Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Tanda Freon Sudah Habis, Simak Tanda Lainnya Disini

Kamis 25-07-2024,18:44 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Peralatan eletronik dalam rumah tangga yang memiliki komponen yang kompleks adalah merek AC terbaik. Salah satu komponennya yaitu freon yang mendukung kinerja dari AC itu sendiri.

Freon pada merek AC terbaik memiliki masa pakai yang panjang, bahkan hingga bertahun-tahun. Namun, jika unit AC tidak terawat dengan baik, bisa saja sistem AC akan mengalami kebocoran yang membuat freon habis.

Apabila freon habis, maka merek AC terbaik di rumah Anda tidak akan dapat bekerja dengan optimal dan tidak berfungsi dengan baik. Dengan demikian, suhu udara yang ada di dalam ruangan tidak dapat diatur tingkat dingin atau panasnya.

BACA JUGA : Ganggu Kesehatan Pengguna, Simak Ciri Freon Merek AC Terbaik Harus segera Diganti

Nah, untuk mengetahui freon pada merek AC terbaik Anda sudah habis, ada beberapa tanda untuk mengetahuinya. Yuk simak informasi detailnya yang ada dibawah ini.

Suhu Ruangan Tidak Dingin

Tanda pertama yang perlu Anda ketahui jika freon pada unit AC sudah habis adalah suhu ruangan tidak dingin. Ketika Anda menyalakan unit AC dalam waktu yang lama namum tidak terasa dingin, maka Anda bisa melakukan pengecekan.

Jika freon pada unit AC sudah dipastikan habis, maka penggunanya sangat dianjurkan untuk tidak menyalakan unit pendingin ruangan secara terus menerus. Hal ini dikarenakan akan memperparah kondisi kerusakan pada unit AC yang Anda mililki.

Lampu Indikator Berkedip

Setiap merek AC terbaik dilengkapi dengan indikator lampu timer yang terletah pada body AC. Lampu indikator tersebut berfungsi sebagai penanda kondisi unit pendingin ruangan.

Apabila lampu indikator pada unit AC Anda berkedip, bisa saja itu terjadi masalah pada AC yang Anda miliki. Kedipanlampu tersebut menjadi sinyal untuk memberitahukan kepada penggunanya untuk segera mengecek apa yang terjadi pada unit AC tersebut.

Lampu indikator yang berkedip juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa freon pada unit pendingin ruangan sudah habis.

BACA JUGA :  Mudah dan Simpel, Berikut Tips Membongkar Merek AC Terbaik Tanpa Membuang Freon

Pipa AC Tidak Dingin

Tanda lainnya ketika freon AC sudah habis adalah pipa AC tidak dingin jika disentuh. Selain itu, pada unit pipa AC juga muncul bunga es sehingga menjadi tanda bahwa tekanan freon pada AC mulai berkurang.

Kategori :