Cara Menyimpan Telur Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Aman Dikonsumsi

Rabu 24-07-2024,11:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Cara menyimpan telur yang benar perlu kamu lakukan supaya kualitas telur dan kesegaran dari telur tetap terjaga dengan baik. Untuk cara utama yang bisa kamu lakukan saat akan menyimpan telur dengan baik yaitu pastikan telur ada di temperatur suhu merek kulkas terbaik yang tepat.

Telur yang kamu simpan di dalam merek kulkas terbaik tetapi bisa saja cepat membusuk. Hal ini mungkin terjadi karena selama ini telur disimpan dengan cara yang salah.

Selain perlu menyimpan terlur di dalam merek kulkas terbaik, terdapat hal-hal yang lain yang harus kamu perhatikan ketika akan menyimpan telur supaya layak untuk dikonsumsi.

Supaya kualitas telur bisa tetap terjaga, kamu perlu tahu bagaimana cara yang benar dalam menyimpan telur di dalam merek kulkas terbaik. Karena kualitas telur yang baik akan berpengaruh juga terhadap rasa dan gizi yang ada pada telur.

BACA JUGA : Tips Menyimpan Cumi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Tidak Bau

Berikut cara menyimpan telur di merek kulkas terbaik yang tepat :

1. Segera masukkan telur ke kulkas setelah membelinya

Baik membeli telur di pasar ataupun supermarket, telur harus cepat disimpan di dalam kulkas setelah kamu membelinya. Karena suhu yang dingin sangat penting untuk menjaga kualitas dari telur.

Telur yang mengandung Salmonella yaitu bakteri yang ada di dalam telur dan makanan lainnya bisa menyebabkan diare, demam, dan kram pada perut. Untuk mencegah bakteri tersebut berkembang, maka telur yang baru dibeli harus ada di dalam udara yang dingin secepat mungkin.

2. Atur suhu kulkas secara  tepat

Telur juga harus ada di temperatur yang tepat. Pastikan kulkas kamu di suhu 4 derajat Celsius atau bahkan bisa lebih rendah suhunya. Jangan sampai lupa untuk simpan telur di dalam wadah kartonnya.

3.  Jangan buang karton pembungkus  telur

Biasanya telur yang ada di supermarket sudah dibungkus menggunakan karton yang cukup tebal. Karton tersebut sudah dirancang  untuk menjaga telur dari bau tidak sedap ataupun dari rasa yang terdapat pada makanan lain.

Selain itu, karton juga berguna membantu mencegah hilangnya kelembapan dari telur. Karena telur bisa tersimpan dengan baik jika telur ada di dalam udara dingin dan lembap.

4. Jangan menyimpan telur dekat dengan pintu kulkas

Sebenarnyan cara menyimpan telur di kulkas bukan diletakkan dekat dengan pintu kulkas, tetapi di bagian utama dari kulkas yaitu bagian rak tengah di bagian belakang.

Karena di area ini mempunyai suhu paling dingin dan suhunya yang paling konsisten. Berbeda dengan suhu di pintu lemari kulkas yang rentan terjadi perubahan suhu karena pintu kulkas sering dibuka dan ditutup.

BACA JUGA : Cara Efektif Menata Isi Merek Kulkas Terbaik

5. Jangan mencuci telur

Hal ini karena saat kamu mencuci telur, maka air bisa tersedot masuk ke dalam telur melalui pori-pori yang ada dpada sekitar cangkang telur. Selain itu, telur juga mempunyai lapisan pelindung alami yang sumbernya dari induk ayam.

6. Letakan ujung telur pada bagian bawah

Telur pada umumnya akan disimpan dengan bagian sisi telur yang runcing menghadap ke arah atas, dan sisi telur yang bentuknya lebih bulat ada di bagian bawah. Tetapi cara menyimpan telur seperti ini sebenarnya kurang tepat.

Harusnya pada bagian telur yang lebih bulat ada di bagian atas, sedangkan sisi yang bentuknya runcing ada di bagian bawah. Hal tersebut karena di setiap sisi bulat pada telur ada gelembung alami yang menjaga kuning telur supaya posisinya tetap ada di tengah, dengan melakukan cara ini kamu juga bisa menjaga kesegaran pada telur lebih lama.

7. Pilih telur yang berkualitas

Apabila kamu sudah melakukan cara menyimpan telur di kulkas secara benar, dan telur yang kamu simpan masih juga cepat membusuk, mungkin masalahnya justru ada di telur yang kamu pilih.

Menyimpan telur dengan baik mungkin bisa menjaga kualitas telur, namun hal ini tidak bisa memperbaiki kualitas telur yang sudah rusak dari awalnya.

BACA JUGA : Akibat Merek Kulkas Terbaik Penuh Dengan Makanan

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu selektif saat sedang membeli telur. Beli telur yang terdapat di dalam suhu yang dingin, karena bakteri jenis apa pun akan jadi lebih cepat untuk berkembang jika telur berada di dalam suhu ruangan.

Pastikan juga bahwa cangkang telur kondisinya bersih dan tidak ada yang pecah. Karena bakteri yang terbentuk di bagian kulit telur bisa dengan mudah mencemari telur dan membuat telur jadi tidak aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan telur di merek kulkas terbaik agar telur aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :