Langkah Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dan Menghilangkan Baunya

Jumat 02-08-2024,18:49 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - M akanan yang ditinggalkan di dalam merek kulkas terbaik dalam waktu lama  bisa  menyebabkan adanya masalah yang terjadi pada makanan dan kulkas  itu sendiri.

Apabila kamu  tidak membersihkan merek kulkas terbaikmu  secara teratur, maka bakteri bisa tumbuh pada makanan jenis apa pun yang telah  terlalu lama didiamkan, berarti bahwa saat kamu  pergi untuk makan atau pun  minum sesuatu dari wadah tersebut , kamu bisa sakit.

Saat bakteri tumbuh pada  wadah makanan atau di bagian lain merek kulkas terbaik  itu sendiri (seperti gulungan), maka bakteri akan menghasilkan enzim yang akan memecah di bagian tertentu dari sistem pendingin alat.

Enzim ini bisa  mengurangi kinerja pada merek kulkas terbaik bahkan membuat komponen  benar-benar  rusak seiring  ebrjalannya  waktu , itu  berarti tagihan energi listrik dan biaya perawatan nya akan lebih tinggi serta biaya penggantian nya  di kemudian hari .

BACA JUGA : Apakah Boleh Langsung Menaruh Makanan Panas Ke Dalam Merek Kulkas Terbaik

Waktu terbaik untuk m embersihkan merek kulkas terbaikmu :

- Apabila  kulkas kamu  hanya d ipakai  untuk menyimpan makanan, maka pembersihan yang sederhana dilakukan satu bulan sekali sudah cukup untuk mencegah  kulkas jadi kotor.

- Apabila kamu memakai kulkas kamu  sebagai tempat menyimpan makanan beku, maka tiap tiga bulan sekali tak masalah untuk di bersihkan. Hal ini bisa mencakup baki es batu dan pembuat es serta   di bagian freezer alat.

- Apabila kamu   ini melakukan pembersihan menyeluruh , tapi tidak ingin dilakukan tiap tahun  y ang akan me mbuat kamu harus  mengeluarkan se luruh  barang di dalamnya terlebih dahulu, maka kamu bisa lakukan 4 kali dalam se tahun .

Langkah mudah   m embersihkan dan m enghilangkan b au tid ak s edap pada merek k ulkas terbaik :

1.  Cabut steker kulkas supaya  tidak menyala ketika kamu  membersihkannya

Kamu dapat  melakukan ini dengan cara mencolokkan kulkas ke stopkontak, yang akan mematikan se luruh peralatan sekaligus dengan menekan satu tombol , hal ini juga akan berguna ketika  membersihkan kulaks .

2.  Kosongkan kulkas  dan freezer sepenuhnya

Lepas laci, rak, dan bagian lainnya yang bisa  dilepas.

3.  Buang makanan basi dan kedaluwarsa

Jika kamu  menyimpan stoples mayones yang masih setengah penuh dari bulan yang lalu , apabila baunya tidak enak  atau warnanya sudah berubah, kemungkinan i tu telah  melewati masa simpannya .

Jika kamu  tidak yakin makanan kamu  masih bagus, kamu bisa lihat  tanggal "Sell By" atau "Best Before" pada kemasan nya  (atau bisa lihat keduanya).

Itu menjadi  panduan umum yang di pakai toko ketika  menjual produk dalam jumlah yang besar agar tidak basi sebelum produk tersebut dibeli oleh konsumen , namun hal itu  tidak selalu jadi indikator akurat untuk tahu  kapan makanan itu benar-benar  sudah  kedaluwarsa.  Apabila  terlihat aneh atau bau nya  aneh, sebaiknya buang saja .

4.  Bersihkan remah-remah dan tumpahan menggunakan handuk basah

Jangan pakai  tisu, tisu disinfektan, atau pun  spons . Kamu bisa   pakai serbet yang bersih atau kaos bekas untuk mem bersihkan kotoran  dalam kulkas .

Pakai  sabun lembut apabila  sangat kotor ,kamu bisa gunakan sabun antibakteri, namun usahakan tidak memasukkan air ke kulkas  karena bisa menyebabkan pertumbuhan jamur apabila  dibiarkan terlalu lama.

5.  Seka kulkas  dengan larutan soda kue untuk menghilangkan bau sepenuhnya

Cara  membuat larutannya  yaitu campurkan 1 sendok makan soda kue bersama  1 cangkir air di dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Lalu k ain dibasahi kemudian  seka noda yang ada  dalam kulkas pakai campuran tersebut .

BACA JUGA : Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik

6.  Bersihkan kulkas  dengan larutan pemutih dan air untuk mengatasi bau

Apabila masih terdapat   sisa bau nya  setelah kulkas diseka dengan larutan soda kue, kamu bisa coba gunakan larutan pemutih dengan  air.  Caranya :

-  Campurkan 1/4 cangkir pemutih bersama  1/2 cangkir air dalam botol semprot , kemudia n semprotkan  pada  dinding, rak, dan laci kulka s.

-  Biarkan sampai mengering dalam waktu 30 menit sebelum kamu membilasnya lagi  dengan air biasa.

7.  Jika terdapat bau terbakar, g osok kumparan kondensor yang ada di bawah  kulkas

Jangan pakai  penggosok atau sikat  berbahan logam karena bisa menggores potongan kecil logam yang bisa  tersedot ke sistem pendingin dan  mengakiabtkan  kerusakan .

Gunakan  sikat gigi bekas apabila ada kotoran menumpuk yang membandel yang tidak bisa   di bersihkan dengan cara yang lain .

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Tiap Produknya Punya Fitur Unggulan

8.  Angin-anginkan kulkas  selama 30 menit

P intu kulkas biarkan terbuka selama  30 menit sampai  bau  tidak sedap tersebut  hilang. Kamu juga dapat  membuka jendela dan pakai  kipas angin untuk meningkatkan ventilasi.

9.  Untuk menutupi bau, gunakan  koran atau bubuk kopi

L etakkan beberapa lembar koran pada bagian atas bau yang menyinggung dan biarkan selama beberapa hari. Lalu buang koran tersebut dan ganti dengan lembaran koran yang baru.

Selain itu, kamu  juga bisa mencoba letakkan  bubuk kopi di  mangkuk yang terbuka pada bagian bawah kulkas untuk membantu menutupi  sisa  ba unya .

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek kulkas terbaik sekaligus menghilangkan baunya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :