Penyebab Bunga Es Menumpuk Dalam Merek Kulkas Terbaik, Begini Cara Mencegahnya

Jumat 19-07-2024,11:01 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Mungkin kamu  pernah merasa kan   emosi   saat ingin me nyimpan makanan beku ke dalam freezer  merek kulkas terbaik , tetapi freezer  kulkas  penuh dengan bunga es .

Hingga pada akhirnya t id ak jarang kamu  memasukkann  makanan beku ke dalam merek kulkas terbaik secara paksa atau menyimpannya pada  bagian yang lain.

Seperti yang kita ketahu p adahal terdapat  beberapa makanan  atau minuman  yang memang harus untuk di letakkan  di dalam freezer  merek kulkas terbaik .

Adanya penumpukan bunga es pada merek kulkas terbaik ternyata bisa   berbahaya   bagi kesehatan dan me mbuat  kualitas bahan makanan  jadi menurun .

Bunga es yang sudah menumpuk juga bisa   timbul  dampak negatif  yaitu kamu  jadi t id ak leluasa untuk  menyimpan makanan  atau minuman  di dalam nya, dan   bisa  me mbuat  kulkas  jadi  rusak.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Buah Potong Dalam Merek Kulkas Terbaik

Berikut penyebab terjadinya penumpukan bunga es di merek kulkas terbaik :

1. Suhu Kulkas terlalu Rendah

Hal ini bisa mempercepat proses munculnya bunga es di dalam  freezer kulkas kamu . Suhu   ideal yang dapat kamu  terapkan di  kulkas yaitu 5 °C dan di  bagian freezer tidak di atur di bawah 1,6 °C.

2. Terlalu Sering Buka Tutup Pintu Kulkas

Jika kamu   sering membuka pintu kulkas, maka  udara yang hangat   di luar kulkas akan bisa masuk ke dalam  kulkas .

3. Fitur Defrosting   Bermasalah

Bunga es yang sudah menumpuk biasanya sering terjadi di  kulkas yang memiliki 1  pintu ,  karena biasanya kulkas ini tidak memiliki  fitur self-defrosting.

Defrosting merupakan alat yang ber guna  untuk membantu mempercepat proses pencairan bunga es yang ada  di dinding dan rak freezer  kulkas .

B unga es yang sudah menjadi air ini nantinya akan dialirkan menuju ke wadah pembuangan.

Tetapi, jika  bunga es juga menumpuk di  kulkas 2  pintu disebabkan karena ada penyumbatan di wadah pembuangan  yang akhirnya akan menimbulkan pembentukan embun beku yang akan men gakibatkan bunga es jadi men umpuk.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

4. Tidak Menyimpan Makanan dengan Benar

Hal ini karena u ap panas   dari makanan atau minuman akan  menimbulkan terjadinya pembentukan embun beku.

Selain itu, pastikan juga kamu  perhatikan wadah makanan atau minuman yang akan   kamu masukkan ke dalam kulkas, bahwa wadah telah  tertutup dengan rapat atau belum.

Karena wadah yang terbuka bisa men gakibatkan air yang terdapat  pada wadah tersebut bisa  menguap ke kompartemen kulkas dan pada akhirnya akan mengembun pada  dinding dan rak kulkas.

5. Isi Kulkas Terlalu Kosong

Kulkas yang t id ak terisi atau kosong juga jadi salah satu penyebab muncu lnya bunga es pada freezer .  Bunga es  memiliki banyak kesempatan untuk  menumpuk   jika makanan yang kamu simpan dalam kulkas sedikit.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Tips mengatasi bunga es pada merek kulkas terbaik :

1. Hindari terlalu sering buka dan t utup pintu kulkas. Apalagi jika pintu kulkas dibukanya dalam waktu yang lama.

2.  Atur suhu kulkas pada  suhu ideal dan sesuaikan juga dengan isi dalam kulkas. Pengaturan suhu kulkas biasanya bisa kamu jumpai  di bagian dinding kompartemen  pada  freezer  kulkas .

3. jangan menyimpan minuman atau makanan dalam kondisi masih terlalu panas.  Kamu dapat mendiamkan  makanan atau minuman tersebut  terlebih dahulu supaya  suhu nya  tidak terlalu panas.

4. Mengisi freezer dengan makanan atau minuman secukupnya. Setidaknya isi dalam freezer harus penuh ¾ bagiannya.

Itulah beberapa penyebab bunga es menumpuk di dalam freezer merek kulkas terbaik dan beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar kulkas kamu bisa awet. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :