Berikut Cara Kerja, Fungsi Dan Tips Merawat Kompresor Merek AC Terbaikmu

Rabu 31-07-2024,18:02 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kehidupan masyarakat saat ini di kota-kota yang besar tentu tidak dapat terlepas dari manfaat merek AC terbaik sebagai alat elektronik pendingin ruangan di dalam rumah.

Cuaca yang panas yang mendominasi pada lingkungan perkotaan memang sering membuat suasana ruangan di dalam rumah menjadi kurang nyaman, sehingga memerlukan merek AC terbaik sepanjang hari.

Apabila kamu termasuk orang yang memakai merek AC terbaik setiap hari, maka alangkah baiknya kamu  mengenali apa saja komponen pada AC dan prinsip kerja AC agar dapat melakukan perawatan dengan efektif.

Salah satu komponen pada merek AC terbaik yang penting yang keadaannya harus dijaga dengan baik yaitu kompresor AC. Secara garis besar, cara kerja dari kompresor AC di rumah sama dengan jenis AC yang lainnya.

Kompresor merek AC terbaik yaitu sebuah komponen yang memiliki peran paling penting pada AC yang bisa kita disebut sebagai power unit. Prinsip kerja pada kompresor AC bisa diibaratkan seperti jantung yang memompa freon (refrigerant) untuk membuat udara dalam ruangan jadi dingin.

 BACA JUGA : Tips Menyimpan Daging Dan Ikan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Chest Freezer

Fungsi kompresor AC :

- Bak penampungan: Untuk menampung minyak pelumas khusus yang ada pada AC.

- Katup penghisap: terbuat dari baja yang khusus berguna sebagai pintu untuk aktivitas keluar masuk uap refrigerant ke silinder. Fungsi katup ini sangat berpengaruh pada daya hisap dari kompresor AC terhadap udara.

- Katup pembuangan: Katup pembuangan terbuat dari baja khusus dan berfungsi untuk membuang seluruh gas yang ada dari dalam ruang torak atau silinder.

- Katup servis: berguna untuk memperbaiki sistem pendinginan apabila ada masalah di AC. Pengecekan pada katup servis bisa dilakukan untuk menguji kualitas kinerja dari kompresor AC.

Cara Kerja Kompresor merek AC terbaik di rumah :

Saat AC dinyalakan, maka kompresor akan mulai untuk memompa freon dalam bentuk yang cair dari unit luar (kondensor) menuju ke unit dalam (evaporator).

Panas yang diserap dari dalam ruangan akan membuat freon berubah dari cair jadi uap. Lalu uap panas tersebut akan terkumpul hingga mencapai batas tertentu kemudian menuju pada kompresor.

BACA JUGA : Servis AC di Rumah, Ketahui Permasalahan Pada Merek AC Terbaik

Saat freon telah kembali ke unit luar, maka kompresor akan kembali untuk menghisap freon yang akan diubah lagi menjadi uap yang super panas.

Uap tersebut nantinya akan kehilangan panasnya karena sudah berpindah ke udara di luar yang lebih dingin. Hal itu yang menyebabkan hembusan angin di unit luar AC rasanya seperti hawa yang panas.

Keadaan hilangnya hawa panas tersebut akan membuat freon jadi berubah ke cair lagi. Proses itu akan terus dilakukan secara berulang kali oleh kompresor sampai udara yang ada di dalam ruangan mencapai suhu sesuai dengan keinginan.

 BACA JUGA : Rekomendasi Merek AC Terbaik AQUA Berkualitas Sesuai Kebutuhan Penggunanya

Tips merawat merek AC terbaik agar kompresornya awet :

1. Hindari me nyetel  suhu AC di bawah 22 derajat celcius

Kompresor AC perlu bekerja secara ekstra keras ketika akan mendinginkan ruangan apabila kamu menetapkan suhu terlalu rendah, apalagi bila suhunya mencapai 16 derajat celcius.

Apabila hal itu terjadi secara terus menerus, maka akan membuat usia pakai kompresor cepat berkurang dan cepat rusak.

2. Berikan  jeda waktu sebelum A C  dinyalakan  kembali

Salah menekan remote AC biasanya membuat orang jadi refleks kembali menekan remote tersebut, misal saat tidak sengaja mematikan AC. Sebaiknya apabila kamu tidak terburu-buru dalam menekan remote AC, karena oli kompresor dan gas freon membutuhkan waktu untuk kembali menuju ke kompresor.

Menyalakan dan mematikan AC dengan berturut-turut bisa membuat kacau sistem kerja kompresor AC. Maka dari itu, beri jeda waktu kurang lebih selama 2 menit sebelum kamu kembali menghidupkan AC dengan melalui remote.

3. Lakukan proses cuci AC dengan  rutin

Waktu yang ideal untuk mencuci AC antara 3 sampai 4 bulan sekali. Jangan kamu biarkan AC terlalu kotor karena bisa membebani kinerja kompresornya untuk mendinginkan ruangan.

Alangkah baiknya proses pencucian pada AC bersamaan dengan pemeriksaan freon supaya teknisi profesionald dapat menambahkan freon apabila keadaan freon sudah di bawah batas tekanan yang normal.

BACA JUGA : Jangan Salah Pasang, Posisi Yang Benar Untuk Merek AC Terbaik Anda

4. Bersihkan filter AC dengan  teratur

 Kamu juga perlu menjaga kebersihan pada filter AC dengan seksama. Uspayakan mencuci filter AC 2 minggu sekali agar kinerja kompresor lebih ringan. Proses pencucian filter AC sangat praktis sehingga kamu dapat melakukannya sendiri tanpa dibantu oleh teknisi.

Itulah beberapa cara kerja, fungsi dan beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam merawat kompresor merek AC terbaik di rumah. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :