Cari Tahu Penyebab dan Solusi Kipas Merek AC Terbaik Anda Tidak Berputar

Sabtu 20-07-2024,18:37 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Merek AC terbaik yang tidak dirawat secara berkala biasanya akan menimbulkan masalah yang dapat menghambat kinerja dari unit AC itu sendiri sehingga membuat para penggunanya tidak nyaman.

Beberapa masalah yang serting terjadi pada merek AC terbaik seperti kebocoan AC, suara bising, dingin tidak maksimal, bahkan kipas pada unit outdoor tidak berputar.

Masalah seperti kipas AC tidak berputar terjadi karena beberapa faktor dan jika tidak diperbaiki dengan segera akan menimbulkan masalah lainnya yang mungkin lebih berat sehingga merek AC terbaik Anda mengalami kerusakan.

BACA JUGA : Review Merek AC Terbaik Beko BSFSA, Cek Spesifikasi dan Harga Disini

Penyebab Umum Kipas AC Tidak Berputar

Kipas merek AC terbaik terdiri dari dua buah komponen kipas yaitu kipas blower yang berada di unit indoor dan kipas di unit outdoor. Kipas ini ini berfungsi untuk membuat suhu yang ada di dalam ruangan menjadi dingin.

Untuk mengetahui penyebab kipas AC tidak berputar, yuk simak beberapa penyebab umumnya yang ada dibawah ini:

Kapasitor Kipas Rusak

Kipas outdoor AC yang mati biasanya disebabkan karena kapasitor kipas yang rusak. Kapasitor kipas ini memiliki fungsi sebagai penggerak utama motor fan yang mmebutuhkan daya besar ketika dihidupkan pertama kali agar bisa dapat berputar.

Cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan menggunakan multitester atau digandi dengan unit kapasitor kipas yang baru.

BACA JUGA : Berpotensi Ancam Kesehatan, Cek 5 Tips Mudah Menghindari Kebocoran Merek AC Terbaik

Motor Kipas Rusak

Penyebab kipas AC tidak berputar lainnya karena motor kipas mengalami kerusakan. Padahal motor kipas ini berfungsi sebagai pemutar bilah kipas yang akan meniupkan udara.

Apabila motor kipas tidak dapat berputar meski kapasitor kipas sudah diganti yang baru, ini menandakan bahwa kipas AC sudah mengalami kerusakan.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti motor kipas yang rusak dengan yang baru. Selain itu, jangan menyiram motor kipas ketika AC dibersihkan sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kategori :