5 Kesalahan Tanpa Disadari Saat Menggunakan Merek AC Terbaik

Sabtu 20-07-2024,18:55 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

3. Merokok di Ruangan Ber-AC

Ketika anda merokok pada ruangan yang ber AC tentu dapat menyebabkan dampak negatif pada fungsi dan kinerja AC. Asap rokok mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan hingga merusak komponen ac dan menurunkan kinerjanya.

BACA JUGA : Hentikan sebelum Terlambat, 6 Kebiasaan Buruk Berpotensi Merusak Merek AC Terbaik Milikmu

Merokok ketika AC sedang beroperasi juga bisa menghasilkan gas beracun seperti karbon dioksida dan karbon monoksida. Gas beracun tersebut dapat mengganggu pernapasan anda karena AC menghembuskan udara yang tidak sehat.

Bau rokok yang menempel pada AC juga akan sulit dihilangkan. Karena itulah anda harus menghindari merokok pada ruangan ber AC dimanapun itu untuk menjaga kualitas udara AC.

4. Tidak Menutup Pintu dan Jendela dengan Rapat

Ini juga kesalahan umum yang sering dijumpai pada pengguna merek AC terbaik. Ketika ac sedang beroperasi, dan pintu serta jendela tidak tertutup dengan rapat maka akan terjadi pertukaran udara dari luar ke dalam.

Udara panas akan masuk ke dalam ruangan dan udara dingin akan keluar. Hal tersebut akan memaksa AC untuk bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan yang diinginkan pengguna.

Jika itu terjadi maka tagihan listrik anda akan membengkak karena AC mengkonsumsi energi yang lebih tinggi dari biasanya. Pastikan ketika AC sedang beroperasi pintu dan jendela, atau ventilasi sudah terutup dengan rapat untuk mencegah kebocoran udara.

5. Sering Mematikan dan Menyalakan AC

Banyak orang berfikir jika menyalaka dan mematikan ac justru dapat menghemat energi listrik, justru hal itu sangat keliru. Justru tiap kali AC dinyalakan maka kompresor membutuhkan tegangan awal yang tinggi untuk memulainya, ini akan mengkonsumsi daya yang lebih tinggi.

BACA JUGA : Begini Arti Merek AC Terbaik Daikin yang Memancarkan Lampu Orange, Simak Disini

Namun menggunakan AC menyala terus – menerus juga bisa memperpendek umur kompresor AC anda. Solusinya yaitu biarkan ac tetap menyala denganwaktu yang ideal di tiap harinya dengan suhu yang konstan.

Kategori :