3 Kesalahan Membuat Merek Kulkas Terbaik Anda Cepat Rusak

Rabu 31-07-2024,20:03 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJ A- Salah satu perangkat rumah tangga yang sangat penting untuk menjaga kesegaran bahan makanan adalah merek kulkas terbaik. Selain menjaga makanan, memiliki kulkas di rumah juga sangat membantu kebutuhan sehari – hari.

Merek kulkas terbaik juga seringkali mengalami kerusakan, seperti lampu yang mati, suara berisik, hingga tidak dingin. Ini akan mengganggu ke bahan makanan anda karena kesegarannya berkurang.

Kerusakan pada merek kulkas terbaik memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Penyebabnya juga ada dari beberapa faktor, dan bisa jadi karena penggunaan anda yang menyebabkan kerusakan kulkas.

Oleh karena itu anda perlu mempelajari faktor yang menyebabkan kulkas menjadi cepat rusak. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan merek kulkas terbak cepat rusak.

1. Pintu Kulkas Terbuka Terlalu Lama

Hal ini mungkin kelihatannya sepele, namun akan berdampak pada kinerja kulkas anda dan mempercepat kerusakan. Setiap pintu kulkas terbuka, maka terjadi pertukaran udara panas dan dingin akibatnya suhu di dalam kulkas akan meningkat.

BACA JUGA : Review Lengkap Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Toshiba GR B251SP: Kapasitas Besar Fitur Menarik

Untuk mengembalikan suhu sebelumnya, maka kulkas akan bekerja lebih keras dan lebih lama. Ini akan mengakibatkan keausan pada komponen kulkas seperti kompresor dan motor kipas, ini akan berdampak pada usia kulkas yang semakin menurun.

Untuk menghindari permasalahan pada kulkas akibat sering membuka pintu, ada beberapa solusi yang bisa anda terapkan. Pertama, sebelum membuka kulkas pastikan anda sudah mengetahui apa yang akan anda cari di dalam kulkas.

Sehingga anda tidak akan bolak – balik membuka dan menutup pintu kulkas terlalu sering. Kedua, ketika anda sedang membersihkan kulkas keluarkan dahulu semua bahan makanan dan minuman dengan bertahap agar pintu kulkas tidak terbuka dalam waktu yang lama.

Dengan membiasakan hal baik ini maka kulkas akan beroperasi tetap stabil, efisien, juga tahan lama. Dan yang terpenting adalah menghindari kerusakan dini yang bisa terjadi kapan saja. 

2. Suhu Kulkas yang Tidak Tepat

Hampir setiap merek kulkas memiliki suhu ideal yang direkomendasikan agar pendinginan tetap stabil. Jika mengatur suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, anda akan memaksa sistem pendingin bekerja terlalu keras untuk mencapai suhu tersebut.

Komponen juga akan mengalami keausan lebih cepat akibat beban kerja yang terlalu berat. Jadi anda harus mempelajari petunjuk penggunaan pada kulkas dengan detail, dengan begitu merek kulkas terbaik akan terhindar dari permasalahan.

Kategori :