Mahasiswa Brebes Digembleng Nilai Fundamental, Jangan Lupakan Empat Pilar Bernegara

Rabu 31-07-2024,16:38 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

BREBES, DISWAY JOGJA – Ratusan mahasiswa di Kabupaten Brebes, digembleng nilai-nilai fundamental kebangsaan. Bahkan, diwajibkan tidak lupa empat pilar bernegara sebagai agen perubahan sosial di masa mendatang.

Ajakan tersebut, disampaikan anggota MPR RI sekaligus anggota DPR RI Dapil Jateng IX Andi Najmi Fuadi saat menggelar sosialisasi di TPI Kluwut Kecamatan Bulakamba, Rabu (31/7).

Empat pilar yang dimaksud, meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Kombinasi pilar penting tersebut, juga menjadi nilai fundamental yang harus dimiliki setiap warga negara. Khususnya, bagi kaum mahasiswa yang akan menjadi generasi penerus di masyarakat.

BACA JUGA : Anggota DPR RI Andi Najmi Ajak Santri Ponpes Assalafiyah Brebes Melek Jurnalistik

"Posisi mahasiswa sebagai agen perubahan, hingga sekarang belum dicabut. Dengan gempuran era globalisasi sekarang ini, mahasiswa jangan sampai melupakan empat pilar ini. Apalagi, tahun 2045 cita-cita Indonesia emas ada di tangan para mahasiswa, sehingga nasib bangsa ke depan itu ada di pundak mereka," ungkapnya mengawali diskusi.

Pelaksanaan sosialisasi empat pilar ini, bertujuan menggali nilai-nilai yang terkandung sebagai bekal kehidupan. Yakni, dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh menyeluruh dan berkelanjutan. Sehingga, Indonesia sebagai bangsa akan terus eksis di tengah persaingan global.

"Dengan situasi dan kondisi politik global yang tidak menentu, untuk beberapa dekade ke depan. Indonesia harus mampu eksis, dan menjadi pemain utama dengan empat pilar yang selama ini digenjot oleh MPR RI," terangnya.

Andi Najmi menuturkan, sebagai lembaga yang mempunyai kewajiban mempertahankan empat pilar tersebut. Pengamalan Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, menurutnya menjadi sebuah keniscayaan. Sebab, sebagai ideologi bangsa, Pancasila mampu membangun dan memberdayakan masyarakat untuk kesejahreraan Indonesia. 

BACA JUGA : Andi Najmi Sosialisasi Empat Pilar, Ratusan Santri Ponpes Assalafiyah Diajak Pahami Nilai Kebangsaan

"Tujuan berikutnya dari empat pilar ini, sebenarnya juga untuk kemajuan bangsa," tandasnya.

Sementara narasumber lainnya, Muamar Riza Pahlevi menambahkan, fenomena literasi politik yang masih cukup rendah di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa.

Melalui sosialisasi empat pilar yang digelar anggota MPR ini, harapannya akan meningkatkan literasi politik.

Sebab, mahasiswa sebagai elemen masyarakat berpendidikan harus menjadi ujung tombak meningkatkan literasi politik. 

"Salah satu buta yang paling berbahaya adalah buta politik. Padahal nasib bangsa ini, sangat ditentukan oleh keputusan-keputusan politik, yang diwakili para wakil rakyat maupun para pejabat birokrasi yang menentukan arah pembangunan. Kalau rakyat sendiri tidak peduli, lantas mau ke mana arah bangsa ini," paparnya. 

BACA JUGA : Topang Ke-Indonesia-an, Andi Najmi Ajak Masyarakat Pahami Empat Pilar Kebangsaan di Era Digital

Kategori :