Cara Mengatasi Lampu Merek Kulkas Terbaik Yang Mati, Ini Penyebabnya

Sabtu 27-07-2024,11:56 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik yang dirawat dengan baik dan rajin untuk dibersihkan biasanya akan lebih awet. Salah satu ciri bahwa kulkas kamu awet di antaranya yaitu jarang ada masalah dan fungsi pendinginannya bisa terus bekerja dengan baik.

Ketika lampu merek kulkas terbaik kamu tiba-tiba mati, itu tandanya ada masalah pada kulkas kamu. Hal itu karena ada berbagai macam penyebab dari lampu kulkas yang mati. Sebagian penyebabnya berhubungan dengan fungsi pada komponen kulkas, tetapi juga ada sebagian tidak ada hubungannya dengan itu.

Lampu merek kulkas terbaik dirancang untuk menyala ketika pintu kulkas sedang dibuka dan lampu tersebut akan padam ketika pintu kulkas ditutup. Hal ini bertujuan supaya hemat listrik dan untuk menjaga proses pendinginan di dalam kulkas.

Lampu merek kulkas terbaik ternyata juga dapat menjadi indikator kulkas kamu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Ketika lampu kulkas mati, bisa jadi terdapat komponen lain yang mengalami masalah yang mengakibatkan kulkas jadi tidak dingin. Selain itu, bisa juga hanya bola lampu kulkas yang rusak sehingga tidak akan mengganggu proses pendinginan kulkas.

BACA JUGA : Bahaya Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaik Jika Dibiarkan

Berikut penyebab lampu merek kulkas terbaik mati beserta cara memperbaikinya :

1. Kabel kulkas longgar

Kabel kulkas kamu mungkin tidak sengaja tersenggol sehingga membuatnya tidak menancap secara sempurna pada sumber listrik.

Selain itu, bisa jadi karena kabel sudah menancap dengan teppat, tetapi ternyata stopkontaknyayang bermasalah sehingga membuat listrik tidak dapat mengalir ke kulkas.

Cara memperbaikinya : Ganti stop kontak yang baru.

2. Kabel kulkas rusak

Biasanya kabel kulkas mengalami kerusakan akibat dari digigit tikus atau kabel tembaga ynag ada di dalamnya mengalami korosi.

Cara memperbaikinya : Ganti kabel dengan yang baru.

3. Lampu kulkas terbakar

Kamu dapat memeriksa lampu kulkas apakah terbakar atau tidak dengan cara lepaskan lampu kulkas dari tempatnya caranya dengan diputar. Kawat pijar yang ada dalam lampu kulkas yang terbakar warna akan hitam atau putus.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik 2024 dengan Teknologi Canggih Mudahkan Kehidupan Anda

Cara memperbaikinya : Ganti lampu yang baru.

4. Switch door kotor atau macet

Cara untuk mengecek keadaan switch door ayaitu dengan membuka pintu kulkas kemudian tekan tuas switch door. Jika lampu kulkas tidak padam, maka kemungkinan switch door sedang bermasalah.

Cara memperbaikinya : Tekan kemudian lepas switch door, lakukan beberapa kali untuk melihat reaksi dari lampu kulkas kamu.

Apabila area di sekitar switch door tampak kotor, harus segera kamu bersihkan. Tetapi jika switch door ternyata mengalami rusak, maka harus diganti dengan switch door yang baru.

5. Relay rusak

Penyebab lampu kulkas mati lainnya yaitu relay yang sudah rusak. Relay ada di dalam kompresor. Kamu dapat memakai obeng untuk membuka penutup pada bagian samping kompresor kemudian cabut relay-nya. Goyangkan relay beberapa saat. apabila terdengar suara yang aneh, itu berarti komponen tersebut telah rusak.

Cara memperbaikinya : Ganti relay yang baru.

BACA JUGA : Apakah Normal Merek Kulkas Terbaik Kadang Bunyi Kadang Tidak

6. Kompresor bermasalah

Kompresor ada di bawah belakang kulkas. Sentuh tabung kompresor untuk memeriksa apakah terdapat getaran atau tidak ada.

Apabila kamu masih dapat merasakan getaran, itu menandakan bahwa kompresor bekerja dengan baik.

Tetapi apabila kamu tidak merasakan getaran, itu berarti kompresor sedang bermasalah dan jadi penyebab dari lampu kulkas mati.

Cara memperbaikinya : Panggil teknisi untuk mengatasi motor kompresor.

7. Korsleting

Korsleting merupakan putusnya arus listrik, termasuk juga arus listrik pada kulkas. Setelah terjadi korsleting, kulkas biasanya akan mati karena sirkuit yang ada di dalam kulkas sudah terputus.

Cara memperbaikinya : Panggil teknisi untuk menmeriksa keadaan kulkas secara keseluruhan.

Itulah beberapa penyebab beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi lampu merek kulkas terbaik yang mati. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :