Faktor Yang Menyebabkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Tidak Dingin

Minggu 21-07-2024,12:51 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jenis showcase merupakan mesin pendingin yang banyak digunakan untuk menyimpan minuman dan menjual minuman yang dingin.

Apabila merek kulkas terbaik jenis showcase tidak dingin, maka akan membuat berbagai produk minuman yang tersimpan di dalamnya dapat rusak.

Merek kulkas terbaik jenis showcase memiliki fungsi untuk mendinginkan minuman yang disimpan di dalamnya supaya minuman tetap segar dan siap dikonsumsi kapan pun.

Bentuk dari merek kulkas terbaik jenis showcase ini tinggi dan menyerupai kulkas, tetapi pintu showcase terbuat dari kaca yang membuat calon pembelinya dapat melihat isinya dari luar.

BACA JUGA : Amankah Menyimpan Susu Formula Dalam Merek Kulkas Terbaik Hingga Beku, Cek Penjelasan Lengkapnya

Pada bagian dalam merek kulkas terbaik jenis showcase ini terdiri dari 2 hingga 4 rak susun yang tidak memiliki freezer.

Supaya minuman dan produk lain yang tersimpan di dalamnya tetap bisa segar dan dingin. Showcase harus selalu menyala selama 24 jam tanpa henti.

Meskipun sudah menyala selama 24 jam, ada saatnya suhu showcase jadi tidak dingin. Masalah ini dapat kamu ketahui dengan cara mengecek keadaan minuman yang ada di dalamnya yang tidak dingin atau sudah rusak.

Kamu perlu segera mencari tahu penyebab dari showcase yang tidak dingin supaya bisa segera diperbaiki.

BACA JUGA : Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

Berikut penyebab showcase tidak dingin :

1. Tegangan listrik yang tidak stabil. Kamu dapat menggunakan stabilizer yang siap pakai untuk membantu menjaga kestabilan pada tegangan listrik.

2. Pintu showcase tidak tertutup dengan rapat. Sebaiknya periksa secara berkala keadaan pintu showcase untuk memastikan bahwa pintu sudah tertutup secara rapat karena selalu saja ada pembeli yang tidak menutup pintu showcase kembali dengan rapat.

3. Showcase terletak sangat rapat ke dinding. Pada bagian belakang showcase adalah tempat komponen mesin utamanya. Mesin tersebut membutuhkan sirkulasi udara yang baik supaya bisa bekerja dengan optimal. Sebaiknya tempatkan showcase dan beri jarak 10 hingga 20 cm dari dinding.

4. Posisi penempatan showcase terpapar dengan sinar matahari secara langsung sehingga bisa berakibat penurunan suhu dingin di dalamnya. Sebaiknya showcase berada pada area yang sejuk.

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

5. Penempatan minuman atau makanan terlalu rapat di dalam showcase. Hal ini bisa menyebabkan tidak adanya sirkulasi udara pada kabin sehingga membuat kerja kipas evaporator tidak dapat maksimal.

Beri jarak 2 hingga 5 cm antara produk yang satu dengan produk yang lainnya supaya sirkulasi udara di dalam showcase bisa mengalir dengan baik.

Cara memperbaiki merek kulkas terbaik jenis showcase tidak dingin :

1. Cek kompresor

Colokkan steker showcase ke sumber listrik. Kemudia termostat diputar searah dengan jarum jam hingga ada di mode cool. Pakai tang atau klem Ampere untuk memeriksa apakah kompresor tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Showcase yang tidak dingin, tapi kompresor panas terkadang jadi penyebabnya. Apabila kompresor dalam keadaan yang baik, maka tang Ampere akan menunjukkan ke skala tertentu.

BACA JUGA : Bebas Bakteri Dan Jamur, Berikut Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Cooler

2. Cek kondensor

Apabila kondensor merek kulkas terbaik berfungsi dengan normal, maka suhunya akan terasa panas ketika disentuh tangan. Apabila suhu kondensor tidak panas, artinya proses pendinginan pada showcase mengalami masalah.

3. Cek filter

Filter yang ada di bagian belakang showcase. Periksa apakah suhu filter tersebut panas. Suhu pada filter yang tidak panas merupakan tanda bahwa aliran pada freon tidak dapat berjalan dengan baik.

4. Cek evaporator

Evaporator yang bekerja dengan baik maka akan terasa dingin dan lengket saat disentuh dnegan tangan.

5. Cek blower

Pastikan bahwa blower fan yang terdapat pada bagian kabin atau bagian dalam showcase bisa berputar dengan baik.

BACA JUGA : Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

6. Cek fan pendingin kompresor

Kipas atau fan biasanya berada di samping kompresor. Periksa apakah kipas tersebut berkerja dengan baik atau tidak. Apabila tidak, maka akan menimbulkan efek proses pendinginan showcase menjadi bermasalah.

7. Cek suhu di dalam showcase

Kamu dapat menggunakan termometer untuk memeriksa suhunya apakah sesuai dengan spesifikasi showcase yang kamu pakai.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan merek kulkas terbaik jenis showcase tidak bisa dingin dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :