Berapa Suhu Normal Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mengaturnya

Rabu 31-07-2024,20:33 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Ketika membuka merek kulkas terbaik, suhu udara dalam kulkas pasti lebih dingin daripada suhu dalam ruangan. Tetapi, hal itu bukan berarti suhu kulkas di rumah kamu sudah benar.

Perlu kamu ketahui, bahwa suhu merek kulkas terbaik yang normal pada bagian kulkas tidak sama.

BACA JUGA : Kenali Fungsi Karet Pada Pintu Merek Kulkas Terbaik dan Cara Membersihkannya

Suhu dingin yang normal di bagian non-freezer yaitu 1 hingga 4 derajat Celsius. Suhu idealnya di bagian non-freezer tidak lebih dari 4 derajat Celsius supaya dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan. Sedangkan untuk suhu normal di bagian freezer merek kulkas terbaik yaitu ada di bawah -18 derajat Celsius.

Pengaturan suhu pada merek kulkas terbaik ini penting dilakukan karena bisa mencegah proses pertumbuhan bakteri penyebab penyakit seperti Salmonella dan E-colli yang ada pada makanan dan minuman yang kamu simpan di kulkas.

Jika suhu kulkas non-freezer kurang dingin, misal ada di atas 4 derajat Celsius, maka makanan segar seperti sayuran, daging, buah, telur, dan susu dapat lebih cepat untuk membusuk. Makanan yang tidak segar atau busuk akan mengeluarkan bau yang tidak sedap yang bisa menyebar ke semua bagian dalam kulkas.

Hal ini tentu akan membuat kesegaran makanan yang lainnya jadi berkurang. Namun suhu di bagian non-freezer juga alangkah baiknya tidak kurang dari 1 derajat Celsius supaya makanan tetap segar dan tidak beku.

 BACA JUGA : 4 Cara Mengatasi Kendala Merek Kulkas Terbaik Side by Side

Cara mengatur suhu kulkas yang normal :

Kamu bisa cek suhu kulkas dengan termometer. Berikut ada 2 cara :

- Cara pertama: Gelas yang diisi air lalu kamu simpan dalam kulkas dalam waktu semalaman. Besoknya, masukkan termometer dalam gelas tersebut.

- Cara kedua: Letakkan termometer ke dalam kulkas dalam waktu beberapa jam.

Pengukuran suhu dengan cara tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat seperti pada saat mengukur suhu pada tubuh, karena suhu yang ada di bagian dalam kulkas bisa berubah akibat kulkas sering dibuka. Pengukuran dari kedua cara tersebut hasilnya akan menampilkan suhu internal kulkas dengan tepat.

 BACA JUGA : Tips Menyimpan Daging Dan Ikan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Chest Freezer

Ciri-ciri suhu merek kulkas terbaik kamu normal :

1. Jus dan susu tetap dingin

Coba untuk memeriksa apakah minuman seperti jus dan susu yang kamu simpan di dalam kulkas rasanya lebih dingin daripada ketika diletakkan di suhu ruang.

Jika terasa lebih dingin, itu menandakan bahwa suhu di dalam kulkas kamu sudah tbenar. Tetapi, jika minuman tidak dingin padahal sudah kamu simpan dalam kulkas dalam waktu berjam-jam, maka bisa jadi suhu kulkas kamu masih terlalu rendah.

2. Tidak ada es pada makanan

Makanan yang kamu simpan pada bagian non-freezer kulkas seharusnya bisa tetap segar dan tidak menunjukkan ada tanda-tanda membeku atau dipenuhi dengan es.

Apabila sayuran atau buah-buahan terasa sedikit keras atau ditumbuhi dengan es, maka kemungkinan besar suhu di bagian non-freezer terlalu rendah dan suhunya harus dinaikkan.

BACA JUGA : 3 Kesalahan Membuat Merek Kulkas Terbaik Anda Cepat Rusak

3. Makanan segar tidak cepat kedaluwarsa

Ini merupakan tanda lainnya dari suhu kulkas yang normal. Apabila suhu kulkas kamu terlalu tinggi, maka biasanya kedaluwarsa pada makanan yang disimpan di dalamnya akan menjadi lebih cepat dari keterangan yang ada pada kemasannya.

Jadi, apabila kamu melihat tanggal kedaluwarsa pada kemasan makanan masih jauh, namun makanan sudah tidak segar atau bahkan sudah basi sebelum waktunya, maka kemungkinan pengaturan suhu pada kulkas harus diubah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur suhu pada merek kulkas terbaik dengan tepat, sehingga kesegaran makanan dan minuman di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :