Berikut Penyebab Merek AC Terbaik Keluar Suara Berisik dan Cara Mengatasinya

Kamis 18-07-2024,14:24 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

4. Filter AC Kotor

Untuk mendinginkan sebuah ruangan, AC membutuhkan filter yang bersih dan terawat dengan baik agar bisa bekerja dengan maksimal.

Filter AC yang kotor dapat membuat sirkulasi udara di dalam ruangan akan terganggu, sehingga bisa tidak sehat. Selain itu, filter AC yang kotor juga bisa membuat suara yang dihasilkan pun berisik.

BACA JUGA : Segera Atasi Jangan Dibiarkan, 4 Penyebab Utama Merek AC Terbaikmu Mengeluarkan Asap

5. Terdapat Komponen yang Longgar

Getaran berlebihan dari AC yang bisa menimbulkan suara berisik juga bisa disebabkan oleh komponen yang longgar pada unit AC, seperti motor kipas yang kendur. Sehingga bisa menimbulkan suara seperti benturan logam.

6. Kondensor AC Kotor

Penyebab lainnya adalah kondensor AC yang kotor. Hal ini dapat mempengaruhi sirkulasi udara dan suara yang dihasilkan di dalam AC.

Pasalnya, kondensor merek AC terbaik yang kotor dan tidak dibersihkan bisa membuat AC bekerja lebih ekstra sehingga akan mengeluarkan suara yang berisik.

Cara Mengatasi AC Berisik

1. Merawat dan Membersihkan AC Secara Rutin

Untuk mengatasi permasalahan AC berisik, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merawat dan membersihkannya secara rutin.

Karena tumpukan debu dan kotoran yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan gesekan dan suara berisik pada unit AC.

BACA JUGA : 8 Alat Penting Untuk Memasang Merek AC Terbaik di Rumah, Tanpa Panggil Teknisi

Oleh karena itu, pastikan dalam membersihkannya setiap komponen AC terjangkau dengan baik termasuk kipas, filter, dan baling-baling.

2. Periksa Kompresor

Kategori :