Ketahui Perbedaan Utama Merek AC Terbaik 1/2 PK VS AC 1 PK

Selasa 23-07-2024,18:22 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Perbedaan selanjutnya antara unit AC ½ PK dengan AC 1 PK adalah mengenai harga yang ditawarkan. Harga untuk kedua unit tersebut sangat bervariasi, tergantung pada merek dan model yang akan dipilih.

Semakin besar kapasitas pendinginannya maka harga unit AC tersebut akan semakin mahal. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan harga dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan sebelum membelinya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Gangguan Merek AC Terbaik Daikin dan Pencegahannya

Tingkat Kebisingan

Tingkat kebisingan pada unit AC jadi faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli AC. Pada umumnya, unit AC ½ PK menghasilkan suara yang kelih kecil, karena kompresor yang digunakan juga lebih kecil

Namun, tingkat kebisingan juga dapat dipengruhi kerena merek dan model serta lokasi pemasangan dari unit AC tersebut. Untuk memastikan tingkat kebisingan dari AC tersebut, calon pengguna dapat mencari tahu terlebih dahulu dengan membaca ulasan

Perawatan

Perawatan merek AC terbaik penting dilakukan untuk mempertahankan kinerja dari unit AC tersebut sehingga masa pakainya lebih lama. Perbedaan perawatan kedua unit pendin ruangan tersebut terletak pada kapasitas dan ukurannya.

Perawatan untuk AC ½ PK relative sederhana dengan membersihkan filter, koil dan pemeriksaan ruitn. Sementara AC 1 PK harus memmbersihkan filter lebih sering karena harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan yang lebih besar.

Selain itu, periksa tingkat refrigerant, saluran dan sambungan listrik AC 1 PK secara teratur untuk memastikan kinerja yang lebih optimal dan pengoperasian yang aman.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan Merek AC Terbaik 1 PK Brand Daikin Disini

Daya Tahan

Daya tahan antara unit AC ½ PK dengan AC 1 PK juga memiliki perbedaan yang signifikan. Umumnya, semakin tinggi PK AC maka daya tahannya juga akan semakin lama.

Hal tersebut dikarenakan AC dengan PK yang lebih tiggi dirancang untuk mendinginkan ruangan lebih besar sehingga motor kipasnya jauh lebih bertenaga.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika daya tahan sebuah unit pendingin ruangan juga dipengaruhi oleh fakor lain, misalnya seperti perawatan dan kebiasaan pengguna dalam mengoperasikannya.

Demikian beberapa perbedaan utama antara merek AC terbaik ½ PK dan AC 1 PK. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang baru saja akan menggunakan perangkat elektronik seperti AC. (*)

Kategori :