Tips Menyimpan Cumi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Tidak Bau

Senin 22-07-2024,20:54 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Adanya merek kulkas terbaik di dalam rumah memang sangat efektif untuk mendukung proses penyimpanan makanan maupun minuman.

Selain digunakan untuk menyimpan sisa makanan dan minuman, kamu juga dapat menyimpan bahan makanan lainnya seperti cumi-cumi. Cara menyimpan cumi di dalam merek kulkas terbaik supaya awet dan anti bau ternyata sangat mudah asalkan kamu mengetahui tipsnya.

Cara simpan cumi asin di dalam merek kulkas terbaik tentu lebih mudah dibandingkan dengan menyimpan cumi yang masih basah.

Cumi asin mampu bertahan beberapa hari jika ditletakkan di wadah yang tertutup di dalam merek kulkas terbaik bahkan bisa bertahan sampai 1 bulan apabila disimpan di fdalam reezer.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman

Berikut cara menyimpan cumi-cumi di kulkas :

1.  Memilih Cumi Basah yang Berkualitas

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum menyimpan cumi di kulkas yaitu dengan memilih cumi basah yang masih segar. Cumi basah yang masih segar tentu bisa bertahan lebih lama jika disimpan dengan cara yang tepat. Ciri-ciri cumi basah yang berkualitas baik yaitu :

- Cumi-cumi yang kondisinya masih segar yang berukuran kecil memiliki warna keunguan dan ada bintik hitamnya, sedangkan cumi-cumi yang ukurannya besar mempunyai warna putih dan ada sedikit bintik berwarna hitam.

- Tekstur cumi yang segar yaitu kenyal dan tidak ada lendirnya.

- Kulit dan mata cumi terlihat bening dan mengkilap.

- Bagian tubuh cumi semuanya kondisinya masih utuh dan tidak ada yang terlepas satu dengan yang lainnya.

- Bau amis pada cumi-cumi tidak berlebihan dan tidak menyengat.

2.  Mencuci Cumi dengan Cara yang tepat

- Kepala cumi-cumi dilepas dari tubuhnya, caranya bagian bawah tubuh cumi-cumi dipegang, kemudian kamu tarik kepalanya. Lakukan sedikit gerakan memutar apabila kepala dari cumi-cumi sedikit sulit untuk dilepas.

- Pisahkan kantung tinta pada cumi-cumi dengan perlaha dari tubuhnya. Apabila kamu tidak ingin membuat masakan dari tinta cumi, maka kantung tinta bisa kamu buang.

- Potong semua tentakel cumi-cumi agar lebih mudah untuk dibersihkan. Makin besar ukuran tentakel cumi-cumi, maka akan semakin banyak juga jumlah potongan yang akan kamu dapatkan.

BACA JUGA : 2 Metode Pencairan Tumpukan Es Merek Kulkas Terbaik, Bisa Pakai Listrik Atau Udara Panas

- Buang tulang rawan yang ada pada cumi-cumi, tulang rawan tersebut posisinya menempel pada bagian kepala cumi yang terhubung pada tentakel cumi.

- Buang juga tulang rawan ekor dari cumi-cumi yang berbentuk pipih dan warnanya bening seperti plastik karena bagian tersebut tidak bisa untuk dikonsumsi.

- Angkat membran kulit pada cumi-cumi yang penuh dengan bintik-bintik berwarna hitam dengan cara tarik secara pelan-pelan supaya tampilan cumi bisa lebih menarik.

- Cuci cum-cumi beberapa kali dengan cara membilasnya dengan air bersih yang mengalir.

3.  Beri Air Perasan Jeruk Nipis atau Lemon pada Cumi-Cumi

Kamu hanya perlu siapkan air perasan lemon atau air perasan jeruk nipis kemudian tuangkan secara merata ke cumi-cumi yang sudah kamu bersihkan, lalu duk supaya tercampur secara merata. Diamkan selama 15 menit sampai bau amis pada cumi-cumi hilang sepenuhnya.

BACA JUGA : Cara Efektif Menata Isi Merek Kulkas Terbaik

4.  Bilas Kembali Cumi-Cumi dengan Air yang Mengalir

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa asam pada cumi-cumi yang asalnya dari air perasan lemon atau jeruk nipis, sehingga nanti tidak akan berpengaruh pada rasa hidangan kamu.

5.  Membagi Cumi-Cumi jadi Beberapa Porsi di dalam Wadah Kedap Udara

Apabila cumi-cumi sudah bersih, kamu dapat membaginya jadi beberapa porsi sesuai dengan kebutuhan untuk sekali masak.

Langkah ini penting dilakukan agar kamu tidak mengeluarkan dan memasukkan cumi ke dalam kulkas secara berulang-ulang karena hal itu dapat membuat kesegaran cumi-cumi menurun.

Letakkan tiap porsi cumi-cumi dalam wadah yang berbeda yang kedap udara. Tutup wadah tersebut secara rapat kemdian simpan persediaan cumi-cumi kamu di dalam freezer.

6.  Mencairkan Cumi-Cumi Beku yang Akan Dimasak

Cara mencairkannya, kamu hanya perlu memindahkan wadah yang berisi cumi-cumi dari dalam freezer ke kulkas di bagian bawah kemudian biarkan semalaman supaya mencair dengan sendirinya.

BACA JUGA : Simak Tips Menyimpan Telur Rebus Dalam Merek Kulkas Terbaik, Agar Kandungan Gizinya Terjaga

Apabila kamu ingin mencairkan cumi-cumi dengan cepat, maka rendam wadah yang berisi cumi-cumi beku tersebut ke dalam air selama beberapa jam sampai tekstur cumi-cumi kembali seperti awalnya di suhu ruangan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menyimpan cumi di dalam merek kulkas terbaik agar cumi-cumi kamu tetap segar dan tidak bau. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :