Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

Rabu 24-07-2024,20:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kompresor adalah komponen yang paling familiar yang adapada alat elektronik pendingin seperti merek kulkas terbaik. Fungsi dari kompresor memang sangat penting untuk memompa freon (refrigerant) dari tekanan yang rendah jadi tekanan yang tinggi supaya menghasilkan suhu yang dingin.

Kinerja dari kompresor tentu tidak bisa dipisahkan dari komponen pendukung lainnya seperti overload. Gangguan pada fungsi overload merek kulkas terbaik sering tidak disadari karena ciri-ciri overload pada kulkas rusak mirip dengan kerusakan yang terjadi pada kompresor.

Overload disebut juga dengan relay overload) merupakan komponen penting yang ada pada merek kulkas terbaik yang prinsip kerjanya sama dengan Miniature Circuit Breaker (MCB) listrik.

Overload memiliki fungsi utama yaitu mengontrol temperatur kompresor pada merek kulkas terbaik apabila tegangan listrik sedang tidak stabil. Ketika suhu pada kompresor terlalu panas, overload akan memutus arus listriknya.

BACA JUGA : Berikut Panduan Lengkap Pengaturan Suhu dan Cara Pembersihan Merek Kulkas Terbaik LG GN-B200SQBP

Lalu, arus listrik tersebut akan tersambung kembali apabila suhu kompresor telah kembali dengan normal.

Letak overload merek kulkas terbaik pada umumnya langsung menempel di kompresor. Terdapat overload yang dilengkapi dengan soket dan dapat dilepas, namun ada juga yang posisinya di sistem tanam langsung di kompresor.

Overload yang letaknya menempel lebih mudah untuk diganti dibandingkan overload yang letaknya ditanam langsung di kompresor. Tetapi, overload yang ditanam di kompresor biasanya akan lebih awet dan jarang mengalami rusak daripada overload yang ditempel.

Kompresor kulkas 1 pintu sering memakai overload yang berukuran 1/8 HP, dan kompresor kulkas 2 pintu memakai overload yang berukuran 1.6 HP. Ciri-ciri overload kulkas akan muncul saat overload gagal dalam memutus arus listrik kompresor dengan otomatis.

BACA JUGA : Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

Berikut kerusakan yang menjadi penyebab overload kulkas tidak bisa berfungsi dengan normal :

- Keropos terjadi karena sering terpapar panas yang membuat aliran listriknya putus sampai komponen overload dan tidak bisa membuat kompresor hidup.

- Platina atau bimetal yang ada pada overload kotor karena ada debu atau kotoran lainnya yang menempel. Sehingga mengakibatkan arus listrik yang menuju kompresor menjadi terhambat dan membuat kulkas jadi tidak dingin.

- Platina overload tidak bisa berfungsi dengan normal karena faktor usia. Kerusakan ini akan membuat kompresor bekerja secara terus-menerus meski suhunya sudah sangat tinggi sehingga membuat mesin kulkas seakan-akan bekerja tanpa overload sama sekali.

BACA JUGA : Penyebab ASI Tidak Beku Saat Disimpan Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik, Berikut Solusinya

Berikut ciri-ciri overload merek kulkas terbaik rusak :

- Kondisi kulkas yang mati karena elemen untuk mengendalikan suhu tidak berfungsi dengan normal. Hal ini dapat disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada overload sampai membuat arus listrik terhambat. Sehingga berakibat pada arus listrik tidak bisa sampai pada kompresor dan membuat kulkas jadi mati.

- Kulkas tidak dapat dingin membuat kesegaran bahan makanan yang ada di dalamnya menjadi berkurang.

- Tegangan listrik yang mengalir ke kulkas jadi tidak stabil. Jika dibiarkan, gangguan ini akan ikut berpengaruh papa sistem kelistrikan kulkas keseluruhan.

- Kompresor pada kulkas rusak karena terus bekerja tanpa henti. Kerusakan yang terjadi pada overhead kulkas biasanya jarang ada yang menyadari sehingga tidak dapat terdeteksi dari awal. Pada akhirnya membuat gangguan tersebut mempengaruhi kompresor hingga menyebabkan kerusakan lebih serius.

BACA JUGA : Berbagai Macam Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dan Cara Merawatnya

Berikut cara mengatasi overload merek kulkas terbaik yang rusak :

Komponen overload kulkas yang rmengalami kerusakan harus segera diganti yang baru agar tidak mempengaruhi pada kompresor. Apabila kamu melihat keadaan kulkas yang tidak dingin dibandingkan dengan biasanya, maka hal itu harus segera kamu atasi.

Sebaiknya kamu segera minta bantuan pada teknisi ahli untuk mengecek  keadaan kulkas kamu. Dengan begitu, overload yang rusak bisa segera dideteksi dan diperbaiki.

Itulah beberapa ciri-ciri overload merek kulkas terbaik mengalami kerusakan dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :