Air AC Sering Menetes, Berikut Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Yang Bocor

Kamis 25-07-2024,19:43 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kehadiran merek AC terbaik dianggap sangat penting di kota-kota yang besar untuk mendinginkan sebuah ruangan, terutama ketika cuacanya sedang panas.

Fungsi vital dari merek AC terbaik membuat kamu harus lebih sigap dalam mengatasi berbagai macam kerusakan yang terjadi pada AC asupaya tidak mengganggu kenyamanan ketika kamu sedang beraktivitas.

Jangan malas kamu malas untuk mempelajari cara mengatasi merek AC terbaik kamu yang bocor agar kamu tidak kewalahan saat menghadapi masalah tersebut.

Kondisi merek AC terbaik yang bocor memang sangat menjengkelkan, apalagi kalau kebocorannya mengenai barang lainnya seperti meja, tempat tidur, ataupun lemari.

BACA JUGA : Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Berikut penyebab kebocoran pada merek AC terbaik :

1. Filter udara tersumbat

Tersumbatnya filter udara akan menghambat aliran udara yang ada pada sistem pendingin. Biasanya masalah ini menyebabkan pembekuan udara sehingga berubah jadi es.

Saat ruangan sudah mulai terasa dingin atau ketika kamu mematikan AC, es yang ada pada filter akan mencair yang membuat timbul masalah kebocoran.

2. Filter AC sangat kotor

Filter yang tersumbat oleh kotoran akan mengakibatkan aliran udara ke evaporator jadi terhambat sehingga terjadilah penurunan suhu. Keadaan penurunan suhu akan membuat kumparan jadi membeku sebab terlalu dingin.

Saat AC mati, maka unit indoor akan berhenti untuk menghasilkan udara ke interior ruangan kamu. Sistem internal yang ada pada AC akan terjadi pemanasan hingga membuat es yang terkumpul mulai mencair dan akan membuatnya bocor.

3. Saluran pembuangan tersumbat

Adanya kotoran yang menumpuk berlebihan pada saluran pembuangan akan membuat aliran air yang keluar dari AC jadi terhambat, sehingga air akan rentan untuk berbalik dan menyebabkan kebocoran.

BACA JUGA : 6 Tips Pasang Merek AC Terbaik Dalam Kamar Tidur, Pasti Aman Terkendali

4. Pemasangan AC kurang tepat

AC yang dipasang dengan posisi yang tidak tepat bisa mengakibatkan risiko kebocoran makin besar. Keaadaan kemiringan pada AC harus benar-benar tepat agar air AC bisa mengalir lancar ke tempat pembuangan yang kamu inginkan.

5. Karat di bagian pembuangan

Komponen pembuangan  AC rentan mengalami karat seiring bertambahnya usia pakai AC. Karat yang sudah menumpuk akan menyumbat di saluran sehingga aliran udara akan terhalang. Apabila hal tersebut terus menerus dibiarkan untuk terjadi, maka AC akan meneteskan air.

6. Malas merawat AC dengan  intensif

Proses cuci AC harus dbersamaan dengan pemngecekan terhadap tiap komponen pada AC. Salah satu komponen yang harus ditinjau secara berkala yaitu coil evaporator. Keadaan koil evaporator yang sudah berkarat bisa menjadi rpenyebab kebocoran.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dan Penyebab Kapasitor Merek AC Terbaik Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Berikut cara mengatasi merek AC terbaik bocor keluar air :

1. Mencuci AC

Pencucian AC harus kamu lakukan dengan segera saat mulai terdapat air yang menetes dari AC kamu. Apabila nanti kamu telah bebas dari masalah AC yang bocor, maka proses pencucian AC harus tetap kamu lakukan dengan rutin tiap 3 sampai 4 bulan satu kali.

Mencuci AC dengan teratur sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan pada AC sekaligus untuk merawat semua komponen yang ada di dalam AC.

2. Memperbaiki posisi AC

Memperbaiki posisi AC apabila terjadi kebocoran yang disebabkan oleh letak AC yang kurang benar. Kemiringan AC harus kamu atur agar air dapat mengalir dengan lancar melalui saluran pembuangan.

3. Mengganti komponen yang rusak

Komponen AC yang sudah rusak diganti dengan komponen baru supaya fungsi AC bisa kembali seperti semula. Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah kerusakan pada AC kamu yang lebih parah dari kebocoran, mungkin kamu sudah saatnya untuk mengganti AC baru yang lebih berkualitas.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi merek AC terbaik yang bocor. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :