11 Cara Penggunaan Merek AC terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

Jumat 02-08-2024,19:59 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Bagi kamu yang  saat ini baru saja atau telah  lama menggunakan merek AC  terbaik, penting untuk mengetahui  cara penggunaan AC yang benar agar tetap hemat dan   lebih awet .

Merek AC terbaik merupakan   p enyejuk udara yang berfungsi untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan dan kelembapan di suatu area, sehingga membuat ruangan kamu jadi lebih nyaman.

Sayangnya merek AC terbaik  banyak men gkonsumsi daya listrik ,   dan   apabila  kamu salah dalam pemakaiannya maka akan membuat AC   jadi   gampang  rusak serta  tidak mampu  bertahan lama.

Sebagai solusinya untuk masalah tersebut, kamu bisa men coba cara penggunaan merek AC terbaik  yang benar di bawah ini.  Sehingga AC kamu bisa awet dan hemat lsitrik.  

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

1.  Tutup Ruangan Saat AC Menyala

Ruangan yang kondisinya tertutup akan membuat sirkulasi udara yang dihasilkan AC tidak terbuang ke ruangan yang lain nya,  sehingga bisa mencapai suhu udara yang kamu inginkan dan k erja AC  j uga akan  lebih efektif  dan efisien .

Hindari buka tutup ruangan ketika menyalakan AC. Apabila  ruangan secara terus menerus dibuka tutup maka akan menjadikan suhu di  ruangan   tidak s tabil karena hawa panas yang berasal dari luar ruangan akan masuk dalam ruangan.

Apabila   hal  ini terjadi, maka akan membuat AC bekerja secara terus menerus untuk membuat suhu di dalam  ruangan  stabil .

2. Suhu AC Atur Di bawah 24 Derajat Celcius

Dengan mengatur suhu  yang tepat  bisa men jadi cara yang mudah dalam menghemat pe makaian listrik di rumah. Karena biaya tagihan  listrik AC boros atau tidak itu  tergantung pada pe nggunaanny a juga.

Suhu diatur  tidak kurang dari 24 derajat Celsius. Pakai  suhu ini sebagai batas maksimal pada pengaturan suhu AC kamu agar  tagihan listrik kamu tidak  melonjak .

3. Pilih A C  Jenis Inverter

AC jenis interventer mempunyai kompressor yang   fungsi nya lebih baik. AC jenis ini bisa secara fleksibel menambahkan atau menurunkan beban kompreso r yang dilakukan secara otomatis mengikuti k eadaan  di dalam ruangan dan dil   uar ruangan.

Saat  malam hari AC ini akan bekerja minimal tetapi   saat siang hari kerja kompresor akan di  kondisi  yang  normal.   Daya listrik yang di paka A C jenis ini bisa turun hingga   30% tergantung dari pemakaian  AC tersebut. Tetapi  AC jenis ini memiliki  harga yang lebih mahal  dari AC biasa .

4. Pakai  Mode Dry Pada Remote  Saat Udara Lembab

Keitka musim hujan tiba biasanya udara akan jadi lembab ,  disarankan jangan pakai  mode cool  pada AC. Sebaiknya settingan remote  kamu ubah  jadi mode dry  untuk   mem bantu membuat kelembapan udara dalam  ruangan jadi stabil dan suhu udara dalam  ruangan tetap terjaga agar tetap sejuk.

Ketika  udara sudah stabil, mode dry AC akan otomatis berubah jadi mode meniup angin dingin dimana hal ini  tidak mem erlukan  banyak listrik.

BACA JUGA : Tips Menggantungkan Pewangi Pada Merek AC Terbaik Agar Ruangan Wangi

5. AC Tidak Perlu Matikan AC Jika  Kamu Ingin Keluar Ruangan Sebentar

M ematikan AC walau hanya beberapa saat kamu tinggal keluar ruangan malah akan jadi lebih boros  listrik karena mebu tu kan h daya listrik yang tinggi untuk membuat kompresor nya  menyala saat pertama kali  digunakan , dibandingkan untuk membuat AC hidup dengan  konsisten.

20 % sampai 30% daya listrik akan di perluka n untuk me nghidupka n kompressor bisa hingga  lebih besar baru kemudian perlahan akan terus menurun ke batas  yang  normal.

Jadi lebih baik  kamu biarkan saja AC menyala di ruangan apabila kamu  hanya meninggalkan ruangan nya sebentar.

6. Service AC

Indoor dan Outdoor AC harus  dicuci secara rutin, jika  tidak dilakukan maka   kotoran dan debu yang menempel di suku cadang AC akan menyebabkan  kinerja AC  jadi  lebih berat.

Kompressor   men jadi lebih panas dan memerlukan  daya  yang  lebih tinggi untuk mendinginkan udara dalam ruangan.

Untuk AC yang 24 jam me nyala seperti AC di kostan atau tempat usaha  lainnya , biasanya   dilakukan servis secara rutin s atu bulan sekali. U ntuk AC rumahan biasanya  di service 3 b ulan sekali.

7. Jangan Terlalu Sering pakai Mode Powerful

Dengan mode ini, maka  fan  dan kompresor   akan bekerja  dengan  lebih keras dan  membuat biaya  listrik  rumah kamu jadi membengkak.

Maka dari  itu, jangan terlalu sering me makai  mode ini dan pastikan pakai  timer supaya  mode powerful dapat mati dengan o tomatis ketika sudah  tidak di perlukan .

8. Bersihkan Ruangan dengan  Rutin

U ntuk meminimalisir   kotoran dan debu pada merek AC   terbaik kamu harus bersihkan ruangan dengan  rutin.   Ruangan yang berdebu bisa   berpengaruh pada  kebersihan filter AC.

Hal ini yang menyebabkan filter AC lebih cepat kotor yang akan  berimbas pada kinerja kompresornya.

9. Pilih AC ysudah ada tekonologi Sensor Gerak atau Sensor Manusia

Saat ini AC sudah dilengkapi  berbagai teknologi, salah satunya yaitu  teknologi sensor yang bisa  mendeteksi manusia atau mendeteksi  gerakan tubuh. AC jenis ini juga dapat  mengurangi   tagihan listrik .

Saat tidak terdeteksi adanya pergerakan dan tidak ada banyak orang dalam ruangan, maka AC akan secara otomatis mengurangi kerja kompressornya sehingga  tagihan listrik jadi  lebih  irit.

Tetapi ketika  AC mendeteksi adanya banyak gerakan dan manusia , maka   secara  otomatis AC akan bekerja sedikit lebih keras supaya  udara  dalam ruangan  tetap dingin.

BACA JUGA : Berikut Cara Kerja, Fungsi Dan Tips Merawat Kompresor Merek AC Terbaikmu

10. Memasang Timer

Biasakan untuk memasang timer tiap kamu gunakan supaya  listrik men jadi lebih hemat meski pun kamu pakai  AC. Tentukan kapan seharusnya  AC harus mati karena tidak terdapat  orang d alam  rumah atau sudah tidak di butuhkan  lagi.

11. Pastikan PK AC yang Dibeli Sesuai

Besaran PK  yang semakin tinggi,  maka   daya yang dib perlukan juga akan semakin besar .  Apabila PK terlalu kecil akan membuat   kerja kompressor terlalu berat, sehingga membuat listrik jadi  boros.

Se dangkan apabila PK terlalu besar, maka kompressornya juga akan terlalu besar, pe makaian  sebaik apapun pasti lebih hemat yang kompressor nya 1/2 PK d aripada  1 PK.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam penggunaan merek AC terbaik yang benar agar awet dan hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :