Cara Mengisi Freon Merek Kulkas Terbaik Yang Aman Dan Mudah Diterapkan

Sabtu 03-08-2024,09:01 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kamu  perlu mengikuti cara pengisian  freon merek kulkas terbaik yang aman jika  ingin mengisi freon kulkas   sendiri tanpa bantuan dari teknisi. Dengan melakukan pengisian  freon sendiri, tentu  kamu   dapat menghemat biaya karena tidak harus  meminta bantuan jasa teknisi.

Tetapi kamu  harus s iapkan beberapa peralatan dan  mem butuhkan  keahlian  yang  khusus, seperti pengelasan OAW untuk bisa  melakukan cara mengisi freon  merek  kulkas terbaik sendiri.

Maka dari itu, jika kamu  tidak mem punyai kemampuan teknis, seperti mengelas, sebaiknya kamu  minta  bantuan  jasa teknisi  ahli .   Bagi kamu  yang punya kemampuan teknis, te tapi belum tahu cara isi freon merek kulkas  terbaik, simak cara berikut ini.

Pada umumnya, merek kulkas terbaik yang didistribusikan ke  Indonesia tidak dapat  diisi ulang freon-nya. Tetapi ada  beberapa cara untuk mengatasi hal itu   Berikut beberapa cara mengisi freon kulkas yang bisa kamu ikut :

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

1. Persiapkan Alat dan Bahan

A lat dan bahan yang harus kamu siapkan untuk mengisi freon kulkas  yaitu Freon ,  Tang , Vacuum machine , Manifold gauge , Kit Las OAW , Katup akses , Metil , Welding shield , dan Sarung tangan las.

Untuk freonnya , pastikan pilih  jenis freon sesuai dengan kulkas kamu . Lihat label nya  yang terdapat di kompresor kulkas untuk melihat jenis freon yang akan kamu gunakan untuk kulkas tersebut.

2. Pasang Katup Akses pada Kulkas

Kamu  perlu p asang katup akses dulu  untuk  bisa  mengisi freonnya. Berikut c ara memasang nya :

-   Potong p ipa freon yang letaknya  dekat dengan kompresor.

-  Tutup bagian kulkas menggunakan  keramik atau benda lainnya agar terlindung suhu panas  dari  las.

- Tarik karet di  dalam katup akses, lalu  sesuaikan posisi katup akses d an  pipa freon.

-   Jika  posisinya sudah sesuai, pegang katup menggunakan  tang, lalu   di las.

Pastikan kamu gunakan alat pelindung diri  yaitu  welding shield dan sarung tangan las yang telah disiapkan sebelumnya. P astikan juga tidak terdapat  bahan yang gampang  terbakar di sekitar tempat kamu  mengelas agar terhindari dari  potens i kebakaran.

3. Cek Hasil Pengelasan

Cara mengeceknya kamu bisa gunakan manifold gauge lalu   sambungkan  ke katup akses. Cek  tekanan pada  sistem perpipaan tersebut, jika tekanannya nol, maka t anda ada terjadi sebuah kebocoran pada pipa tersebut.

Sebagai tindakan se lanjut nya , kamu dapat  mengelas lagi katup aksesnya. Tetapi jika  tekanan  tersebut  menunjukkan ke angka nol, maka kemungkinan terdapat kebocoran pada  pipa  di  bagian  yang  lain nya .

Apabila  yang bocor bukan di area yang dilas, maka kamu harus l eakukan pe ngecekan secara  menyeluruh pada jaringan perpipaan pada kulkas tersebut.

Jika  dibiarkan  begitu  saja, kebocoran tersebut bisa membuat freon yang sudah diisi lebih cepat habis sehingga kulkas jadi tidak dingin.

BACA JUGA : Berapa Suhu Normal Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mengaturnya

4. Bersihkan Jaringan Pipa Kulkas

Setelah dip astikan tidak ada  kebocoran, maka kamu dapat melanjutkan ke cara isi freon merek kulkas terbaik berikut, ya itu dengan  membersihkan jaringan pipa kulkas.

Kamu dapat  me makai  metil yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk membersihkan nya . Metil dapat mengikat air yang terdapat di dalam pipa sehingga saat  di vacuum, a ir  tersebut bisa  ikut keluar secara  mudah.

Jika metil  sudah dimasukkan  ke jaringan pipa melalui katup akses, hidupkan  kompresor nya sehingga cairan tersebut  bisa  tersebar ke s emua  jaringan pada pipa.

Kemudian,  sambungkan selang dari vacuum machine pada  katup akses dan hidupkan  mesin tersebut. Tetapi hal tersebut tidak disarankan karena bisa berpotensi me nyebabkan  jaringan pipa pada  kulkas tersumbat.

5. Lakukan Pengisian Freon

Berikut  cara mengisi freon merek kulkas terbaik melalui katup akses :

-  Sambung manifold gauge ke katup akses dan tabung freon.

- Nyalakan kompresor kulkas ,  tunggu beberapa saat.

-  Buka  katup yang terdapat  di manifold gauge secara perlahan s ambil  terus perhatikan jarum penunjuk tekanan.

- Jika  jarum penunjuk tersebut hampir atau telah menunjukkan pada angka 10, maka tutup lah katup  tersebut  pada manifold gauge.

Itulah beberapa cara yang aman dan mudah dipahami yang bisa kamu lakukan untuk mengisi freon merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :