Sederet Manfaat Penting Membersihkan Merek AC Terbaik Secara Rutin, Perlu Diketahui

Sabtu 27-07-2024,15:24 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Bunyi Berisik, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

4. Meningkatkan Kualitas Udara

AC bukan hanya untuk mendinginkan ruangan saja di dalam rumah, tetapi AC juga bisa membantu menjaga sirkulasi udara di dalam rumah supaya lebih bersih dan tetap sehat.

Pendingin ruangan yang kotor bisa membuat bakteri, jamur, dan kuman berkembang biak. Hal tersebut tentu bisa membuat aliran udara tercemar dan berdampak buruk pada sistem pernapasan.

5. Lingkungan Jadi Lebih Sehat

Jika kamu rutin membersihkan unit AC, maka bisa membuat lingkungan disekitar menjadi lebih sehat. 

Hal ini karena pendingin ruangan akan mengalirkan dan menyaring udara ke dalam ruangan tanpa terkontaminasi oleh kotoran atau debu yang ada di dalam.

Sehingga kamu dan keluarga bisa menghirup udara yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang mungkin bisa menyerang pernapasan.

BACA JUGA : 7 Tips Membuat Merek AC Terbaik Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

6. Bisa Menekan Tagihan Listrik

Seperti diketahui, merek AC terbaik menjadi bagian alat elektronik yang cukup besar dalam konsumsi listriknya. 

Unit AC yang penuh kotoran dan tidak dibersihkan sesuai dengan waktu yang ditentukan bisa mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Pasalnya, AC dipaksa untuk tetap bekerja lebih keras dalam memberikan pendinginan di dalam ruangan.

Dengan rutin membersihkan AC, kamu dapat mengurangi unit AC untuk bekerja lebih keras, sehingga kamu juga bisa menghemat tagihan listrik bulanan.

7. Mencegah Timbulnya Rembesan Air Buangan AC

Jika pendingin ruangan kamu tidak rutin dibersihkan dan debu semakin menumpuk di dalamnya akan memicu timbulnya lumut pada bagian saluran pembuangan airnya.

Lumut inilah yang dapat menyumbat saluran pembuangan air AC, sehingga menjadi tidak lancar dan yang terjadi air akan merembes atau menetes di bagian unit indoor AC.

Kategori :