Merek Kulkas Terbaikmu Berair, Mungkin Ini Penyebabnya

Kamis 25-07-2024,10:12 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Meskipun suhu dalam kulkas sudah diatur sangat dingin, tetapi keadaan kompartemen kulkas mestinya akan kering. Maka dari itu, jika kamu melihat pada bagian dalam kulkas seperti berair, sebaiknya kamu segera cari tahu apa penyebab merek kulkas terbaikmu berair supaya kamu bisa memperbaiki secara tepat.

Keadaan merek kulkas terbaikmu yang berair sebaiknya jangan disepelekan karena dapat menimbulkan beberapa bahaya, baik itu terjadi pada kulkas atau pun keadaan di sekitarnya. Misalnya, air dari dalam merek kulkas terbaik bisa mengalami kebocoran dan membuat lantai jadi basah, yang bisa berakibat membuat orang jadi terpeleset.

Genangan air dari kebocoran merek kulkas terbaik juga dapat menyebabkan korosi atau karat pada logam. Hal buruk lainnya yang dapat terjadi yaitu kerusakan sirkuit kelistrikan di dalam merek kulkas terbaik.

BACA JUGA : Akibat Merek Kulkas Terbaik Penuh Dengan Makanan

Berikut beberapa penyebab merek kulkas terbaikmu berair terus beserta cara mengatasinya :

1.  Saluran pembuangan air tersumbat

Masalah ini dapat terjadi pada kulkas yang digunakan sudah cukup lama. Tidak jarang, di dalam pipa penuh dengan kerak dan kotoran sehingga mengakibatkan saluran menjadi tersumbat.

Akibatnya, aliran air dari freezer tidak bisa lancar atau tersumbat. Air juga akan meluber dan menggenang pada bagian ruang pendingin pada kulkas, terutama pada bagian laci bawah.

Cara mengatasi : Lepaskan pipa pada saluran pembuangan air, kemudian bersihkan di bagian dalam pipa tersebut dengan cara mendorong kotoran yang menyumbat pada pipa. Kemudian bersihkan pipa dengan air yang bersih.

2.  Pintu freezer terbuka

Pintu freezer yang terbuka membuat udara dingin di dalamnya jadi keluar. Kompartemen es akan nempel ke salju dan mencair sehingga berakibat pada air jadi tumpah dan kapasitas pada pendinginan freezer kulkas berkurang.

Cara mengatasi: Cek sistem pemanas pada kulkas, kemudian sesuaikan tingkatan panasnya dengan rekomendasi. Jangan lupa untuk mengatur posisi makanan secara tepat, misal tidak memasukkan makanan terlalu banyak ke dalam freezer.

3.  Wadah penampung air pada kulkas rusak

BACA JUGA : Tips Aman Matikan Merek Kulkas Terbaik, Cocok untuk Kamu Sering Keluar Rumah

Pada normalnya air yang berasal dari kulkas akan ditampung di panci yang ada di bawah kulkas. Air tersebut akan menguap dengan sendirinya alias tidak mengalir sampai ke lantai.

Seharusnya panci ini tidak gampang untuk berlubang atau mengalami retak. Tetapi, terkadang masalah tersebut bisa saja terjadi sehingga menyebabkan kulkas jadi berair terus.

Cara mengatasi : Cek wadah penampung air apakah rusak. Kisi-kisi atau pelat dari  depan bagian bawah kulkas kamu lepaskan. Cari wadah atau panci berukuran besar dan datar pada bagian bawah kulkas, kemudian keluarkan dengan hati-hati.

Cek apakah terdapat kerusakan. Apabila memang ada kerusakan, segera beli untuk penggantinya yang serupa.

4.  Sistem ventilasi kulkas tertutup

Penyebab dari masalah ini biasanya karena terlalu banyak bahan makanan yang kamu simpan dalam kulkas. Sehingga sistem pendingin menjadi terhalang dan membuat kulkas jadi tidak bisa melakukan proses pembekuan yang kemudian akan mengakibatkan kebocoran.

Cara mengatasinya : Isi kulkas ditata secara saksama sesuai kapasitas kulkas. Pastikan ventilasi di dua kompartemen kulkas selalu tertutup rapat.

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

5.  Posisi kulkas tidak seimbang

Apabila posisi kulkas tidak tepat, maka cairan pendingin tidak akan dapat mengalir dengan baik. Lalu akan mengakibatkan kondensasi atau pengembunan, dan timbul genangan air di bagian bawah kulkas.

Cara mengatasinya: Perbaiki posisi kulkas supaya sedikit miring ke belakang aagar air bisa mengalir dengan baik.

6.  Terjadi kebocoran pada baki sayur

Hal ini bisa terjadi jika kamu memasukkan sayuran dalam keadaan sayuran tersebut basah. Air akan mengendap dan mengalir, kemudian akan  membuat sayuran dan buah jadi mudah busuk.

Cara mengatasinya : Pastikan bahwa sayuran atau buah yang akan kamu simpan ke dalam wadah penyimpanan sayur dalam keadaan kering dan bersih.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaikmu ebrair dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :