Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split

Jumat 02-08-2024,19:57 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Apabila kamu mem punyai unit merek AC terbaik tipe split, kamu  pasti menge tahu i  betapa pentingnya untuk menjaga AC kamu agar  tetap bekerja dengan efisiensi dan optimal.

Kamu  juga tahu bahwa menjaga unit kamu agar  tetap bersih akan membantu memaksimalkan kinerja dan usia  p enggunaannya . Cara m embersihkan sistem merek AC terbaik tipe ini  sangat   mudah dan tidak m emerlukan  waktu  yang  lama.

Keuntungan kamu membersihkan merek AC terbaik tipe split dengan teratur yaitu   k ualitas udara jadi  lebih baik  dan l ebih hemat  dalam penggunaan  energi  listrik.

Filter merek AC terbaik kamu harus dibersihkan setidaknya 2  kali setahun.Semakin sering AC tersebut digunakan dan dibersihkan  filternya sendiri, maka akan semakin kecil kemungkinan  akan  terjadi masalah  pada  AC.

BACA JUGA : Jangan Dibuang, Berikut Manfaat Air Merek AC Terbaik

Berikut cara mudah membersihkan merek AC terbiaik tipe split :

1.  Matikan Listrik

M atikan listrik AC sebelum mulai membersihkan AC. Sehingga  perangkat akan tetap aman digunakan dan tidak terjadi kerusakan pada  listrik.

2.  Periksa Petunjuk Produsen Kamu

Kamu   perlu mengecek  petunjuk dari pabrik pembuatnya agar tahu  cara membersihkan dan merawat AC tipe split secara   tepat . Beberapa model AC mungkin akan sedikit berbeda dalam desain atau cara pembersihan nya.

3.  Lepaskan Panel Depan

Untuk me njangkau  bagian dalam AC, temukan kait atau tab yang menahan di panel depan. Bongkar kait nya  atau dorong tab  tersebut ,  kemudian  angkat panel ke atas secara  hati-hati. Apabila  panel tidak keluar, pegang menggunakan  satu tangan untuk membersihkan di bagian dalam nya .

4.  Lepaskan dan bersihkan Filter Udara

Filter udara berupa  potongan persegi berukuran panjang yang diikat pada  unit setelah kamu  melepas atau mengangkat panel di bagian depan.

Cari tab yang menahan pada filter udara ke perangkat dan dorong tab untuk melepas filter nya . Pakai  sikat gigi atau penyedot debu untuk meng hilangkan  debu dari filter secara perlahan -lahan .

Setelah filter udara berhasil dilepas dari unit dan bersihkan dari debu, cuci menggunakan  air  yang  bersih dan dingin menggunakan  sabun pencuci piring  yang  lembut untuk menghilangkan partikel kecil yang menempel.

Bersihkan filter dengan perlahan menggunakan  spons atau  dengan  bantalan pembersih.

BACA JUGA : Keuntungan Menggunakan Smart Merek AC Terbaik Untuk Rumah Kamu

5.  Bersihkan Filter Bakteri

Filter ini bisa dibersihkan cara nya  mirip dengan cara mencuci filter udara. Sebelum   filter udara  kamu pasang kembali , biarkan kering  sepenuhnya melalui udara.

Agar bakteri dan kuman dari filter  bersih , kamu  juga bisa gunakan  pembersih dan pemurni AC  sekaligus akan membasmi bau tidak sedap yang dihasilkan dari AC.

6.  Bersihkan Sirip Pendingin

Setelah filter udara lepas, kamu bisa  melihat sirip pendingin, yang serupa dengan serangkaian garis logam yang ter pasang  pada  AC.

Kamu bisa  memasang kotak atau kantong  pada  peniup udara sehingga bisa mengumpulkan se luruh  debu yang ada dari sirip-sirip tersebut.

Tiup  secara  lembut tanpa menyentuhnya ke se mua  permukaan garis-garis logam. Melakukan p embersihan   pada  sirip akan membuat proses pendinginan  jadi meningkat .

P embersih AC tersebut kamu semprotkan sedikit saja ke  sirip dan biarkan menge ering.

7.  Bersihkan Kumparan

Kumparan merupakan  elemen logam berbentuk melingkar yang mengalir mel ewati  inti unit di dalam ruangan. Semprotan evaporator tanpa mem bilas nya   merupakan  solusi pembersihan paling efektif untuk koil-koil tersebut .

Setelah pembersih evaporator disemprotkan ke koil, diamkan sekitar 20  sampai 30 menit  lalu bersihkan .

8.  Semprotan Anti  J amur

Semprotan anti   jamur untuk AC akan membantu mencegah  pertumbuhan  jamur di  komponen   dalam mesin. Pakai  semprotan tersebut untuk mensterilkan sirip  dan koil  yang kemungkinan akan jadi tempat racun  terbentuk .

Dengan bantuan ini , filter udara pada AC juga bisa  dibersihkan. Sebelum filter udaranya dipasang   lagi dalam AC, diamkan dulu semprotan tersebut kurang lebih selama 5 menit.

9.  Perbaiki Filter Udara dan Bakteri

F ilter udara dan bakteri kamu pastikan kondisinya sudah benar-benar kering sebelum dipasang  ke AC. U ntuk membersihkan se luruh  kelembapan nya   secara  cepat  kamu bisa gunakan kain yang kering .

Pasang lagi kedua filter tersebut ke dalam AC. Filter akan memberikan udara bersih dan segar ketika kamu  me nghidupkan  AC. Pasang panel depan , t utup panel secara  aman dan seka menggunakan  handuk yang kering.

10.  Siram Saluran Pembuangan

Lepas pipa yang memisahkan anatara unit bagian dalam dan unit di luar ruangan. Alat penyiram bertekanan bisa membantu kamu dalam membersihkan saluran pembuangan pada AC.

Nosel bertekanan yang diserta i n dengan alat pembilas bertekanan bisa membantu untuk membersihkan penghalang pada  saluran pembuangan.

Dengan me makai  kekuatan air atau pembersih dan dengan bantuan dari nosel bertekanan, kamu bisa  membuka saluran pembuangan pada AC.

Sebelum pipa  kembali disambungkan  dan menyalakan AC, pastikan bahwa saluran pembuangan sudah dikeringkan selama setidaknya 1  jam.

BACA JUGA : Mitos atau Fakta, Merek AC Terbaik Rusak Jika Tidak Dipakai, Simak Ulasannya

11.  Aktifkan fungsi pembersihan mandiri AC

Deep Clean me makai  molekul air di udara untuk membantu menghilangkan debu, dan kotoran lainnya, sehingga tingkat sterilisasi  mencapai  99,99% untuk bakteri  dan virus .

Program otomatis ini bisa memberikan cara yang mudah, efisien dan luar biasa untuk men dapatkan udara lebih bersih. Hanya dengan men ekan tombol.

12.  Bersihkan Bagian Luar

Kamu bisa  lakukan ini dengan kain lap yang bersih dan sedikit deterjen  yang  lembut. Pastikan debu dan kotoran yang menumpuk  pada siripnya  kamu bersihkan .

Apabila kamu  ingin mendapatkan hasil yang lebih bersih, pakai  semprotan selang  dengan  air yang hangat dan sabun untuk membilasnya secara keseluruhan .

Itulah beberapa cara cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek AC terbaik tipe split, sehingga bisa bersih dengan maksimal. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :