Penyebab dan Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Mengeluarkan Bunga Es, Cek Disini

Jumat 26-07-2024,20:22 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

Penyumbatan pipa kapiler juga dapat menyebabkan AC mengeluarkan bunga es. Ini terjadi karena jumlah freon yang masuk ke evaporator berkurang, sehingga unit indoor AC menghasilkan bunga es.

Jika pipa kapiler mengalami penyumbatan total, AC tidak akan mampu menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan sama sekali.

5. Kipas Unit Indoor Mati

Masalah lain yang dapat menyebabkan munculnya bunga es pada merek AC terbaik adalah matinya kipas unit indoor. Kipas yang tidak berfungsi karena kerusakan atau terhalang oleh kotoran dapat mengakibatkan AC mengeluarkan gumpalan bunga es dalam jumlah yang signifikan.

Cara Mengatasi AC Keluar Bunga Es

1. Membersihkan Evaporator dari Oli dan Kotoran Lainnya

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi AC yang mengeluarkan bunga es adalah dengan membersihkan evaporator jika penyebabnya adalah kotoran pada bagian tersebut. Lakukan pembersihan secara menyeluruh untuk menghilangkan sumbatan kotoran atau oli.

BACA JUGA : Panduan Cara Mengatur Suhu Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Polytron Dengan Benar

Pastikan pembersihan dilakukan dengan hati-hati agar kemampuan evaporator dalam menyerap panas dapat kembali optimal.

2. Mengganti Pipa Kapiler

Salah satu tanda AC mengeluarkan bunga es akibat penyumbatan pipa kapiler adalah adanya arus listrik yang tinggi namun tekanan refrigeran yang rendah. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera mengganti pipa kapiler untuk memperbaiki masalah pada AC dengan cepat.

3. Menambah Freon AC

Kemunculan bunga es pada merek AC terbaik akibat berkurangnya jumlah freon dapat diatasi dengan menambah freon ke sistem AC.

Penyedia jasa servis AC biasanya akan menambahkan freon dan memeriksa tekanannya untuk memastikan kondisi stabil yang tepat agar AC dapat mendinginkan ruangan dengan efektif.

4. Memperbaiki Kerusakan Blower

Blower adalah salah satu komponen yang perlu diperiksa dengan teliti jika AC mengeluarkan bunga es. Jika AC mengalami masalah akibat matinya blower, segera perbaiki untuk memastikan AC dapat berfungsi dengan baik kembali.

Kategori :