4 Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Dari Jamur Membandel

Sabtu 27-07-2024,15:33 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Karena merek kulkas terbaik merupakan alat elektronik yang dipakai sehari-hari, sehingga sering lupa untuk dilakukan pembersihkan. Akibatnya terdapat banyak kotoran dari sisa makanan maupun minuman yang disimpan keluar masuk silih berganti ke dalam kulkas.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan perawatan atau pembersihan supaya merek kulkas terbaik kondisinya tetap bersih dan bebas dari jamur yang membandel. Hal ini perlu dilakukan karena kulkas yang kotor bisa memberikan banyak dampak yang negatif bagi orang yang memakainya, seperti jamur, bakteri, dan virus.

Dengan cara membersihkan merek kulkas terbaik, maka bisa mengurangi risiko tersebut. Terdapat banyak kuman dan bakteri yang dapat menempel di kulkas yang jarang dibersihkan atau bahkan kulkas yang tidak pernah dilakukan pembersihan.

Selain bahaya untuk kesehatan, kulkas juga tidak akan awet dan bisa cepat rusaknya. Berikut ini beberapa dampak yang mungkin akan timbul jika merek kulkas terbaik tidak dirawat dan jarang dibersihkan.

BACA JUGA : Biang Kerok Penyebab Pintu Merek Kulkas Terbaik Tidak Rapat Ketika Ditutup

1. Jamur Pada Laci dan Rak Kulkas

Hal ini bisa timbul di kulkas yang tidak pernah sama sekali dibersihkan. Apalagi jika pendingin ruangan selalu penuhi untuk menyimpan berbagai macam makanan yang teksturnya basah seperti sayuran dan daging.

Dengan begitu, makanan itu akan menghasilkan sisa-sisa yang bisa mengotori laci dan rak kulkas. Karena udaranya dingin dan lembab, maka laci dan rak kulkas bisa berjamur dan membuat makanan yang tersimpan didalamnya jadi cepat busuk lalu akhirnya tidak dapat dikonsumsi.

2. Jadi Mudah Berkarat

Sengan begitu, akan membuat komponen yang ada di bagian dalam kulkas jadi rentan berkarat. Khususnya yang memakai bahan Alumunium.

Selain itu, Apabila makanan yang disimpan dalam kulkas sudah terkontaminasi atau terpapar karat tersebut, maka hal itu akan sangat membahayakan untuk kesehatan.

Bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit yang nanti akan diderita oleh tubuh seperti tetanus atau bisa mengakibatkan keracunan.

3. Aroma Tidak Sedap

Saat kamu menyimpan makanan, udara di dalam kulkas yang lembab akan bercampur dengan kotoran bekas dari makanan tersebut. Hal ini tentu akan mengakibatkan aroma tidak sedap untuk bahan makanan tersebut.

BACA JUGA : Dijamin Awet, Berikut Cara Menyimpan Tempe Dalam Merek Kulkas Terbaik

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kulkas kamu. Ada banyak kuman, noda, bakteri dan jamur membandel yang sering menempel pada kulkas kamu.

Berikut merupakan cara yang ampuh untuk membersihkan merek kulkas terbaik supaya bebas dari jamur :

1. Kosongkan Isi Kulkas

Selain untuk memudahkan, hal ini juga akan membantu kamu mengetahui pada bagian mana saja yang kondisinya paling kotor dan bisa untuk dibersihkan.

Untuk di bagian freezer kulkas bisa terlebih dahulu dilakukan pembersihan supaya es yang ada di dalamnya bisa cepat mencair dan mudah untuk dibersihkan.

2. Gunakan Cairan Yang Aman

Jangan sampai kamu pakai cairan atau sabun yang memiliki kandungan zat-zat yang berbahaya saat kamu membersihkan kulkas.

Hal ini dikarenakan zat kimia yang berbahaya tersebut bisa berpotensi untuk terpapar pada makanan yang disimpan di dalam kulkas dan membahayakan bagi kesehatan.

3. Gunakan Lap Yang Halus

Kemudian kamu bisa pakai lap yang halus supaya tidak merusak komponen di bagian dalam kulkas. Jangan pakai handuk yang kasar ataupun lap kotor, karena bisa membuat kulkas jadi tidak higienis.

4. Gunakan Cuka Jika  Ada Karat

Apabila terdapat karat di bagian kulkas kamu, kamu tidak usah khawatir. Meski hal itu berbahaya, kamu bisa membersihkannya dengan cara yang sederhana, yaitu bisa menggunakan bahan cuka. Caranya :

BACA JUGA : 6 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berair Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

- Tuangkan cuka putih ke dalam wadah

- Oleskan cuka secukupnya menggunakan kuas atau kain halus di bagian yang ada jamurnya

- Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit

- Lap karat tersebut menggunakan lap yang basah, lalu lanjutkan menggunakan lap yang kering hingga karatnya hilang

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek kulkas terbaik dari jamur yang membandel. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :