Simak Ciri – Ciri Merek AC Terbaik Anda Kehabisan Gas Freon

Selasa 23-07-2024,18:53 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

Salah satu dampak dari freon AC yang habis dan jarang diketahui yaitu kebocoran air AC. Hal ini terjadi disebabkan freon yang habis dapat menyebabkan pembekukan pada evaporator.

BACA JUGA : Review Lengkap Merek AC Terbaik LG Inverter, Simak Ulasan Berikut

Evaporator menjadi bagian AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara di ruangan. Saat freon habis, proses penyerapa panas akan terganggu lalu menyebabkan terjadinya pembekuan pada permukaan evaporator.

Jika kondisi ini berlanjut terus – menerus, maka ketika AC dimatikan atau suhu di sekitar meningkat pembekuan ini akan mencair dan menyebabkan AC mengalami kebocoran. Air akan menetes dan bisa berisiko menimbulkan korsleting listrik jika mengenai elektronik. 

Karena itu penting untuk mengatasi freon kehabisan gas agar tidak terjadi masalah berlanjut. 

4. Unit Outdoor AC Tidak Menghasilkan Hawa Panas

Salah satu tanda selanjutnya jika freon habis yaitu unit outdoor AC yang tidak menghasilkan hawa panas. Saat freon habis Merek AC terbaik tidak dapat melakukan proses konversi udara dengan baik.

Akibatnya komponen kipas outdoor AC hanya berputar untuk mendinginkan kompresor tanpa mengeluarkan hawa panas yang seharusnya dihembuskan. Jika hal ini terjadi maka harus segera diatasi untuk mengembalikan kinerja AC yang optimal.

Jika anda mengabaikan hal ini, maka bisa menyebabkan kerusakan berlanjut pada sistem pendinginan dan bisa menjalar ke komponen lainnya.

5. Biaya Listrik Membengkak

AC yang kehabisan gas freon akan bekerja lebih ekstra untuk mencapai suhu yang ditentukan pengguna. Ini bisa mengakibatkan AC mengkonsumsi daya listrik yang lebih besar.

Hal ini disebabkan karena proses pendinginan tidak dapat berjalan dengan optimal tanpa adanya freon yang cukup. Peningkatan konsumsi daya pada ac terlihat pada tagihan bulanan anda yang semakin membengkak, padahal ruangan tidak terasa begitu sejuk.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Merek AC Terbaik dan Terbaru 2024, Berikut Daftar Produknya

Kategori :