Masih Bingung Memilih Merek AC Terbaik Rumah, Ikuti 6 Tips Mudah Berikut

Rabu 24-07-2024,20:37 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Dalam memilih merek AC terbaik yang akan digunakan di rumah, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran ruangan. Pasalnya ini akan berpengaruh kepada efisiensi unit pendingin ruangan dalam bekerja

Untuk menentuka AC sesuai kebutuhan ruangan, Anda bisa melakukan perhitungan kapasitas AC dengan luas ruangan. Misalnya sebuah ruangan memiliki luas 11-18 m² maka kapasitas AC yang dipilih sebesar 1 PK.

Jika Anda masih bingung untuk menghitungnya, Anda bisa mengakses PK Calculator yang banyak disediakan di internet.

BACA JUGA : Masalah-masalah Umum Filter Udara Merek AC Terbaik dan Cara Mengatasinya

5. Pilih AC dengan Daya Listrik Rendah

Seperti yang sudah disampaikan di awal, bahwa memilih AC tidak hanya dari segi fungsi tetap juga hemat energi untuk menekan budget tagihan listrik di setiap bulannya.

Hal ini disebabkan AC menjadi perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik cukup tinggi ketika dinyalakan. Oleh karena itu, Anda harus memilih AC dengan daya listrik yang rendah.

Perkembangan teknologi seperti sekarang sangat memungkinkan untuk AC bekerja dengan daya listrik yang kecil . Sudah banyak produk AC yang menawarkan berbagai fitur untuk menghemat energi.

Selain itu, AC dengan kinerja yang baik akan berpengaruh pada konsumsi daya listrik. Pilih lah AC dengan kemampuan menyebarkan udara dingin secara merata serta dapat mempertahankan suhu dingin dalam ruangan.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Split VS Central, Manakah Yang Cocok Digunakan Rumah Anda

6. Pilih AC Yang Perawatannya Mudah

Tips terakhir untuk memilih unit AC adalah pastikan bahwa AC yang dipilih memiliki perawatan yang mudah. Apalagi jika daerah sekitar Anda memiliki kelembapan yang tinggi akan membuat AC mudah rusak akibat jamur. Ditambah jika Anda malas untuk membersihkan unit AC tersebut.

Oleh sebab itu, Anda bisa memilih unit AC yang telah dilengkapi dengan fitur Self Clean maupun fitur untuk mengontrol kelembapan pada ruangan.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan saa memilih merek AC terbaik yang akan digunakan di rumah. Selamat mencoba! (*)

Kategori :