Ciri-Ciri Kompresor Merek Kulkas Terbaik Rusak Dan Cara Mengatasinya

Sabtu 20-07-2024,10:07 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik adalah  salah satu  alat  elektronik yang penting bagi rumah tangga yang ada di tanah air sejak beberapa dekade  yang  lalu.

Kehadiran merek kulkas terbaik bukan hanya sekadar untuk mengawetkan bahan makanan  ataupun minuman , melainkan juga bisa untuk  mendukung kelancaran dalam usaha kuliner dan menyimpan produk lain selain makanan dan minuman.

Fungsi merek kulkas terbaik yang penting membuat kamu  t id ak boleh mengabaikan k eadaannya . Alangkah baiknya   apabila kamu  memahami ciri-ciri kompresor kulkas yang mengalami ke rusak an  agar dapat  mengidentifikasi dan m engatasinya sejak dini.

Kompresor merek kulkas terbaik yang mulai rusak sebaiknya jangan  dibiarkan bekerja secara terus-menerus, apalagi hingga  mengalami kerusakan yang semakin  parah.

Kerusakan yang terjadi pada kompresor sekecil apa pun pasti akan sangat berpengaruh pada kondisi merek kulkas terbaik secara keseluruhan.

BACA JUGA : Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

B rikut ciri -ciri  kompresor kulkas yang rusak :

1. Kulkas terus   menerus beroperasi

Kompresor  kulkas biasanya  akan berhenti beberapa saat jika  kulkas sudah mencapai suhu yang diinginkan lalu akan  menyala lagi. Tetapi kompresor kulkas yang rusak akan b ekerja terus menerus tanpa ber henti sehingga timbul  bunyi terus   menerus.

2. Kulkas tidak dingin

Masalah  ini terjadi karena kompresor kulkas gagal untuk mengalirkan gas freon dengan  lancar. Apabila  kulkas yang tidak   dingin hanya kamu biarkan saja, maka akan mengakibatkan bahan makanan membusuk yang tidak bisa  dihindari.

Kulkas juga jadi bau tidak sedap akibat  bakteri di dalam kulkas leluasa untuk berkembang biak saat  suhu kulkas tidak dingin.

3. Suara kulkas lebih berisik

Kebisinga n dapat  terjadi akibat terjadi gesekan  yang  berlebihan antar komponen yang ada di dalam kompresor.

4. Muncul bau hangus

Kompresor yang mengalami rusak biasanya jadi lebih panas sehingga  akan  menghasilkan bau seperti hangus yang  cukup  menyengat, terutama apabila  kerusakan tersebut berkaitan dengan aliran listrik.

5. Jumlah ampere pada kompresor akan meningkat melebihi batas normal nya

Perubahan pada tekanan freon bisa mempengaruhi peningkatan ampere pada kompresor. Setiap kulkas mem punyai indikator tekanan  pada  freon dan jumlah maksimal ampere yang berbeda sehingga pengukurannya tidak bisa  disama kan .

6. Tagihan listrik membengkak

Kerusakan pada kompresor akan me nyebabkan  konsumsi listrik kulkas melonjak drastis . Karena  kompresor harus  bekerja tanpa henti mesk i kompresor tidak berhasil untuk mendinginkan kulkas dengan  maksimal. Sehingga mengakibatkan tagihan listrik juga  akan membengkak  apabila  kerusakan kompresor tidak segera diatasi.

7. Kompresor mati total

Masalah ini membuat bagian yang terdapat di dalam kulkas sama sekali tidak  dapat  dingin sehingga  membuat  suhunya sama dengan kondisi suhu yang ada di luar kulkas.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

Berikut p enyebab k ompresor merek k ulkas terbaik r usak  :

1. Usia kompresor sudah tua

Tiap komponen yang ada di  dalam kulkas  rentan untuk mengalami kerusakan seiring waktu, termasuk pada kompresor kulkas. Kulkas yang sudah di pakai  dalam waktu yang lama akan  lebih rentan mengalami kerusakan pada kompresor nya .

Kompresor  yang  rusak akibat usia nya  biasanya ditandai dengan timbulnya suara berdengung yang b risik , nilai ampere akan melebihi batas normal, dan suhu di dalam kulkas tidak bisa dingin secara maksimal.

2. Termostat rusak

Termostat memiliki peran penting dalam pengaturan  suhu pada kompresor saat  kulkas sedang menyala . Apabila  termostat tersebut rusak, maka  akan membuat  kompresor terus bekerja meski kulkas sudah mencapai suhu  yang sesuai dengan pengaturan.

Hal ini akan mengakibatkan kompresor yang bekerja terus   menerus jadi  mudah rusak karena mengalami peningkatan suhu yang berlebihan atau overheat.

3. Gas freon bocor

Jik a kulkas mengalami kebocoran pada gas freon, maka akan membuat kemampuan kompresor untuk mendinginkan suhu kulkas men jadi terganggu  dan  membuat kompresor kulkas be roperasi   dengan sangat  keras untuk mencapai suhu yang kamu inginkan. Jika  hal ini terus   menerus  dibiarkan , maka kompresor kulkas bisa   cepat  rusak.

4. Kipas kondensor rusak

Komponen kipas yang ada di dalam kondensor berfungsi untuk menurunkan suhu pada gas freon di dalam proses kondensasi. Ketika  kipas kondensor beroperasi dengan baik, maka gas freon akan berubah jadi cair dan suhu  dalam kulkas akan   t urun.

Tetapi jika kipas kondensor tidak bekerja dengan maksimal maka kompresor akan bekerja secara keras dan berlebihan untuk m embuat gas freon  jadi mencair . Meski kompresor telah  bekerja dengan ekstra keras, tetapi kulkas akan tetap gagal untuk mencapai suhu yang kamu inginkan.

5. Overload sudah aus

Kerusakan yang terjadi pada komponen overload juga bisa mempengaruhi kinerja kompresor. Overload yang tidak dapat berfungsi secara normal akan membuat aliran listrik  pada  kompresor jadi putus secara  lebih cepat  dan  membuat kulkas kamu jadi tidak dingin.

Berikut cara mengatasi kompresor merek kulkas terbaik yang rusak :

-  Me meriksa  kompresor dengan   teliti  untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya kerusakan  tersebut . Kerusakan ringan yang terjadi di  kompresor masih bisa  ditanggulangi dengan cara mengganti komponen tertentu. Sedangkan  kerusakan yang lebih parah bisa membuat kulkas mem merlukan  kompresor yang baru.

-  Men gatasi kebocoran freon kompresor sehingga jumlah freon tidak akan berkurang dan dapat mendinginkan kulkas dengan  maksimal.

-  Mengamati kerusakan pada komponen kulkas lainnya yang bisa berpengaruh pada  kinerja kompresor, misal   overload yang aus harus  segera diganti agar  kompresor  bisa  kembali bekerja dengan  normal.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Aqua 4 Pintu

Berikut tips merawat kompresor kulkas :

1. Me makai  perangkat stabilizer tegangan listrik

2. Menjaga posisi kulkas  supaya  tetap tegak

3. Mengisi kulkas sesuai dengan kapasitasnya

Itulah beberapa penyebab kompresor merek kulkas terbaik rusak dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :