kamu  akan dapat  melihat penahan gasket yang terbuat dari bahan logam .

2.  S ekrup yang merapatkan penahan logam yang ada di sekeliling pintu  kamu longgarkan , namun jangan sampai ter lepas se luruhnya . Kamu  harus pakai  obeng hex untuk melakukan  hal tersebut . Angkat di bagian tepian gasket untuk menemukan sekrup yang ada di baliknya yang berguna menahan segel pintu  dan pelapis plastik . S ekrup ini biasanya di pasang di  pelapis plastik yang menjepit gasket di bagian  daun pintu kulkas.

3.  Tarik gasket ke arah keluar pintu hingga ter lepas setelah sekrup penahannya telah  dilonggarkan. Cara  ini jangan dilakukan dengan  paksa karena pelapis plastik tersebut lumayan  rapuh dan bisa  mengalami  patah  jika kamu  terlalu kasar.

4.  Ambil dan pasang gasket pintu yang baru. Letakkan   di salah satu sudut bagian atas daun pintu  merek  kulkas  terbaik . Dorong bibir gasket yang baru ke  penahan logam, lalu  geser di bagian belakangnya dan sekeliling pintu kulkas. Sebaiknya kamu  mulai dari sudut bagian atas pintu, dan mengerjakannya ke sekeliling pintu.

5.  U ntuk merapatkan sekrup penahan gasket , pakai  obeng hex. Jangan p asang sekrup dengan sangat  kencang. Kamu  hanya perlu pastikan saja itu sudah  cukup rapat.

6.  Taburkan bubuk , kamu bisa pakai  sedikit bedak bayi atau talk agar  tidak lengket.

7.  Gosokkan bubuk tersebut pada  sekitar sisi sudut engsel gasket pintu kulkas dan tempat segel itu bergeser. Bedak ini  guna untuk mencegah gasket pintu  tersebut memuntir  ketika  bertemu dengan logam yang ada pada  kulkas.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

8.  Jika bedak tersebut tidak ampuh untuk mencegah puntiran, kamu bisa meng ganjal segel dengan menggunakan obeng ketika menutup pintu, dan biarkan pintunya tertutup selama 1  jam.

9.  P intu kulka s ditutup  dan di buka beberapa kali untuk me ngecek  gasket. Cari   area yang bengkok yang ada di  gasket kulkas. P roses ini kamu ulangi beberapa kali.

10.  P etroleum jelly kamu gosokkan di  sepanjang petroleum jelly apabila kamu  melihat sebuah celah  sesudah gasket telah t erlihat  terpasang secara baik, maka rapatkan sekrup nya dengan lebih kencang lagi. Jika  tidak, kamu dapat  memanaskan gasket pintu tersebut dengan menggunakan p engering rambut untuk memperbaiki celah  tersebut . Cara ini bertujuan untuk melunakkan segel pintu merek kulkas terbaik dan dapat  diregangkan.

Tips  mengganti segel pintu merek kulkas terbaik :

-  Gasket kulkas  lumayan  ber agam,  sehingga kamu harus baca buku panduan pe makaian  kulkas dan instruksi yang ada di  kemasan gasket kulkas.

-  Rendam gasket yang baru di dalam air yang hangat sebelum digunakan agar  lebih lunak dan mudah saat dipasang.

-  Selalu pakai  langkah pencegahan saat  menangani perangkat listrik. Pastikan kamu gunakan perlengkapan keamanan yang benar . Namun bila kamu ragu, kamu bisa panggil  jasa yang profesional.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengganti segel pintu merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :