Penyebab Merek AC Terbaik Mati Sendiri

Selasa 23-07-2024,10:26 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - K eadaan   di dalam rumah  yang  sehat sangat penting untuk menunjang kenyamanan pada   kamu dan keluarga  kamu .  P enggunaan  merek AC terbaik   dengan baik dan benar juga menjadi  salah satu upaya  yang  efektif untuk me njadikan  rumah yang sehat.

Merek AC terbaik bukan hanya  membuat ruangan men jadi sejuk, tetapi  juga untuk menyaring udara sehingga membuat kualitas udara di dalam ruangan rumah kamu semakin baik.

Kerusakan yang terjadi pada merek AC terbaik sekecil apa pun harus segera  ditangani dengan  serius, termasuk juga penyebab AC mati sendiri saat AC  sedang menyala.

Ternyata masalah pada merek AC terbaik bukan hanya sekadar suhu nya  yang kurang dingin, tetapi juga hal lainnya seperti k eadaan  mati hidup sendiri. Jangan sampai masalah  tersebut mengganggu menyamakan   kamu saat  me makai  AC.

BACA JUGA : Tips Menyimpan Cumi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Tidak Bau

Berikut hal yang menjadi penyebab merek AC terbaik mati hidup sendiri :

1.  Komponen Modul Mengalami Korsleting

K erusakan ini penyebabnya biasanya yaitu karena  tegangan listrik nya  terlalu tinggi sehingga  membuat  tombol on off pada modul terjadi korsleting. Kamu harus s iapkan multimeter untuk mengukur tegangan modul dan  mengidentifikasi kerusakannya.

2.  Kondensor AC Bermasalah

Fungsi utama dari kondensor AC yaitu  mendinginkan udara panas dan meng hasilkan  udara dingin ke ruangan.

Debu yang ada pada kondensor akan mengganggu fungsinya sehingga menyebabkan outdoor AC mati hidup  dengan  sendiri nya .

Maka dari itu komponen yang ada  pada unit outdoor AC wajib dibersihkan secara berkala  supaya   tetap  berfungsi dengan maksimal.

3.  Gangguan pada Termistor AC

Pengaturan suhu di sistem AC adalah  tugas utama  dari  komponen termistor. Apabila  termistor megalami rusak, maka a kan berdampak di kompresor AC yang akhirnya membuat AC kerap mati sendiri.

BACA JUGA : 3 Manfaat Lain Menggunakan Merek AC Terbaik selain Membuat Ruangan Sejuk

Cara yang patut dilakukan ketika  termistor AC terganggu yaitu dengan  menjauhkannya dari komponen evaporator AC. Tetapi , sebaiknya apabila  termistor diganti yang baru supaya  masalah AC yang mati hidup sendiri tak terulang lagi.

4.  Tekanan Freon Berkurang

Baik  evaporator, pipa pada instalasi, atau pun pada  kondensor AC yang mengalami kebocoran ringan dapat  menjadi   penyebab AC mati dengan sendiri nya .

Terdapat beberapa faktor yang bisa  memicu terjadinya kebocoran pada komponen AC  yaitu  getaran mesin yang kencang  dan  sambungan pipa tidak terpasang dengan  sempurna.

Sehingga mengakibatkan tekanan pada freon menjadi berkurang dan membuat  AC tidak cuma  kurang dingin tapi juga mati hidup sendiri. Cara mengatasi masalah  ini mem erlukan  pemeriksaan yang detail untuk menguji tekanan freon apakah ada I dalam batas normal atau tidak.

Jika  tekanan freon kurang, maka kamu  harus cari tahu posisi kebocoran  kemudian  memperbaikinya serta  lakukan pengisian  pada  freon.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan Merek AC Terbaik 1 PK Brand Daikin Disini

5.  Masalah pada Printed Circuit Board (PCB)

AC modern biasanya dilengkapi dengan fitur pendeteksi masalah yang mampu untuk mengirimkan sinyal berupa kedipan lampu sebagai kode terjadinya kerusakan (error) pada AC.

Kerusakan PCB   bisa ditandai dengan muncul nya  kode tertentu yang definisinya bisa  ditemukan di  buku petunjuk penggunaan AC.

Gangguan yan terjadi pada PCB tidak boleh kamu biarkan begitu saja karena bisa berisiko membuat AC jadi mati hidup sendiri bahkan bisa men gakibatkan  komponen-komponen AC lainnya ikut  mengalami   ke rusak an .

6.  Kipas Indoor AC Tidak Berputar

Komponen kipas indoor AC yang mengalami ke rusak an  akan gagal untuk berputar sehingga membuat  AC mati sendiri. Bilah-bilah pada kipas indoor rentan untuk patah, bengkok, atau pun  retak apabila AC sudah di pakai  selama beberapa tahun.

Kamu harus  segera mengganti kipas indoor tersebut agar  AC kembali berfungsi dengan normal untuk menyejukkan ruangan  kamu .

7.  Kendala pada Tombol Power AC

Tombol power yang terdapat   di bagian unit indoor AC dapat  jadi penyebab AC kamu mati hidup sendiri. Apabil a posisi penutup AC menjepit tombol power, maka kemungkinan  akan membuat merek  AC terbaik jadi mati hidup sendiri tanpa dioperasikan menggunakan  remote.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan Merek AC Terbaik 1 PK Brand Daikin Disini

K erusakan pada tombol power penyebabnya juga bisa karena sensor mengalami masalah atau kabel nya  kendur.

8.  Timer AC Menyala Tanpa Disengaja

Pengaturan timer AC  yang ada pada remote memungkinkan AC d ihidupkan  dan dimatikan otomatis tanpa harus me nekan  remote terlebih dahulu.

Saat  outdoor dan indoor AC sering mati dan hidup sendiri, sebaiknya kamu  langsung p eriksa pengaturan timer di remote.

Ubah pengaturan timer sesuai dengan waktu yang kamu  inginkan atau non-aktifkan fitur tersebut apabila kamu  memilih untuk men ghidupkan dan mematikan AC dengan  manual.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan merek AC terbaikmu mati sendiri dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :