4 Cara Mengatasi Kendala Merek Kulkas Terbaik Side by Side

Minggu 28-07-2024,19:54 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik side by side merupakan peralatan yang sering digunakan di dalam rumah tangga. Jenis kulkas ini merupakan jenis kulkas yang banyak dipilih oleh para penggunanya.

Hal itu karena merek kulkas terbaik side by side mempunyai banyak kelebihan seperti kapasitas di dalam kulkas yang cukup besar sehingga bisa untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan dan minuman menjadi daya tarik utamanya.

Tetapi sebagai alat elektronik. Tidak jarang juga jika merek kulkas terbaik side by side mengalami berbagai macam kendala seperti tidak bisa dingin, freon mengalami habis, bunga es yang sudah terlalu tebal dan kendala lainnya.

Apabila muncul masalah seperti itu, maka tentu akan membuat bahan makanan yang tersimpan di dalam merek kulkas terbaik jadi tidak segar dan akhirnya tidak bisa dipakai dan dikonsumsi.

BACA JUGA : Pintu Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Tertutup Rapat, Simak Cara Memperbaikinya Disini

Berikut cara mengatasi kendala yang umum terjadi pada merek kulkas terbaik Side by Side :

1.  Kulkas  tidak dingin

Terdapat beberapa hal yang jadi penyebab kulkas jadi tidak bisa dingin. Beberapa penyebabnya yaitu karena kabel listrik yang copot atau kendor, tegangan listrik tidak bisa stabil, Sikring MCB mengalami turun dan mungkin karena pengaturan suhu yang sedang ada di posisi off.

Cara mengatasinya yaitu pastikan aliran listrik pada kulkas apakah sudah terpasang secara benar atau belum.

Dan juga pastikan tidak terdapat masalah di sepanjang aliran listrik dari kabel listrik sampai sikring MCB.

Apabila masalah tersebut ada pada kabel listrik atau MCB maka alangkah baiknya kamu ganti dengan yang baru supaya bisa tetap berfungsi dengan baik.

Hal ini cukup penting karena alat elektronik bergantung kepada listrik. Apabila terjadi sebuah masalah, maka akan sangat rentan berpengaruh terhadap fungsi kulkas itu sendiri.

BACA JUGA : Mengulik Merek Kulkas Terbaik Side by Side Midea: Inovasi dan Kualitas Dapur Masa Kini

Kulkas dengan pendinginan yang kondisinya baik bisa mempertahankan kualitas dari bahan makanan dengan lebih lama.

2. Kulka s berbunyi berisik

Timbulnya suara-suara yang berisik tentu akan cukup menggangu dan mengkhawatirkan bagi pemilik kulkas. Selain menghasilkan suara yang cukup bising, kemungkinan juga akan terjadi kerusakan lebih parah.

Biasanya suara berisik pada kulkas bisa muncul akibat dari beberapa hal seperti kulkas diletakkan di permukaan tidak rata sehingga membuat kerja kompresornya jadi lebih berat dari biasanya ditempatkan di tempat rata.

Kemungkinan yang lainnya yaitu kulkas ditempatkan di tempat yang terlalu dekat dengan benda disekitarnya yang membuat suara dari kompresor memantul ke tembok yang ada disekelilingnya.

Solusinya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meletakkan kulkas di tempat yang mempunyai permukaan yang rata dan tempat tersebut tidak terlalu rapat dengan tembok yang ada disekitar kulkas. Dengan begitu maka akan mengurangi suara brisik tersebut yang dihasilkan dari kompresor kulkas.

BACA JUGA : 4 Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dari Jamur Membandel

3. Terdapat tetesan air dari dalam kulkas

Tetesan air yang muncul dari dalam kulkas sering terjadi dan membuat khawatir bagi pemilik kulkas apakah kulkas sedang ada kerusakan atau tidak.

Terdapat beberapa hal yang jadi penyebabnya diantaranya yaitu seperti menaruh kulkas di tempat yang lembab dan basah, atau bisa disebabkan karena makanan yang bersuhu panas yang ditaruh di dalam kulkas.

Hal ini cukup membahayakan bagi kulkas, karena bisa merusak saluran pendingin yang terdapat di dalam kulkas.

Sebaiknya kamu hindari meletakkan kulkas di daerah lembab dan menaruh masakan panas dalam kulkas supaya kulkas tidak mengeluarkan cairan seperti embun dari dalam kulkas.

Pastikan juga kamu selalu menutupdengan rapat pintu kulkas tiap setelah menggunakannya.

4. Bodi kulkas  merambat listrik

Jika kamu pernah merasakan tersengat listrik saat menyentuh kulkas mungkin hal itu terjadi karena terdapat masalah di aliran listriknya.

Kemungkinan yang paling terjadi yaitu kabel listrik biasanya sudah terkelupas sehingga membuat aliran listrik tidak bisa terinduksi dengan baik dan mengakibatkan listrik jadi merambat ke bodi kulkas.

BACA JUGA : Efisien Hemat Ruang, Berikut 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Mini, Fiturnya Nggak Kaleng-Kaleng

Untuk menghindari hal itu terjadi, maka kamu bisa lakukan pemeriksaan secara berkala pada kabel listriknya. Kemungkinan besar terkelupasnya kabel listrik karena korsleting dan gigitan hewan tikus.

Apabila terdapat kabel yang terkelupas sebaiknya kamu segera ganti kabel kulkas untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala pada merek kulkas terbaik side by side. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :