Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

Sabtu 20-07-2024,10:16 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Untuk s aat ini, rasanya hampir semua  rumah tangga menggunakan merek kulkas terbaik atau freezer. Hal tersebut tidak membuat kita heran,  lantaran kulkas atau freezer me mpunyai fungsi yang sangat bermanfaat untuk   menyimpan  makanan.

Fungsi merek kulkas terbaik bisa  menjaga makanan dan minuman tetap segar agar  tidak cepat basi.  F reezer kulkas bisa  membekukan makanan dan minuman sehingga d a pat  disimpan untuk di konsumsi beberapa minggu lagi atau beberapa bulan lagi. Apabila  freezer tidak beku, m aka m anfaat dari kulkas tentu jadi berkurang.

Tetapi  hal tersebut  nyatanya sering  terjadi. Suhu merek kulkas terbaik mungkin tetap dingin seperti biasa nya , t et api makanan yang disimpan di dalam freezer tidak dapat membeku.

Kondisi merek kulkas terbaik yang dingin t et api tidak beku tentu tidak dapat kamu  biarkan apabila kamu  tidak ingin makanan dan minuman yang kamu simpan di dalamnya jadi cepat rusak atau basi.

Suhu standar pada merek kulkas terbaik dan freezer itu berbeda karena sesuai  dengan fungsinya .  Suhu  dalam kulkas lebih tinggi d ibandingkan dengan  suhu dalam freezer karena fungsi  kulkas untuk  mendinginkan makanan dan minuman. Sedangkan  freezer mem punyai suhu lebih rendah lagi supaya dapat  membekukan makanan dan minuman.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Berikut beberapa penyebab  freezer kulkas dingin t et api tidak beku  :

1. Pengaturan suhu tidak tepat

Mungkin tombol pengaturan suhu freezer tersenggol barang yang tersimpan  di dalamnya sehingga membuat suhunya jadi berubah lebih tinggi.

C ara mengatasinya yaitu c ek kembali tombolnya, kemudian  sesuaikan agar  suhunya ada di bawah -17 derajat Celsius.

Mungkin  butuh waktu  sampai  24 jam supaya  suhu freezer bisa menyesuaikan suhu yang baru  diatur .

2. Pintu kulkas terlalu sering dibuka

Mungkin  hal ini  terdengar sepele, t et api pintu kulkas yang sering dibuka bisa menyebabkan  freezer merek kulkas terbaik  jadi tidak bisa mem beku kan makanan . Hal tersebut bisa menjadi lebih parah   apabila  isi kulkas terlalu padat karena kadang terdapat  makanan yang mengganjal di pintu kulkas.

Sehingga pintu kulkas sulit untuk ter tutup  dengan  rapat.  Sebaiknya kamu   r utin memeriksa  pintu kulkas untuk memastikan  bahwa  pintu kulkas sudah tertutup dengan rapat.

3. Ventilasi freezer terblokir

Apabila kamu a kesulitan dalam mencari lokasi ventilasi freezer, kamu dapat   melihat di buku manual yang kamu  dapatkan saat kamu  membeli kulkas pertama kali. Ventilasi yang sudah terblokir oleh makanan yang menumpuk tanpa kamu sadari bisa  membuat freezer kulkas jadi tidak bisa beku.

Cara mengatasi hal ini kamu bisa s usun makanan secara  rapi, t et api jangan sampai makanan tersebut menutupi ventilasi freezer.

4. Koil kondensor kotor

Hal ini bisa terjadi biasanya pada koil kondensor yang ada  di bagian bawah atau di bagian belakang merek kulkas  terbaik dan mengakibatkan kondensor kulkas tidak dapat  menyerap panas dengan  efektif.

Kemampuan untuk mendinginkan makanan juga akan jadi berkurang.   Cara memperbaiki dengan memb ersihkan koil kondensor dengan rutin se tiap 6  sampai 12 bulan sekali.

BACA JUGA : Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

5. Motor kipas evaporator bermasalah

Komponen ini ber guna  mengalirkan udara di atas koil evaporator ke se mua  bagian freezer. Apabil a motor ini mengalami masalah, maka akan membuat freezer tidak dapat  membekukan apa pun.

Cara mengatasinya  cek motor kipas evaporator dengan cara buka pintu freezer kemudian  aktifkan  secara manual  saklar pintu. Apabila  saklar telah diaktifkan t et api motor tetap tidak dapat bekerja, berarti  kipas tersebut perlu  untuk  diganti.

6. Kipas kondensor bermasalah

Komponen ini ber guna menarik udara melalui kondensor. Apabila  kipas kondensor mengalami masalah, maka udara tidak dapat  ditarik melalui kondensor  yang mengakibatkan  freezer tidak bisa beku.   Cara memperbaikinya yaitu periksa apakah motor kipas aus dan perlu  untuk  diganti.

Itulah beberapa penyebab freezer merek kulkas terbaik tidak bisa beku dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinnya agar kulkas kamu bisa berfungsi kembali dengan normal. Smeoga bermanfaat! (*)

Kategori :