Ketahui Jenis KUR BTN 2024 Dan Syarat Ketentuannya

Senin 22-07-2024,08:25 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – KUR BTN 2024 bisa sebagai kredit tambahan modal, atau sebagai kredit investasi. Dengan proses yang mudah, suku bunga kompetitif, dan tenor pinjaman cukup lama.

BACA JUGA : Peluang Pinjaman Rp100 Juta Dari KUR BRI 2024

Dikutip dari halaman resmi BTN, ada 3 bentuk pinjaman untuk bantu kehidupan. KUR BTN 2024 ditujukan untuk target berbeda, begitupun persyaratan dan ketentuan.

KUR BTN 2024 berlaku untuk semua pelaku bisnis, mulai dari usaha kecil, menangah, sampai yang besar. Adanya program ini bisa bantu pengelolaan keuangan perusahaan semakin baik.

Beragam jenis KUR BTN 2024

- KUR mikro

Pada KUR mikro, dana yang dipinjamkan kepelaku UMKM bisa mencapai 25 juta tanpa perlu jaminan. Berlaku untuk para pengusaha kecil yang produktif dan aktif menjalanakan bisnisnya.

Nantinya pihak bank juga akan mengecek semua berkas yang diberikan. Guna melihat kesesuaian syarat dan ketentuan, serta kelayakan calon debitur. 

Dalam pinjaman KUR mikro bisa menyicil selama 3 tahun untuk modal kerja. Kalau kredit investasi, masa angsuran pinjaman pada KUR mikro selama 5 tahun.

BACA JUGA : Aturan Baru Pengajuan KUR Bunga Terjangkau BRI 2024: Simak Panduannya Sebelum Mengajukan

- KUR Retail

Berlaku untuk para pelaku bisnis kalangan menengah dengan potensi bembayaran dengan bunga. Limit pinjaman dana yang diberiakn pada KUR retail mencapai 500 juta.

Masa waktu pinjaman KUR retail untuk kredit modal kerja selama 4 tahun. sedangkan, KUR retail sebagai kredit investasi bisa diangsur selama 5 tahun. Pada kredit retail perlu menggunakan agunan, karena dana yang dipinjam lumayan besar.

KUR tenaga kerja Indonesia

Biasanya para pekerja yang mau ke luar negeri perlu yang namanya modal awal. Adanya KUR TKI sebagai bantuan modal untuk para calon pekerja yang mau berangkat.

Kategori :