Anti Gerah, Berikut 6 Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Paling Dingin

Sabtu 03-08-2024,08:49 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - S ebagai negara tropis di Indonesia yang memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim panas yang rasanya tidak  pernah lepas dari rasa yang  gerah dan lembap ini membuat pe nggunaan   merek AC terbaik menjadi perangkat yang penting untuk menjaga kenyamanan suhu  dalam  ruangan.

Apalagi  bagi kamu yang sensitif pada panas, pasti  tidak akan  pernah dapat  lepas dari p emakaian merek  AC  terbaik . Meski memiliki fungsi  yang  sederhana, yait u untuk mengatur suhu,  kualitas udara, dan  kelembaban.

Tetapi   untuk mengatur  merek  AC terbaik supaya  menghasilkan suhu yang paling dingin mem erlukan pemahaman tersendiri.  Ada   beberapa  langkah  yang  sederhana untuk mengatur AC agar suhunya menjadi paling dingin, bahkan ketika  cuaca sedang sangat panas.

Mulai dari mengatur termostat dan mode pendinginan sampai dengan  perawatan secara rutin . Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk mengatur suhu merek AC terbaik supaya suhunya dingin maksimal, sehingga  kamu tetap nyaman dan tidak   mudah terasa  gerah di dalam ruangan .

BACA JUGA : 11 Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

1. Nyalakan AC dan Atur Termostat

Hidupkan  AC dan mengatur termostat ke suhu paling rendah yang ada di  dalam sistem AC kamu. Kebanyakan AC sudah dilengkapi remot untuk memudahkan pengaturan suhu.   Kamu juga dapat  merujuk   panduan penggunaan nya  yang ada  di  p aket pembelian. K arena tiap AC mempunyai sistem dan pengaturan berbeda.

2. Pilih Mode Pendinginan

AC modern biasanya me mpunyai beberapa mode peng operasi annya , seperti mode pengeringan,  mode kipas,   mode pendinginan, dan mode otomatis.   Pastikan untuk pilih  mode pendinginan  di remot atau panel peng endali ke mode pendinginan. Biasanya m ode ini   dilambangkan dengan simbol salju atau tulisan Cool. M ode ini juga bisa menghasilkan dingin dengan  signifikan.

3. Atur Kecepatan Kipas

Atur kecepatan kipas di  tingkat paling tinggi. K arena k ecepatan kipas AC berpengaruh seberapa cepat dan merata nya  udara dingin yang disebarkan ke s emua  ruangan.

4. Atur Louver atau Swing

Louver atau swing merupakan  bagian dari AC yang bertanggung jawab untuk mengatur arah aliran udara. Kamu dapat  menga t ur louver ke bawah agar  distribusi udara dingin   lebih efektif.

B eberapa AC me mpunyai  fitur otomatis yang bisa  mengayunkan louver ke berbagai arah untuk meyebarkan udara agar  lebih merata. Kamu juga dapat memakai cover angin AC untuk mengatur arah udara dingin yang akan keluar.

5. Pastikan Jendela dan Pintu Tertutup

P astikan semua jendela dan pintu yang ada di ruangan  tertutup dengan rapa t untuk mencegah udara panas dari luar masuk ke dalam ruangan dan mengurangi beban kerja  pada  AC yang berusaha untuk mendinginkan ruangan .

6. Gunakan Tirai atau Gorden

Pakai  tirai penutup sinar matahari atau gorden untuk menjaga suhu ruangan  agar  tetap dingin dengan cara menghalangi sinar matahari atau paparan suhu yang panas masuk ke ruangan.

BACA JUGA : 6 Cara Mudah Membersihkan Filter Merek AC Terbaik, Bisa Dilakukan Sendiri

Tips  memaksimalkan kinerja AC untuk  mencapai suhu yang paling dingin  :

1. Penggunaan Kipas Angin

Menggunakan kipas angin bersama an dengan menggunakan AC bisa membantu   udara dingin  menyebar   dengan lebih merata  dan cepat, serta  membantu mengurangi beban kerja AC.

2. Pengaturan Waktu Penggunaan

M en ghidupkan  AC beberapa saat sebelum kamu masuk ke dalam ruangan bisa membantu mencapai suhu yang kamu inginkan secara lebih cepat.

Beberapa AC sudah dilengkap i fitur timer sehingga membuat  kamu untuk bisa  mengatur waktu nyala  dan mati secara otomatis, sehingga pe makaian AC jadi lebih efisien dan nyaman di pakai .

3. Isolasi Ruangan

P astikan ruangan sudah terisolasi atau tertutup dengan baik untuk  membantu menjaga suhu nya  tetap dingin.

Periksa apakah terdapat  celah di  pintu atau jendela yang  mungkin dapat  menjadi sumber masuknya udara panas dari luar  ruangan .

Kamu juga dapat  me makai penghalang debu untuk menutup tiap celah kecil yang  terdapat   pada  pintu dan jendela.

4. Area Penempatan AC

Pastikan unit indoor AC di letakkan   pada  area yang tidak di halang i  oleh furnitur atau benda lain yang bisa  menghambat aliran udara.

Pastikan juga agar unit blower AC kamu tidak te rkena langsung  sinar matahari   langsung. Kamu bisa meletakkan  unit blower AC di  ruang jemur atau area  yang  semi indoor.

5. Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik

K omputer, televisi, dan lampu merupakan alat elektronik yang bisa menghasilkan panas tambahan di  ruangan.   Jadi, apabila kamu  ingin me mperoleh suhu AC paling dingin, kamu bisa matikan perangkat elektronik yang tidak di pakai   agar beban kerja AC  bisa berkurang .

6. Ventilasi Tambahan

V entilasi tambahan seperti exhaust fan bisa  membantu mengeluarkan udara yang panas dari  dalam  ruangan, sehingga AC kamu bisa  bekerja lebih efektif. Apalagi bila ruangan kamu  ber ukuran lumayan luas.

Itulah beberapa cara ynag bisa kamu lakukan untuk mengatur suhu merek AC terbaik menjadi paling dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :