Penyebab Merek Kulkas Terbaik Nyetrum, Begini Cara Mengatasinya

Kamis 25-07-2024,14:16 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Setiap alat elektronik memiliki risiko untuk nyetrum, tidak terkecualipada merek kulkas terbaik. Meskipun masalah kulkas yang nyetrum jarang terjadi, tetapi sebaiknya kamu ketahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab merek kulkas terbaik nyetrum ataupun penyebab freezer box yang nyetrum.

Jika kamu merasakan sensasi kesetrum ketika menyentuh merek kulkas terbaik, kemungkinan besar terdapat salah satu komponennya yang sedang mengalami masalah.

Pada umumnya masalah merek kulkas terbaik nyetrum saat disentuh bisa terjadi pada kulkas yang usia penggunaannya sudah lumayan lama.

Namun terkadang bisa juga hal itu terjadi pada kulkas yang kondisinya masih baru. Sebaiknya kamu mengetahui beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab body merek kulkas terbaik yang nyetrum.

BACA JUGA : Cara Cepat Menghilangkan Bunga Es Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut penyebab merek kulkas terbaik nyetrum ketika disentuh :

1.  Kompresor short body

Kompresor kulkas mempunyai fungsi sebagai penyokong pada sistem pendingin yang ada di kulkas. Kompresor short body merupakan isolasi gulungan yang ada di dalam kompresor sudah mulai mengelupas dan terkena atau menempel di bagian body kompresor.

Sehingga mengakibatkan munculnya arus listrik yang mengalir di body kulkas yang membuat timbul sensasi kesetrum ketika kamu menyentuhnya.

2.  Korsleting pada heater

Heater kulkas mempunyai lilitan kawat yang tahan terhadap panas yang kondisinya terbungkus dengan tabung kaca. Tabung ini dapat mengisolasi arus listrik sehingga membuat tidak nyetrum pada bagian kulkas yang lainnya.

Apabila penyebab kulkas yang nyetrum yaitu ada pada heater yang mengalami korsleting, maka biasanya pada bagian kacanya akan pecah. Kemudian lilitan pada heater pemanas akan menyentuh evaporator atau menyentuh body kulkas.

BACA JUGA : Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Merek Kulkas Terbaik Mati

3.  Kabel colokan terkelupas

Penyebab body kulkas mengalami nyetrum yang lainnya yaitu jika terdapat kabel instalasi yang mengelupas atau apabila ada sambungan kabel yang tidak terisolasi dengan baik.

Sehingga mengakibatkan kabel menempel pada body kulkas dan mengalirkan arus listrik ke permukaan bagian luar kulkas.

Kamu perlu memeriksa keadaan kabel colokan secara berkala. Karena kabel yang mengelupas terkadang terjadi disebabkan oleh gigitan kecoa ataupun tikus.

4.  Kabel grounding putus

Grounding merupakan jalur kabel tersendiri yang terpasang di instalasi listrik rumah ke titik pertanahan atau bumi. Mekanisme tersebut menghindarkan kita dari adanya sengatan listrik saat kita memegang barang elektronik.

Untuk memeriksa kabel grounding apakah mengalami masalah, kamu hanya cukup melihat ke belakang kulkas, tepatnya pada area kompresor kulkas berada. Biasanya kabel grounding memiliki warna kuning dan menempel pada body kulkas.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

Berikut cara mengatasi body merek kulkas terbaik yang nyetrum :

Jika ketika disentuh kulkas kamu terasa nyetrum, itu kulkas kamu bukan berarti telah rusak dan harus ganti dengan kulkas yang baru. Kamu bisa mencoba mengatasinya.

1.  Perbaiki kompresor

Apabila kompresor sudah mengalami short body, maka saatnya harus ganti dengan yang baru.

2.  Pasang grounding

Pasang kabel grounding yang langsung dialirkan ke tanah sehingga kamu akan terlindungi dari risiko terjadinya tersengat listrik.

3.  Ganti kabel

Jika kabel hanya sedikit terkelupas, kamu dapat memperbaikinya dengan mengisolasi di area yang mengelupas tersebut. Tetapi, jika kabel yang menuju ke steker ataupun heater terlihat telah usang atau terkelupasnya sangat parah, harus segera diganti dengan yang baru.

4.  Balik posisi steker

Kamu juga dapat mencoba membalikkan letak dari steker listrik untuk mengatasi masalah pada kulkas kamu yang nyetrum. Misal apabila posisi kepala steker menghadap ke arah atas saat dicolokkan.

Maka kamu harus putar posisinya jadi menghadap ke arah bawah. Cara ini akan membalikkan arus listrik sehingga kamu tidak akan tersengat listrik ketika menyentuh kulkas.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik nyetrum dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :