Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Sabtu 03-08-2024,08:52 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik yang saat ini t id ak sedikit orang yang memilikinya.  Kulkas ini  difungsikan sebagai tempat untuk penyimpanan bahan makanan  agar bisa   bertahan  lebih lama karena sifat pendinginannya.

Maka dari itu, dengan fungsi  merek kulkas terbaik tersebut,  penting bagi kita untuk merawat kulkas supaya  nyaman untuk digunakan.  Karena jika terdapat satu masalah yang terjadi, maka kulkas tidak akan bekerja sebagaimana seharusnya .

Misal  terdapat kebocoran atau air yang keluar dari bodi merek kulkas  terbaik. Itu tid ak hanya akan mempengaruhi fungsinya, tetapi kulkas yang bocor juga dapat  merusak lantai dan memicu tumbuhan nya jamur.

Kebocoran yang terjadi pada merek  kulkas terbaik disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah kerusakan pada elemen kulkas atau kulkas sudah terlalu usang.

BACA JUGA : Suhu Sempurna Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik Untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

B erikut ini penyebab kulkas bocor dan cara mengatasinya  :

1. Selang pembuangan es mencair tersumbat

Jika kulkas  mengeluarkan air, maka penyebab  salah satunya  yaitu selang pembuangan yang tersumbat.   Selang ini ada di bawah kompartemen freezer, di  bagian  bawah laci produk, atau di bagian belakang kulka s.

Penyebabnya sumbatan tersebut bisa karena  makanan atau pun  kotoran  yang  lain  yang  masuk ke  dalam  selang.  Apabila  hal i itu  terjadi, maka kondensasi tidak bisa  mengalir melalui  saluran pembuangan  dan mengakibatkan air akan kembali ke atas lalu  mengalir ke lantai.

Untuk mengatasi hal ini,  kamu dapat  memaksa air keluar lewat lubang pembuangan dengan memakai kain untuk menghilangkan kotoran nya .

Kamu juga bisa gunakan pembersih pipa untuk menghilangkan sumbatan nya .  Kemudian , S elang pembuangan tersebut dan katup pembuangan yang di pasang dibersihkan menggunakan air  dan sabun .

2. Panci pembuangan retak

Panci yang letaknya di bawah kulkas  ber guna mengumpulkan kondensasi yang menetes dari sirip evaporator. Biasanya, air di  bak pembuangan akan menguap,  jadi tidak perlu dikosongkan.

Tetapi apabila  saluran pembuangannya  sudah  retak atau pecah, maka akan membuat air   merembes ke lantai dapur.  Cara mengatasinya  kamu bisa ganti panci pembuangan tersebut dengan yang baru.

3. Saluran air bocor

Tidak semua merek  kulka s terbaik mem iliki  saluran air. Apabila  kulkas yang kamu tidak mem iliki air atau pembuat es internal, maka saluran air yang bocor buka nlah sebuah masalah.  Tetapi jika  kamu yang punya kulkas ada  saluran air nya , kebocoran jadi masalah.

Saluran air yang bocor penyebabnya karena  retak atau sambungan katup sudah kendor. Periksa saluran air dan katup masuk pada bagian  belakang kulka s.  Apabila  katup bocor,   kencangkan sambungannya. Apabila  cara ini tidak dapat berhasil, maka kamu harus  ganti katupnya.

Saluran air yang mengalir pada  kulkas  dapat  terjepit atau retak, sehingga mengakibatkan  air merembes ke lantai.   Cara untuk mengatasi  masalah ini   p otong selang yang telah rusak dan sambungkan lagi ke katip atau  bisa juga  ganti selang secara keseluruhan.

BACA JUGA : Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya

4. Sambungan filter air longgar atau usang

Apabila f ilter sudah kendor, maka air akan bocor ke arah keluar dari filter dan mengalir menuju ke lantai. Sehingga mengakibatkan   adanya  genangan di bawah kulkas.

Apabila kamu menduga filter sedang bermasalah, maka lepas filter lalu  pasang kembali. K eadaan  ini dapat  mengatasi masalah jika  filter kendor atau tidak terp asang secara   tepat .

Tetapi apabila ada masalah lebih lanjut, filter  tersebut harus diganti yang baru dan pasang sesuai dengan petunjuk  pemasangan .

5. Peningkatan akumulasi kondensasi

Panci tetesan di buat  untuk mengumpulkan se luruh  kondensasi yang terbentuk pada  sirip evaporator. P anci tetes biasanya tidak dikosongkan sebab  air nya akan menguap.

Tetapi jika   k ulkas pintunya dibiarkan terbuka atau kelembapan di  rumah sedang sangat tinggi, maka jumlah kondensasi bisa meningkat  yang berakibat  wadah tetesan   meluap ke lantai.

Ke bocor an kulkas bisa diatasi   dengan cara men utup pintu  kulkas   agar tekanan lat bisa berkurang dan   jumlah kondensasi yang terjadi pada  sirip evaporator  juga berkurang .

Kemudian sedia kan dehumidifier di dapur atau kosongkan wadah pembuangan dengan  manual ketika  kelembapan ruangan sedang tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi merek kulkas terbaik yang bocor mengeluarkan air dalam jumlah banyak. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :