Apakah Normal Merek Kulkas Terbaik Kadang Bunyi Kadang Tidak

Jumat 26-07-2024,10:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Saat suhu merek kulkas terbaik telah menjadi dingin dan stabil, maka termostat akan memutuskan arus listrik yang mengarah ke kompresor. Keadaan tersebut membuat kompresor jadi berhenti untuk berputar dan dengungan dari kulkas tidak akan terdengar.

Siklus kinerja kompresor merek kulkas terbaik ini biasanya berlangsung tiap 6 hsampai 9 jam. Sedangkan peningkatan suhu di bagian dalam kulkas akan membuat termostat menyalurkan listrik pada kompresor sehingga kompresor bisa menghisap dan akan mengalirkan gas freon ke pipa pendingin.

Selain pada kompresor, rotasi kipas pada evaporator juga dapat menjadi sumber bunyi kulkas. Saat kamu membuka pintu freezer merek kulkas terbaik 2 pintu, maka kipas evaporator akan berputar kembali dan menimbulkan bunyi apabila kamu sudah menutup pintu freezer.

Bunyi yang berasal dari merek kulkas terbaik dengan jeda dan intensitas yang berbeda dari seharusnya, itu berarti tanda bahwa ada masalah dengan sistem operasi yang ada pada kulkas.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaikmu Berair, Mungkin Ini Penyebabnya

Berikut penyebab merek kulkas terbaik tidak bunyi atau malah terus mengeluarkan bunyi :

1. Tegangan listrik tidak stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil dan cenderung rendah bisa kamu atasi dengan cara memasang stabilizer di kulkas. Jangan sampai masalah ini kamu biarkan terjadi berlarut-larut karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada kompresor kulkas.

2. Kompresor kulkas rusak

Kompresor yaitu elemen yang paling krusial untuk mendukung kinerja pada kulkas. Kerusakan pada kompresor kulkas bukan hanya menghasilkan bunyi berdengung yang mengganggu, tapi juga disertai dengan ciri lainnya seperti kulkas jadi tidak dingin.

3. Komponen overload rusak

Kinerja dari kompresor kulkas ternyata dipengaruhi komponen kulkas sebagai pendeteksi suhu yang dinamakan overload. Ketika suhu kompresor sudah terlalu panas, maka overload akan memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor dengan otomatis.

Apabila komponen overload mengalami kerusakan, maka kemungkinan kompresor akan gampang untuk mengalami overheat atau peningkatan suhu dengan berlebihan sehingga akan jadi lebih cepat untuk rusak. Kerusakan pada overload sering timbul gejala bunyi kompresor yang tersendat-sendat.

BACA JUGA : Panduan Praktis: Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Baru Dengan Benar

4. Kipas evaporator rusak

Kipas evaporator mempunyai fungsi meniupkan udara dingin supaya menyebar dengan merata ke dalam kulkas. Tidah hanya bisa mengalami rusak, kipas evaporator kulkas yang telah dipakai dalam waktu yang lama juga rentan mengalami aus sehingga membuat timbul bunyi bising yang akan sangat mengganggu.

5. Baut yang longgar

Bunyi pada kulkas juga dapat disebabkan karean hal yang sepele seperti baut kompresor longgar. Hal ini tentu tergolong sangat gampang untuk diatasi karena tidak membutuhkan proses servis yang cukup rumit.

6. Pipa yang terhimpit body kulkas

Posisi penempatan kulkas ternyata juga bisa mempengaruhi bunyi yang timbul pada kulkas. Pipa yang terhimpit oleh body kulkas umumnya dapat membuat kulkas keluar bunyi berisik.

Sebaiknya kamu berikan jarak antara dinding dan kulkas sejauh 15 cm - 20 cm agar pipa kulkas tidak terhimpit dan membuat udara panas yang dihasilkan oleh mesin kulkas bisa terbuang secara sempurna.

BACA JUGA:Penyebab Merek Kulkas Terbaik Nyetrum, Begini Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi masalah kulkas yang bunyi atau tidak bunyi, sebaiknya kamu amati intensitas dan jeda dari bunyi kulkas dulu untuk mengidentifikasi bunyi tersebut apakah  normal atau tidak.

Munculnya bunyi pada kulkas yang tidak normal harus segera kamu atasi, caranya dengan minta bantuan ke teknisi yang profesional untuk mengecek keadaan kulkas.

Teknisi biasanya akan mengecek kulkas keseluruhan dan menyarankan untuk melakukan penggantian komponen apabila terdapat komponen yang sudah rusak. Langkah ini harus segera dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan kulkas yang lebih parah.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik yang kadang bunyi kadang tidak beserta cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :