Jangan Sampai Kotor, Berikut Cara Membersihkan Freezer Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Jumat 19-07-2024,10:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Cuaca panas yang melanda di Indonesia memang me mbuat  siapa pun ingin  menikmati minuman yang dingin. K eadaan  tersebut membuat freezer merek kulkas terbaik di rumah makin bermanfaat karena kamu bisa dengan leluasa menghilangkan dahaga tanpa perlu  membeli minuman dingin terlebih dahulu.

Fungsi dari freezer merek kulkas terbaik akan s elalu  optimal apabila kamu  melakukan dengan benar cara membersihkan freezer kulkas dengan teratur.

Kebersihan   freezer merek kulkas terbaik juga harus selalu terjaga agar  kemampuannya untuk membekukan makanan atau minuman tidak terganggu.

Jangan sampai karena kamu  malas membersihkan freezer men yebabkan  bagian dari merek kulkas  terbaik  tersebut men jadi rentan mengalami kerusakan .

Cara membersihkan freezer  merek  kulkas terbaik yang benar harus ditunjang dengan pembersihan yang dilakukan dengan teratur. Idealnya freezer  dibersihkan dengan  rutin tiap 1  bulan sekali.

BACA JUGA : 7 Pengharum Alami Merek Kulkas Terbaik, Bisa Diandalkan Dalam Rumah

Tetapi, kamu dapat melakukan proses pembersihan pada freezer kulkas dengan sesegera mungkin jika   kamu menemukan beberapa tanda seperti  ini:

1.  B unga es  pada freezer sudah penuh   sampai membuat kapasitas isi  dan kemampuan dalam mendinginkan  makanan atau minuman jadi berkurang.

2. Terdapat bau yang t id ak sedap yang muncul dari dalam freezer.

3. Terdapat  minuman atau makanan tumpah di dalam freezer dan membuat freezer  jadi kotor .

4.  Jumlah makanan dan minuman yang ter simpan di dalam freezer terlalu  berlebihan, bahkan ada yang sudah terlalu lama disimpan di dalam freezer s ampai  melewati tanggal kedaluwarsa.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Aqua 4 Pintu

B erikut   c ara m embersihkan f reezer merek k ulkas terbaik yang e fektif  :

1. Kosongkan freezer   : Keluarkan semua isi freezer , l etakkan makanan dan minuman yang beku di wadah pendingin yang berisi es batu (cooler) atau  letakkan di  freezer  yang  lain agar  kesegarannya tetap  bisa  terjaga.

2. Cairkan bunga es   : M encairkan bunga es yang ada di  freezer pasti akan lebih praktis apabila  kulkas kamu   memiliki  fitur pencairan bunga es. Kamu hanya tinggal t ekan tombol pencairan bunga es yang biasanya  ada di  sisi penutup freezer.

Jika kulkas k a mu  tidak mem iliki  fitur tersebut, kamu dapat  menggunakan air yang hangat untuk mempercepat proses pencairan nya . D inding freezer yang penuh dengan bunga es kamu basuh menggunakan  air yang hangat agar   bunga es bisa segera  mencair dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA : Tips Jitu Menyimpan Lele Dalam Merek Kulkas Terbaik agar Kesegarannya Terjaga

3.  Lepas   kabel kulkas dari sumber listrik   : Hal  ini wajib dilakukan untuk menghindari risiko korsleting yang rentan terjadi ketika kamu sedang membersihkan freezer.

Apabila kamu  menggunakan kulkas yang tidak memiliki  fitur pencairan bunga es, langkah  ini bisa  dilakukan sebelum kamu  memulai  untuk membersihkan  freezer menggunakan  air hangat.

4.  Siapkan larutan pembersih   : larutan pembersih freezer  dapat   ter buat dari bahan dasar yang sederhana, seperti campuran air d engan  cuka putih suling atau campuran air d an  beberapa tetes sabun  untuk   men cuci piring. L arutan tersebut diaduk sampai tercampur   rata dan siap untuk digunakan.

5. Basuh se mua  bagian dalam freezer   : C elupkan kain lap micro fiber ke larutan pembersih kemudian  basuhkan ke seluruh bagian dalam freezer, khususnya ke bagian yang ada noda nya  dan bau t id ak sedap.

6. Bersihkan rak dan sekat freezer secara keseluruhan : Kamu dapat  melepas rak atau sekat  supaya  proses pembersihan bisa berlangsung  dengan  maksimal. Pastikan tidak  ada sisa kotoran yang masih tertinggal .

7. Keringkan menggunakan lap yang bersih   :  L ap sampai tuntas , j angan sampai masih ada  sisa kotoran yang memicu timbulnya  bau t id ak sedap.

8. Pasang rak dan sekat freezer dengan tepat : Jangan sampai terdapat  rak atau sekat yang di pasang miring yang bisa membuat  makanan dan minuman tumpah.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Thermador, Teknologi Canggih untuk Dapur Impian Anda

9. Hubungkan kabel kulkas dengan sumber listrik   : kabel freezer kulkas yang sudah bersih   bisa segera di hubungkandengan sumber listrik.

Tunggu   beberapa jam hingga freezer sudah mencapai suhu yang kamu  inginkan , lalu kamu  mulai dapat mengembalikan bahan makanan dan minuman ke dalam freezer.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membersihkan freezer merek kulkas terbaik dengan benar. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :