Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Di Rumah

Rabu 24-07-2024,20:25 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jenis freezer box berfungsi sebagai lemari pembeku yang bentuknya kubus atau balok dengan pintunya ada di bagian atasnya. Kapasitas dari freezer box sangat beragam, mulai dari kapasitas 100 liter sampai dengan kapasitas 1.200 liter.

Kemunculan bunga es pada merek kulkas terbaik jenis freezer box sebenarnya hal yang wajar. Bunga es asalnya dari kelembapan udara yang tinggi dan berkumpul di kumparan evaporator kemudian membeku. Bunga es biasanya juga akan lebih cepat muncul jika kamu sering buka tutup pintu freezer box.

Bunga es yang menempel di merek kulkas terbaik jenis  freezer box sebaiknya segera dibersihkan supaya tidak menyita kapasitas penyimpanannya, menimbulkan bau yang tidak sedap, dan membuat freezer box jadi rentan mengalami kerusakan.

Mempunyai merek kulkas terbaik jenis freezer box tanpa adanya bunga es bukan sebuah hal mustahil japabila kamu telaten dalam membersihkan perangkat elektronik tersebut dengan rutin.

BACA JUGA : Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

Berikut cara membersihkan merek kulkas terbaik freezer box di rumah :

1.  Mengosongkan Isi Freezer

Keluarkan semua isi dalam freezer box sampai tidak ada yang tersisa satu pun. Adanya bahan makanan, obat-obatan, es batu, atau barang lainnya bisa mengganggu proses pembersihan pada freezer box sehingga membuat hasilnya tidak akan maksimal.

2.  Mematikan Aliran Listrik Freezer Box

Apabila freezer box isinya sudah kosong, kamu dapat segera matikan aliran listriknya. Steker freezer box kamu cabut dari stop kontak dengan perlahan. Taruh steker tersebut di posisi yang tinggi agar tidak kena air saat freezer box mulai kamu bersihkan.

3.  Membersihkan Bunga Es pada Freezer Box

Meski fitur defrost (bila ada) untuk mencairkan bunga es sudah kamu aktifkan, tetapi kamu harus tetap tunggu beberapa jam sampai bunga es tersebut benar-benar sudah mencair.

Semakin tebal bunga es yang ada di dalam freezer box, maka akan semakin lama juga waktu yang harus disiapkan untuk membersihkannya.

4.  Membuang Air dan Kotoran pada Freezer Box

Seluruh jenis freezer box pasti memiliki lubang pembuangan air yang ada di bagian dasar. Taruh wadah di bawah freezer box sebelum lubang untuk membuang kotoran dan air dibuka.

BACA JUGA : 5 Tren Merek Kulkas Terbaik Semakin Canggih dan Memudahkan Hidup, Simak Ulasannya

Proses ini penting dilakukan karena bisa membuat freezer box kamu jadi lebih bersih dari adanya sisa bunga es yang sudah mencair. Sembari menunggu proses pembuangan air, kamu juga dapat mengangkat sisa dari bunga es dan kotoran yang berukuran besar dengan manual.

5.  Menghilangkan Bau Freezer Box pakai  Campuran Baking Soda

Bau tidak sedap biasanya tetap menempel di freezer box meski sudah dibersihkan. Bau tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan berisiko merusak aroma pada barang-barang yang disimpan di dalamnya, terutama untuk makanan yang siap untuk dimakan.

Jika freezer box kamu masih bau ssetelah dibersihkan, maka basuh semua bagian dalam freezer box dengan campuran sedikit baking soda dan air. Proses ini dilakukan secara perlahan sampai bau yang ada pada freezer menghilang.

BACA JUGA : Akibat Merek Kulkas Terbaik Penuh Dengan Makanan

6.  Membersihkan Bagian Luar Freezer

Bukan hanya dalam freezer box saja yang harus kamu bersihkan hingga tuntas. Tetapi pada bagian luar freezer box juga wajib kamu bersihkan agar tampilan freezer terlihat menarik. Kamu bisa pakai spons dan sikat gigi yang bekas untuk membersihkan semua bagian luar freezer.

Caranya celupkan spons dan sikat gigi bekas ke dalam larutan sabun pencuci piring kemudian gosokkan di bagian luar freezer yang ada nodanya. Proses ini kamu ulangi pada semua bagian luar merek kulkas terbaik freezer box yang kotor hingga tampilan freezer box kembali bersih seperti semula.

7.  Mengeringkan Freezer Box

Jika pada  bagian dalam dan luar freezer box sudah bersih semua, maka kamu tinggal mengeringkan freezer box hingga tuntas.

Pakai kain lap microfiber bersih dan dibasahi sedikit air untuk mengelap pada bagian dalam dan luar freezer box.

Jangan sampai terdapat air atau sisa kotoran yang ada di dalam freezer box karena hal itu bisa memicu bau tidak sedap muncul.

8.  Menata Bahan Makanan Dengan  Rapi

Freezer box yang sudah bersih dari bunga es dapat segera dinyalakan. Tunggu beberapa jam sampai freezer mulai dingin klalu kamu dapat mulai menata bahan makanan di dalam freezer box secara rapi.

BACA JUGA : 8 Kebiasaan Cerdas untuk Membuat Merek Kulkas Terbaik Bekerja Lebih Efisien

Makanan yang masih panas jangan kamu simpan di dalam freezer box, karena bisa membuat kompresor bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan freezer box sehingga bisa memicu terjadinya kerusakan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek kulkas terbaik jenis freezer box di rumah. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :