Dijamin Awet, Berikut Cara Menyimpan Tempe Dalam Merek Kulkas Terbaik

Jumat 26-07-2024,18:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA -  Harga tempe yang murah dan mudah untuk diolah menjadi daya tarik tersendiri dari tempe. Supaya tempe kamu di rumah bisa lebih awet, kamu bisa lakukan cara untuk menyimpan tempe kamu di dalam merek kulkas terbaik dengan tepat.

Meski tempe mudah diolah, kamu harus tetap aware dengan cara penyimpanan tempe di merek kulkas terbaik karena tempe merupakan olahan kacang kedelai yang mudah untuk membusuk.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Freezer Yang Salah Dan Membuat Merek Kulkas Terbaik Cepat Rusak

Beberapa hal yang menandakan bahwa tempe kamu telah busuk dan tidak layak untuk dikonsumsi jika tidak disimpan dalam merek kulkas terbaik yaitu diantaranya seperti :

1. Perubahan Warna

Jika tidak tersimpan dalam merek kulkas terbaik, Tempe yang sering kita jumpai biasanya memiliki warna putih dan ada biji kedelai di dalamnya. Untuk tempe yang sudah busuk dapat dilihat dari warnanya. Pada umumnya warna tempe yang telah membusuk akan berubah jadi berwarna kecoklatan atau berwarna kehitaman.

2. Aroma yang Menyengat

Tempe yang memiliki kualitas yang bagus tidak mempunyai aroma yang khusus. Saat tempe telah mengalami proses pembusukan, maka akam timbul aroma yang menyengat dan akan tercium di tempe karena bakteri atau jamur yang telah berkembang.

Meski tempe memang sudah melalui proses fermentasi dengan bantuan mikro organisme, namun jika kualitas tempe memang masih baik, maka tempe tidak akan mengeluarkan aroma yang menyengat.

3. Mengeluarkan Lendir

Jika kamu menjumpai tempe dengan kondisi sudah mengeluarkan lendir, maka jangan kamu konsumsi, karena tempe yang basah dan keluar lendir dikhawatirkan mempunyai bakteri yang dapat berdampak bagi kesehatan dan pada sistem pencernaan.

4. Berubah Tekstur

Kamu dapat memperhatikan tempe dari segi teksturnya. Tempe yang memiliki kualitas yang baik tidak akan mudah untuk patah, sedangkan untuk tempe yang telah membusuk mempunyai tekstur yang gampang hancur dan cepat patahnya.

BACA JUGA : Akibat Pintu Merek Kulkas Terbaik Tidak Tertutup Rapat, Bisa Timbulkan Hal Ini

Berikut cara menyimpan tempe di merek kulkas terbaik agar awet :

1. Pilih Tempe Berkualitas Baik

Ketika kamu membeli tempe, pilih tempe yang kualitasnya baik. Kamu dapat melihatnya dari warna, tekstur, aroma dan penampilannya.

Pilihlah tempe yang warnanya putih dengan baru harum khas fermentasi. Kemudian coba kamu tekan secara perlahan untuk melihat apakah tempe masih mempunyai tekstur yang baik atau tidak.

 2. Tentukan Waktu Pengolahan

Setelah kamu memilih tempe dengan kualitas yang terbaik, kamu harus tentukan kapan tempe tersebut akan kamu masak.

Tempe yang telah disimpan dalam kulkas sebaiknya kamu konsumsi dalam jangka 2 hari, sebab tempe akan terus mengalami proses fermentasi jika tempe belum diolah.

3. Gunakan Wadah Tertutup

Tempe dijual pada umumnya diselimuti oleh daun pisang ataupun diselimuti plastik. Sebenarnya tidak ada masalah dari kedua wadah tersebut, tetapi agar kebersihan tetap terjaga dan menghindari dari kontaminasi, sebaiknya tempe kamu simpan menggunakan plastik wrap atau menggunakan wadah yang tertutup.

BACA JUGA : B iang Kerok Penyebab Pintu Merek Kulkas Terbaik Tidak Rapat Ketika Ditutup

4. Jangan Simpan di Freezer

Alangkah lebih baik tempe disimpan pada chiller dan jangan simpan tempe di dalam freezer. Hal ini karena saat tempe disimpan dalam freezer, maka tempe akan mengalami beberapa perubahan. Misal perubahan warna tempe akan berubah jadi berwarna kehitaman dan jadi sedikit busuk.

Oleh karena itu, menyimpan tempe di dalam chiller atau kulkas biasa merupakan pilihan yang tepat. Kamu juga tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengolah tempe yang baru saja kamu keluarkan dari dalam chiller.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan tempe di dalam merek kulkas terbaik agar lebih awet. Semoga bermanfaat! (*) 

Kategori :