Ciri-Ciri Dan Penyebab Kapasitor Merek AC Terbaik Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Kamis 25-07-2024,10:03 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang paling banyak dibutuhkan oleh orang Indonesia. Dari data statistik International Energy Agency (IEA) pada tahun 2016 mengemukakan bahwa Indonesia sebagai peringkat ke-10 negara dengan konsumsi energi listrik untuk mesin pendingin ruangan paling besar di Dunia.

Oleh karena itu, alangkah baiknya masyarakat tidak hanya terbiasa memakai AC tetapi juga tahu terhadap kerusakan yang terjadi pada komponen AC. Kerusakan pada merek AC terbaik yang paling sering terjadi salah satunya yaitu kapasitor AC.

Meski memiliki ukuran yang kecil, tetapi peran dari kapasitor ini sangat penting untuk mendukung kinerja pada merek AC terbaik. Kerusakan yang terjadi pada kapasitor tidak boleh dibiarkan saja karena bisa mengganggu performa AC keseluruhan. Setidaknya kamu harus paham penyebab kapasitor AC rusak, ciri-cirinya, dan cara mengatasinya agar kamu dengan sigap bisa mengantisipasi gangguan tersebut.

Kapasitor merupakan komponen elektronik yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik dengan cara mengumpulkan internal muatan listrik. Sama halnya seperti elemen kapasitor di alat elektronik lainnya, bentuk dari kapasitor merek AC terbaik yaitu berupa wadah berbentuk silinder atau berbentuk kotak dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Kapasitor diperlukan sebagai penggerak awal bagi motor AC yang memiliki ukuran yang kecil yaitu kurang dari 3 PK dan ukuran single phase.

BACA JUGA : Lampu Merek AC Terbaik Kedap Kedip, Simak Penyebabnya

Berikut ciri-ciri kapasitor AC rusak :

1. AC tidak segera menyala atau menyala tapi waktunya lama saat dihidupkan.

2. Kipas AC tidak bisa bergerak meski AC dalam keadaan sedang menyala.

3. AC dan kipas menyala tapi tidak menghasilkan udara yang sejuk sehingga ruangan tidak bisa dingin.

4. Mesin AC mengeluarkan bunyi klik atau suara brisik lainnya yang mengganggu.

5. Badan kapasitor terlihat menggembung.

6. Timbul cairan dari dalam kapasitor.

Berikut penyebab kapasitor merek AC terbaik rusak :

7. Ruangan kondisinya yang terlalu panas

8. Kompresor mempunyai tegangan yang beda dengan kebutuhan AC

9. Durasi penggunaan yang berlebihan

10. Kerusakan pada komponen AC yang lainnya

11. Masa penggunaan telah habis

BACA JUGA : Bahaya Menyalakan Merek AC Terbaik Yang Bocor

Berikut cara mengatasi kapasitor merek AC terbaik yang rusak :

1. yang dilakukan pertama kali yaitu mematikan AC kemudian lepas steker untuk memastikan bahwa AC tidak tersambung pada sumber listrik.

2. Cek kondensor yang terdapat pada unit AC indoor untuk memastikan bahwa tidak terdapat muatan listrik yang akan mengalir di dalamnya.

3. Cari panel akses yang biasanya ditandai dengan adanya lambang peringatan tegangan listrik lalu kamu buka sekrup yang ada di bagian tersebut dengan menggunakan obeng.

4. Ambil kapasitor yang bentuknya berupa tabung atau berbentuk kotak kecil, laku cek kerusakannya dengan memakai multimeter analog. Apabila multimeter analog tersebut menunjukkan adanya kerusakan, maka kamu segera lepaskan sumber daya listrik yang terhubung pada kapasitor.

5. Catat informasi teknis yang terdapat di kapasitor yang lama, diantaranya seperti tegangan beban dan toleransinya. Jika perlu, Akamu juga dapat memotret kapasitor yang sudah lama tersebut. Karena informasi teknis itu sangat penting dalam membantu kamu untuk mencari kapasitor yang baru yang spesifikasinya benar-benar sama  dengan kapasitor lama yang sudah rusak.

6. Sediakan kapasitor AC yang baru kemduian pasang seluruh kabel  dengan perlahan-lahan. Cek kembali untuk memastikan bahwa seluruh kabel sudah tersambung dengan baik dan benar.

7. Jika  proses pemasangan kapasitor telah selesai, maka kamu sudah dapat langsung menyalakan termostat dan AC. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa tidak terdapat suara yang berdengung dan AC sudah mulai beroperasi dengan baik. Hal itu menunjukkan bahwa kapasitor AC yang baru saja dipasang telah berfungsi dengan normal dan AC kamu pun siap untuk mendinginkan ruangan.

Itulah beberapa ciri-ciri dan penyebab kapasitor merek AC terbaik rusak beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :