Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

Jumat 19-07-2024,11:50 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Untuk menyimpan makanan  ataupun minuman , kamu  mungkin mem erlukan  kulkas freezer. Freezer merek kulkas terbaik fungsinya yaitu untuk mendinginkan dan membekukan bahan makanan   untuk kebutuhan kita sehari-hari .

Kamu juga  perlu melakukan perawatan secara berkala pada freezer merek kulkas terbaik kamu .   Perawatan berkala pada freezer kulkas bisa membuat freezer jadi tetap awet dan bisa bekerja dengan  optimal.

Berikut  cara perawatan berkala  pada  freezer merek  kulkas terbaik :

1. Cabut Tegangan Freezer

Bagi ke banyak an  orang, membersihkan merek kulkas terbaik  berarti hanya mengeluarkan se luruh makanan di dalam kulkas dan membiarkannya agar mencair.

Pencairan es merupakan langkah yang penting, namun bukan  menjadi  satu-satunya langkah yang harus kamu lakukan. Hal ini   dilakukan juga agar terce gah dari masalah freezer yang bau t id ak sedap.

BACA JUGA : Jangan Sampai Kotor, Berikut Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Untuk memastikan kinerja freezer yang optimal dan menjaga penggunaan  listrik agar tetap rendah serta hemat.

Kamu harus  membersihkan freezer untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dan k eadaan freezer yang tidak sehat. Kamu  harus mencabut tegangan kulkas terlebih dahulu .

Meski   freezer merek kulkas terbaik  kamu  mungkin mem iliki fitur off switch, alangkah baiknya kamu  tetap mencabut steker freezer sebelum  kamu melakukan   pembersihan .

Hal  ini bertujuan untuk  mencegah risiko terjadinya sengatan listrik dan cedera yang mungkin terjadi akibat dari proses pencairan es dan pembersihan pada freezer.

Pastikan freezer kamu   berada  di tempat yang tidak akan me ngakibatkan terjadinya kerusakan pada lantai. Bila  perlu, taruh  koran bekas dan handuk di bawah kulkas .

BACA JUGA : Cara Menyimpan Buah Potong Dalam Merek Kulkas Terbaik

2.  Se luruh Makanan Beku yang ada di dalam Freezer  dikeluarkan

Kamu dapat  mengosongkan freezer dengan cara p indahkan se luruh  makanan ke dalam keranjang. Hal ini juga bisa kamu  manfaatkan untuk membuang beberapa  makanan yang kadaluarsa dan tidak dapat  lagi untuk di pakai .

Ketika kamu sedang  mengeluarkan makanan beku dari dalam freezer, tulis   nama dan tanggal yang ada pada l abel dan wadah. Lihat   makanannya dan cium bau  makanannya .

Buang semua makanan beku yang sudah rusak , berikut ciri-cirinya :

-   Apabila ada perubahan warna yang aneh

-  Tercium bau yang menyengat dan busuk

- Ada  lapisan es atau ada es pada  makanan  yang disimpan di dalam wadah

-  Menyimpan makanan beku di luar jangka waktu yang sudah disarankan

3. Pembersihan

Freezer yang berguna untuk membuat es   harus kamu bersihkan juga se sudah  se luruh  es yang ada di dalamnya mencair. Cabut drainase atau tabung drainase pada  freezer dan biarkan s ampai seluruh  air mengalir.

Pakai  pembersih  yang ringan seperti soda kue dan cuka   yang lebih ramah  terhadap  lingkungan untuk bersihkan freezer kamu . Beri  sedikit deterjen, cuka, atau soda kue ke mangkuk dan tambahkan air yang hangat secukupnya  ke dalam  wadah tersebut .

BACA JUGA : Efisien Tidak Makan Ruang, Simak 5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Portabel Cocok untuk Kosan

Kemudian masukkan  kain atau handuk ke larutan pembersih tersebut dan kamu bisa mulai cuci freezer nya . Lepas  rak  lalu  cuci di wastafel agar  noda yang membandel bisa hilang . Bilas di  dalam kulkas agar   sisa residu  hilang .

Biarkan se mua merek kulkas terbaik kamu  kering dengan sendiri nya  atau kamu bisa gunakan kain berbahan katun untuk mengeringkannya. Untuk menghilangkan bau  t idak sedap yang masih t ersisa, taruh  sekotak soda kue di dalam  freezer kulkas  dan tutup freezer  dalam waktu  beberapa jam.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

4. Atur penempatan Makanan di dalam freezer

Letakkan kembali semua makanan beku kamu ke dalam freezer  dan atur makanan dengan tepat  untuk mencegah terjadinya kontaminasi . Simpan se luruh  makanan yang dapat digunakan ke  waktu yang lama pada  bagian bawah.

Simpan s eluruh daging pada satu area   bagian bawah, dan  letakkan jenis makanan lain nya pada  kompartemen yang lain. Kamu dapat menempatkan tas  berukuran  kecil yang berisi makanan beku yang paling sering kamu gunakan di  bagian  atas makanan beku  yang  lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam melakukan perawatan berkala pada freezer merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :