Telusuri Sejarah Masjid Wapawe, Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Religi dan Budaya Maluku

Senin 22-07-2024,11:59 WIB
Reporter : Fatkhur Rokhman
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Di antara pesona kepulauan Maluku terdapat masjid-masjid bersejarah yang memancarkan aura spiritualitas dan pesona budaya. Didirikan sejak abad ke -15 dan terletak di Tanah Kaitetu, Kecamatan Miyetitu, Kabupaten Maluku Tengah, Masjid Wapawe menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Maluku dan siap menjadi destinasi wisata terbaru 2024 bernuansa religi dan budaya yang menarik.

Wisata terbaru 2024 Masjid Wapawe dibangun pada tahun 1414 M dan juga merupakan masjid tertua kedua di Indonesia. Masjid ini terbuat dari daun sagu yang dikeringkan dan dilapisi dengan daun jerami. Bentuk bangunan masjid ini persegi dan struktur bangunan induknya didesain tanpa paku atau paku.

BACA JUGA : Pesona Wisata Terbaru 2024 Pantai Pintu Kota, Surganya Pariwisata Maluku

1. Temukan Keindahan Arsitektur Tradisional

Wisata terbaru 2024 bernuansa religi Masjid Wapawe adalah permata arsitektur di tengah desa tradisional Maluku. Dinding dari anyaman bambu dan atap dari daun sagu mencerminkan kesederhanaan dan kearifan lokal masyarakat setempat.

Bentuk bangunan yang unik, menara tunggal dan beranda luas, menjadi ciri khas arsitektur masjid kuno di Maluku. Yang tak kalah menarik adalah ornamen dan ukiran yang menghiasi wisata terbaru 2024 bernuansa masjid ini.

Mihrab dan mimbarnya dihiasi kaligrafi Arab yang indah, melambangkan ketaatan dan keimanan umat. Ukiran tradisional pada dinding dan pintu masjid mencerminkan kekayaan budaya dan seni masyarakat Maluku.

BACA JUGA : Telusuri Jejak Sejarah Wisata Terbaru 2024 Benteng Belgika, Pesona Arsitektur Kolonial Maluku

2. Telusuri Jejak Sejarah yang Panjang

Masjid Wapawe didirikan pada tahun 1414 M oleh Pernada Jamil, seorang ulama dari Kesultanan Jairolo Maluku Utara. Sejak saat itu, masjid menjadi pusat tradisi Islam dan simbol peradaban di wilayah tersebut.

Penuh dengan cerita dan legenda, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga simbol budaya dan identitas Kaytettu. Konon awalnya masjid ini dibangun di atas bukit.

Namun, secara ajaib masjid tersebut dipindahkan ke lokasinya saat ini di sepanjang pantai. Peristiwa ini semakin memperkuat nilai mistis dan legenda seputar Masjid Wapawe serta menggugah minat jamaah dan wisatawan untuk berkunjung ke masjid tersebut.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Gua Hawang Maluku, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Alam

3. Temukan Keindahan Alam Sekitar

Keindahan Masjid Wapawe tidak hanya terletak pada arsitekturnya saja, namun juga pada panorama alam sekitarnya. Masjid ini terletak di pesisir pantai menghadap laut biru kristal dan pulau-pulau kecil yang mempesona.

Kategori :