Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman

Minggu 21-07-2024,17:36 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jenis  showcase yang saat ini jadi tren, banyak di pakai di area perbelanjaan, restaurant hingga  warung   kecil.

Hal yang me mbuat   merek kulkas terbaik jenis showcase banyak dicari yaitu karena  pintu depan kulkas jenis  ini   terbuat dari kaca. Sehingga dapat  menunjukan isi dari dalamnya  tanpa harus membuka  pintu nya.

Selain ber guna mendinginkan minuman, merek kulkas terbaik jenis showcase juga  dapat  berfungsi menampilkan minuman sehingga akan menarik bagi konsumen, dan di dalam showcase juga   ada  rak yang tersusun dengan rapih.

Merek kulkas terbaik jenis s howcase cooler memiliki suhu sekitar 2 hingga 8 derajat celcius sehingga suhu nya  cocok untuk mendinginkan minuman kemasan atau pun  minuman botol.   Salah satu hal yang paling penting dari merek kulkas terbaik jenis showcase   yaitu  kaca d i  bagian depan nya .

BACA JUGA : 7 Cara Mencegah Bunga Es Menumpuk Pada Freezer Merek Kulkas Terbaik

Kulkas jenis  showcase juga ada b eberapa  macam tipe kaca pintu  bagian depan   showcase . Terdapat showcase yang me makai  kaca Low-E dan ada juga  yang terbuat dari kaca tempered glass. Keduanya mem punyai perbedaan yang cukup mendasar, seperti :

1.  Kaca Low-E

Low-e glass  atau low-emissivity glass  merupakan  kaca yang memiliki  emisivitas   rendah, sehingga penerimaan panas dari matahari  bisa difilter . Emisivitas (emissivity) yaitu  kemampuan pada permukaan material untuk melepas kan  energi panas.

Kemampuan lain dari low e-glass yaitu  memantulkan sebagian besar energi supaya  tidak keluar, sehingga bisa mengurangi terjadinya udara keluar seperti berembun.

2.  Kaca Tempered Glass

Tipe  kaca tempered glas lebih men gutamakan  kekuatan  pada  lapisan kaca dan tampilanya berkilau. Kaca jenis ini tidak banyak merefleksikan sinar   matahari, tetapi  untuk kebutuhan   dalam ruangan ,  kaca tipe ini akan mem punyai penampila n menarik.

Berikut c ara m embersihkan k aca  s howcase  :

Agar umur kulkas showcase panjang, kamu  perlu membersihkanya secara berkala. Salah satu satu masalah yang sering terjadi pada kulkas showcase ini yaitu kacanya cepat berembun atau kaca nya  mulai kotor dan buram.

BACA JUGA : Faktor Yang Menyebabkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Tidak Dingin

Salah satu cara  untuk  membersihkan yaitu dengan cara menyemprotkan cairan pembersih khusus kaca secara berkala. Hal ini untuk membersihkan embun  pada showcase , kamu  perlu menyeka menggunaka n lap kain kering.

Kemudian  untuk mengurangi terjadinya pengembunan kembali kamu dapat  menggeser showcase ke tempat  yang lebih sejuk atau mengatur suhu nya supaya  tidak  jauh berbeda dengan suhu ruangan.

Munzulnya embun tersebut akibat  dari  suhu yang berbeda antara suhu di dalam ruangan dengan suhu di dalam  showcase.

Selain kaca pada merek kulkas terbaik jenis showcase ,  hal yang harus diperhatikan  juga   yaitu  perawatan pada beberapa kompone nnya seperti   :

1. Bagian dalam Showcase

Bersihkan   showcase menggunakan lap kering yang lembut apabila  sangat kotor, bersihkan menggunakan  kain yang di basah i  dengan sedikit deterjen. Jangan pakai deterjen alkali atau asam atau pun  hal se jenis nya karena akan membuat  permukaan   showcase  jadi  rusak.

BACA JUGA : Bebas Bakteri Dan Jamur, Berikut Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Cooler

2. Kondensator

Periksa dan perbai ki  secara berkala tiap 6 bulan Sekali

Cara membersihkan kondensor  yaitu :

-  Lepas steker listrik dari soket

-  Lepas sekrup yang menahan panel menggunakan  obeng dan lepas panel bagian depan.

-  Lepas sekrup di dasar mesin produk dan tarik alas nya  ke sisi bagian depan dengan  perlahan (hati-hati pada  se luruh pipa dan se luruh  kabel listrik).

-  Bersihkan kotoran dan debu yang melekat di  kondensor menggunakan  sikat dengan cara menyikat ke arah atas dan ke arah  bawah.

3. Wadah Air (tray)

Cuci menggunakan   a ir s atu kali tiap bulan. Bersihkan wadah dari kotoran menggunakan air, setelah dibersihkan pasang wadah ke tempat awalnya  dan pastikan bahwa pengaitnya terpasang lagi .

BACA JUGA : Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

4. Steker Listrik

Lepas steker listrik dari soket   dan bersihkan se luruh  kotoran  atau debu yang menempel  pada terminal. Debu dan kotoran  yang ada  di sekitar kabel listrik  juga dibersihkan . Tunggu selama 5 menit sebelum kamu menyambungkan kembali kabel daya nya setelah dibersihkan.

Itulah beberapa cara mudah dan aman untuk membersihkan kaca merek kulkas terbaik jenis showcase. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :