Akibat Pintu Merek Kulkas Terbaik Tidak Tertutup Rapat, Bisa Timbulkan Hal Ini

Kamis 25-07-2024,10:41 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pintu merek kulkas terbaik yang tidak rapat tidak boleh disepelekan. Karena bisa menimbulkan beberapa bahaya dan kerugian.

Kamu perlu cari tahu cara memperbaiki pintu merek kulkas terbaik yang tidak bisa tertutup rapat supaya kulkas kamu tidak cepat rusak.

Masih banyak orang yang belum paham tentang pentingnya menutup pintu merek kulkas terbaik secara rapat. Misal terkadang membuka pintu kulkas dalam waktu yang terlalu lama karena memerlukan waktu sedikit lama untuk menemukan makanan yang sedang dicari.

Atau kamu tidak menutup pintu merek kulkas terbaik dengan rapat karena kamu mengira pintu kulkas bisa tertutup rapat dengan sendirinya jika dibiarkan.

BACA JUGA : Akibat Merek Kulkas Terbaik Penuh Dengan Makanan

Berikut hal yang terjadi jika pintu merek kulkas terbaik tidak tertutup rapat :

1. Pertumbuhan bakteri di dalam kulkas

Umumnya suhu dalam kulkas ada di bawah 5 derajat Celsius. Suhu ini ditetapkan karena sudah dirancang sedemikian rupa supaya tidak kondusif untuk bakteri tmbuh.

Apabila pintu kulkas tidak rapat, maka bisa membuat suhu di dalam kulkas akan naik atau suhunya menjadi lebih hangat.

Keadaan seperti ini bisa mendorong pertumbuhan mikroorganisme ataupun bakteri, apalagi di area dekat dengan pintu kulkas.

2. Pembusukan makanan akan lebih cepat

BACA JUGA : Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

Bakteri yang membuat makanan membusuk bisa tumbuh di suhu antara 5 derajat celcius dan 57 derajat Celsius. Pintu kulkas yang tidak rapat bisa menaikkan suhu kulkas sehingga akan meningkatkan peluang untuk tumbuhnya bakteri yang bisa mengakibatkan pembusukan pada makanan.

3. Beban listrik jadi berlebih an

Jika suhu dalam kulkas terjaga dengan baik, maka akan membuat kerja mesin kompresor berlangsung  dengan normal, yaitu sesaat kompresor berhenti dan berjalan lagi.

Tetapi apabila pintu kulkas tidak tertutup rapat, maka kinerja kompresor akan terganggu. Kompresor bisa jadi akan terus berjalan dan bekerja dengan lebih berat yang kemudian bisa berefek pada beban listrik yang meningkat.

4. Timbul kerusakan kompresor kulkas

Suhu di dalam kulkas akan meningkat jika pintu kulkas tidak tertutup rapat. Hal ini karena termostat mendapat sinyal masih panas, sehingga kompresor akan menjadi bekerja secara terus menerus sampai menjadi terlalu panas. Hal ini akan mengakibatkan kompresor jebol atau muncul kerusakan di komponen kulkas yang lainnya.

BACA JUGA : Cara Cepat Menghilangkan Bunga Es Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut cara memperbaiki pintu merek kulkas terbaik yang tidak rapat :

Pintu kulkas yang sudah ditutup dengan rapat tapi suhu dalam kulkas lebih hangat dari seharusnya, hal itu bisa jadi tanda ada masalah di karet pintu kulkas.

Fungsi dari karet pintu kulkas salah satunya yaitu sebagai perekat antara pintu dengan body kulkas. Kadang pintu kulkas yang tidak rapat bisa karena karetnya sudah mengeras, bolong, ataupun sudah sobek. Sebaiknya kamu cek kondisi karet pada pintu kulkas kamu.

Jika pintu kulkas ternyata tidak rapat yang diakibatkan dari karet pintu, maka berikut cara memperbaikinya :

1. Gunakan hair dryer

Kamu dapat menggunakan hair dryer untuk membantu agar karet pintu yang sudah keras bisa lunak.

Caranya kamu atur hair dryer kamu di suhu yang panasnya sedang untuk memanaskan semua bagian dari karet pintu kulkas yang keras tersebut dengan merata dan lakukan cara ini sampai karet pintu kulkas jadi lentur.

Tetapi kamu tetap harus hati-hati, jangan sampai karet pintu kulkas malah rusak sebab dari panas hair dryer yang terlalu berlebihan .

2. Ganti lah  karet pintu dengan y ang baru

Apabila karet pintu kulkas tampak sudah bolong, ada lubang ataupun sobek, berarti karet tersebut perlu untuk diganti dengan karet yang baru. Kamu bisa coba menggantinya dengan sendiri atau bisa juga dengan memanggil jasa servis kulkas.

Itulah beberapa hal yang timbul akibat dari pintu merek kulkas terbaik tidak tertutup rapat. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :